Timnas Indonesia

Dikritik Pengamat Lokal, Rafael Struick Ngamuk dan Cetak Brace di Belanda

Senin, 4 Desember 2023 13:04 WIB
Penulis: Agustinus Rosario | Editor: Indra Citra Sena
© PSSI
Pemain Timnas Indonesia, Rafael Struick menjatuhkan pemain Filipina usai berebut bola pada laga Kualifikasi Piala Dunia 2026 di Rizal Memorial Stadium, Selasa (21/11/23). Copyright: © PSSI
Pemain Timnas Indonesia, Rafael Struick menjatuhkan pemain Filipina usai berebut bola pada laga Kualifikasi Piala Dunia 2026 di Rizal Memorial Stadium, Selasa (21/11/23).

INDOSPORT.COM - Winger Rafael Struick membalas komentar miring dari pengamat sepak bola Tanah Air, Tommy Welly dengan berkelas, yakni mencetak dua gol untuk ADO Den Haag.

Belakangan, media sosial dihebohkan dengan komentar miring yang dilayangkan pengamat sepak bola Tommy Welly, kepada pemain naturalisasi timnas Indonesia, Rafael Struick.

Dalam kanal YouTube Sportify Indonesia, Tommy Welly mengkritik keras para pemain naturalisasi Indonesia yang dicap belum memberikan kontribusi maksimal untuk Timnas Indonesia.

Sederet nama kena sindir Bung ToWel, sapaan akrabnya, seperti Shayne Pattynama, Sandy Walsh, hingga Rafael Struick. Tommy Wellu bahkan terang-terangan menyebut Rafael Strucik tak lebih bagus dari Ramadhan Sananta, yang kebetulan usianya sebaya.

"Rafael Struick enggak kelihatan seperti (Robert) Lewandowski yang sangat jomplang. Dengan Ramadhan Sananta juga enggak terlalu jauh juga kualitasnya," tutur Tommy Welly.

Kritikan Tommy Welly lantas dibayar kontan oleh sang pemain. Rafael Struick mengamuk dan menunjukkan kebuasannya saat bermain dalam lanjutan Liga Belanda U-21 2023/24, akhir pekan lalu.

Turun sejak menit awal, Rafael Struick membantu timnya, ADO Den Haag U-21, melawan FC Groningen U-21 di kandang lawan pada Sabtu (02/12/23) malam WIB. 

Tak tanggung-tanggung, Rafael Struick mencetak dua gol dalam laga tersebut. Sayang, pertandingan akhirnya usai dengan skor 4-3 untuk kemenangan tuan rumah, FC Groningen U-21.

Ini merupakan kekalahan keempat beruntun yang diderita ADO Den Haag dalam empat pertandingan terakhir. Mereka pun masih terperosok di peringkat 7 dari 8 tim kontestan Liga Belanda U-21 2023/24 dengan hanya mengoleksi 11 poin dari 12 laga.

Meski demikian, hasil ini tak menutupi fakta bahwa Rafael Struick punya potensi menjanjikan sebagai striker masa depan Tanah Air.