Liga Indonesia

Sada Sumut Jadikan Sisa Laga Grup 1 untuk Fokus Play-off Degradasi Liga 2

Selasa, 5 Desember 2023 11:54 WIB
Kontributor: Aldi Aulia Anwar | Editor: Prio Hari Kristanto
© Aldi Aulia Anwar/INDOSPORT
Starting Eleven Sada Sumut FC kontra Persiraja Banda Aceh dalam lanjutan Liga 2. Copyright: © Aldi Aulia Anwar/INDOSPORT
Starting Eleven Sada Sumut FC kontra Persiraja Banda Aceh dalam lanjutan Liga 2.

INDOSPORT.COM - Gagal meraih target awal lolos ke babak 12 besar, Sada Sumut FC jadikan dua laga sisa mereka di babak pendahuluan Grup 1 Liga 2 2023/24 untuk lebih fokus menatap babak play-off degradasi.

Diketahui, klub yang musim lalu bernama Karo United ini hanya mampu meraih hasil imbang 1-1 dengan tuan rumah PSDS Deli Serdang dalam laga lanjutan Grup 1 di Stadion Baharoeddin Siregar, Lubuk Pakam, Deli Serdang pada Sabtu (02/12/23) lalu.

Hasil itu membuat Sada Sumut tertahan di peringkat ke-6 dengan poin 7 dari 10 laga, sedangkan PSDS tepat di bawah mereka alias dasar klasemen dengan poin 5 dari 11 laga.

Sebelum laga tersebut, peluang Sada Sumut untuk menjaga asa untuk meraih satu tiket ke 12 besar sudah kandas. Dua tiket dari Grup 1 sudah diamankan Semen Padang FC dan Persiraja Banda Aceh.

Alhasil, perburuan tiket terakhir ke 12 besar dari Grup 1 kini bersaing ketat diperebutkan tiga tim antara PSMS Medan, PSPS. dan Sriwijaya FC. PSMS di posisi ke-3 dengan 15 poin dari 10 laga, disusul berturut-turut oleh Sriwijaya (13 poin dari 11 laga) dan PSPS (10 poin dari 10 laga).

Kendati sudah gagal, Sada Sumut tetap akan serius menuntaskan dua laga sisa mereka di Grup 1 ini. Di mana dua laga Laskar Simbisa, julukan Sada Sumut, itu mereka lakoni dalam laga kandang.

"Dua laga sisa kami hadapi Semen Padang (10 Desember) dan PSPS (17 Desember). Semua laga home," ucap Pelatih Kepala Sada Sumut, Joko Susilo, kepada awak media, Senin (04/12/23).

Terlebih sejak nahkodai Sada Sumut pada putaran kedua Grup 1, Joko Susilo sama sekali belum pernah raih kemenangan. Dari empat laga yang telah dilakoni, total ia mencatat tiga kali seri dan sekali kalah.

Dari itu, eks Direktur Teknik (Dirtek) Arema FC ini ingin menjadikan dua laga sisa mereka tersebut untuk modal meningkatkan kepercayaan diri mereka di babak play-off degradasi.

"Sisa dua laga ini tentu akan kami jadikan untuk lebih fokus di zona play-off (degradasi) nanti," pungkas pelatih yang akrab disapa Gethuk itu.