Piala Dunia

Selebrasi Lempar Sepatu, Striker Jerman U-17 Bicara Masa Depan Usai Juara Pildun U-17

Senin, 4 Desember 2023 04:00 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Juni Adi
© Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Bek Jerman, Eric Da Silva Moreira, berusaha melewati kawalan bek Argentina dalam pertandingan semifinal Piala Dunia U17 2023 di Stadion Manahan Solo, Selasa (28/11/23). Foto: Nofik Lukman Hakim Copyright: © Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Bek Jerman, Eric Da Silva Moreira, berusaha melewati kawalan bek Argentina dalam pertandingan semifinal Piala Dunia U17 2023 di Stadion Manahan Solo, Selasa (28/11/23). Foto: Nofik Lukman Hakim

INDOSPORT.COM - Penyerang Timnas Jerman U-17, Eric da Silva Moreira punya cara khusus merayakan juara Piala Dunia U-17 2023. Dia melempar sepatu yang dipakai di partai final melawan Prancis U-17. 

Sebagai informasi, Jerman U-17 mengalahkan Prancis U-17 lewat adu penalti (4-3), setelah kedua tim bermain imbang 2-2 di waktu normal, Sabtu (02/12/23) malam di Stadion Manahan, Solo.

Eric mengaku tidak bisa menggabarkan rasa senangnya setelah bawa pulang trofi Piala Dunia U-17 ke Jerman untuk pertama kalinya dalam sejarah. 

"Ini luar biasa, benar-benar luar biasa. Saya tidak bisa mengendalikan perasaan saya, tidak menyangka kami bisa jadi juara dunia dan kami senang, lalu pulang ke Jerman dengan membawa satu trofi lainnya," ujarnya. 

Saking senangnya, pemain 17 tahun itu melemparkan sepatu yang dipakai saat lawan Prancis U-17. Erick mengatakan, dia ingin berbagi kenangan dengan suporter di Indonesia.

Pemain FC St. Pauli U-19 itu juga menjelaskan ada tulisan ‘terima kasih’ di kaos yang dikenakan pemain Jerman U-17 usai angkat trofi Piala Dunia U-17 2023.

“Tidak ada artinya, hanya bersyukur kepada Tuhan, dia yang membuat kami bisa melakukannya hari ini,” ucap Eric menyoal selebrasinya.

“Ini artinya terima kasih kan? Kami berterima kasih, masyarakat Indonesia telah memberikan segala bentuk dukungan untuk kami,” imbuhnya menyoal tulisan di kaos.

“Saya melempar kedua pasang sepatu karena saya ingin memberikan segalanya juga untuk mereka. Orang-orang Indonesia telah menjadi bagian dari kami selama turnamen dan kami benar-benar berterima kasih kepada mereka,” tambahnya.

Saat disinggung soal masa depannya usai juara Piala Dunia U-17, Eric mengaku masih belum memikirkan. Dia hanya ingin menikmati euforia saat ini. 

Baginya, performa pemain Jerman U-17 saat ini bisa jadi gambaran tim senior di masa depan. Namun, kunci suksesnya adalah Eric dan rekan-rekannya harus bisa disiplin dan konsisten.

“Saya tidak terlalu peduli, kita akan melihatnya nanti bagaimana masa depan membawa saya. Saya hanya merasa senang saat ini dan kita akan lihat nanti,” tuturnya.

“Ya, saya pikir kami membuat orang-orang Jerman bangga, kami memperlihatkan seperti apa tim Jerman sekarang dan saya sangat senang,” lanjut Erick.

“Timnas senior memiliki pemain utama, mereka hanya perlu saling menyatukan chemistry sebagai tim dan menurut saya, kami memiliki gelar juara Eropa yang bagus dan kami membuat orang-orang bangga,” tuntasnya.

Pada Piala Dunia U-17 2023, Eric dimainkan bukan diposisi asli. Dia ditempatkan di pos bek sayap tapi tampil apik dengan torehan dua gol. 

Eric da Silva adalah pesepakbola yang memiliki keturunan Polandia dan Guinea Bissau. Dia berkembang pesat bersama St. Pauli U-19.