Liga 1

Bojan Hodak Bicara Kesiapan Persib Bandung Jamu PSM, Sebut Laga Sulit

Senin, 4 Desember 2023 09:44 WIB
Penulis: Arif Rahman | Editor: Prio Hari Kristanto
© Arif Rahman/INDOSPORT
Persib Bandung asuhan Bojan Hodak menargetkan kemenangan pada pertandingan pekan ke-21 kompetisi Liga 1 2023-2024 menghadapi PSM Makassar. (Foto: Arif Rahman/INDOSPORT) Copyright: © Arif Rahman/INDOSPORT
Persib Bandung asuhan Bojan Hodak menargetkan kemenangan pada pertandingan pekan ke-21 kompetisi Liga 1 2023-2024 menghadapi PSM Makassar. (Foto: Arif Rahman/INDOSPORT)

INDOSPORT.COM - Persib Bandung menargetkan kemenangan pada pertandingan pekan ke-21 kompetisi Liga 1 2023-2024 menghadapi PSM Makassar di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Kota Bandung, Senin (04/11/23).

Menurut pelatih Persib, Bojan Hodak, secara persiapan anak asuhnya sudah siap untuk menghadapi PSM Makassar. Sebab, sebelumnya skuad Maung Bandung memiliki waktu persiapan yang cukup panjang.

Meski demikian, Bojan Hodak menyadari tidak mudah untuk mengamankan poin penuh pada pertandingan pekan ke-21 kompetisi Liga 1 2023-2024.

Pasalnya, PSM pada putaran kedua kompetisi Liga 1 2023-2024 melakukan beberapa perubahan di antaranya dengan mendatangkan pemain anyar untuk menambah kekuatan di beberapa posisi.

Selain itu, dalam beberapa pertandingan terakhir, penampilan PSM Makassar mengalami peningkatan, sehingga pada laga nanti dia mengingatkan anak asuhnya untuk waspada dan bekerja keras.

"Persiapannya bagus, kami punya cukup waktu melakukan persiapan. Ini akan menjadi laga yang sulit. Makassar sudah berbenah, mereka mendatangkan pemain baru dan dalam 5-6 pertandingan terakhir mereka terus membaik dan kami harus berhati-hati," ucapnya, Minggu (03/12/23).

Lebih lanjut Bojan Hodak menuturkan, PSM Makassar juga memiliki serangan balik yang bagus. Meski demikian, bermain sebagai tuan rumah harus dimaksimalkan oleh pasukannya untuk mengamankan kemenangan.

"Mereka bermain dengan rapat, bagus ketika melakukan counter attack. Tapi kami bermain di kandang, setiap bermain di kandang, tentu kami harus meraih kemenangan," ujarnya. 

Pelatih asal Kroasia ini menuturkan, kemenangan atas PSM Makassar sangat penting untuk menjaga posisi di papan atas klasemen sementara Liga 1 2023-2024. Saat ini tim kebanggaan Bobotoh berada di peringkat kedua dengan mengumpulkan 38 poin.

Posisi Persib dibayangi oleh Bali United yang saat ini menempati posisi tiga dengan mengumpulkan 36 poin. Sehingga, tim kebanggaan Bobotoh harus meraih poin penuh untuk menjaga posisi di klasemen.

Demi Amankan Papan Atas

Selain itu, Persib juga ingin melanjutkan tren positif tidak terkalahkan di kompetisi Liga 1 2023-2024. Sejauh ini tim kebanggaan Bobotoh sudah tidak terkalahkan dalam 13 pertandingan.

"Kini kami berada di urutan kedua, kami akan mencoba untuk menang dan kami tidak bisa berleha-leha saat masuk ke lapangan karena itu akan berbahaya. Kami harus fokus untuk mendapatkan hasil yang positif," tegasnya.

Bojan Hodak mengungkapkan, persaingan di papan atas saat ini semakin ketat, sehingga untuk menjaga persaingan dibutuhkan poin penuh di setiap pertandingan Liga 1 2023-2024.

"Tentu kami ingin meraih kemenangan, karena tiga poin akan membuat kami lebih dekat dengan Borneo dan di saat yang bersamaan bisa menjaga jarak dengan RANS yang ada di peringkat lima," ucapnya.

"Liga Indonesia itu sangat panjang dan tentunya tidak bisa non-stop berada di puncak (permainan). Jadi seperti kami bermasalah di awal tapi mulai konsisten belakangan ini. Kami mau terus menjaga dan melanjutkan konsistensi permainan ini," katanya.

Sementara itu, PSM Makassar memiliki modal yang bagus untuk menghadapi Persib. Sebab, mereka baru saja meraih kemenangan atas Persikabo 1973 dengan skor 3-1 pada pekan ke-20.

Sehingga, kemenangan atas Persikabo akan menambah motivasi dan kepercayaan diri pemain, ditambah lagi pada putaran kedua mereka mendatangkan beberapa pemain anyar di antaranya Victor Mansaray.

Hingga memasuki pekan ke-20 Kompetisi Liga 1 2023-2024, Victor Mansaray sudah tampil dalam tiga pertandingan, dari ketiga laga tersebut dia selalu mencetak gol. 

Selain itu, PSM Makassar juga memiliki catatan positif saat berhadapan dengan Persib, pasalnya pada tiga pertandingan di Liga 1 terakhir mereka berhasil meraih kemenangan baik di kandang maupun tandang.