Timnas Indonesia

Update Naturalisasi Jay Idzes dan Tjoe-A-On: Sudah Disetujui DPR, Segera Gabung Timnas Indonesia

Selasa, 5 Desember 2023 10:39 WIB
Penulis: Edo Bramantio | Editor: Prio Hari Kristanto
© Instagram@jayidzes
Proses naturalisasi dua pemain Eropa, Jay Idzes dan Nathan Tjoe-A-On, sampai tahap lanjut dan tinggal selangkah lagi untuk masuk ke dalam Timnas Indonesia. Copyright: © Instagram@jayidzes
Proses naturalisasi dua pemain Eropa, Jay Idzes dan Nathan Tjoe-A-On, sampai tahap lanjut dan tinggal selangkah lagi untuk masuk ke dalam Timnas Indonesia.

INDOSPORT.COM - Proses naturalisasi dua pemain Eropa, Jay Idzes dan Nathan Tjoe-A-On, sudah sampai tahap lanjut dan tinggal selangkah lagi untuk masuk ke dalam Timnas Indonesia.

Akun X resmi PSSI melaporkan bahwa Komisi X dan III DPR RI sudah menyetujui rekomendasi kewarganegaraan kepada Idzes dan Tjoe-A-On.

"Komisi X dan III DPR RI menyetujui untuk merekomendasi kewarganegaraan kepada calon pemain naturalisasi Jay Idzes dan Nathan Tjoe-A-On," tulis mereka.

"Hasil itu didapat setelah Komisi X dan Komisi III mengadakan rapat kerja dengan Menpora Ario Bimo Nandito Ariotedjo (Dito Ariotedjo)."

"Dalam rapat kerja itu juga dihadiri Sekjen PSSI Yunus Nusi, anggota Komite Eksekutif PSSI Ahmad Riyadh dan Sumardji di Gedung DPR RI Senayan pada Senin (4/12)."

Dengan keputusan ini, tampaknya naturalisasi dua pemain tersebut bakal segera rampung dan kekuatan Timnas Indonesia di bawah Shin Tae-yong pun akan bertambah.

Jay Idzes sendiri sudah pulih dari sakit yang pernah menimpanya, yakni trombosis vena dengan mikro emboli paru, dan dibawa ke Rumah Sakit Siloam pada Oktober 2023.

Namun, karena kondisinya sudah membaik, maka ia bisa lanjut naturalisasi demi membela Timnas Indonesia, khususnya di ajang Piala Asia 2023.

Piala Asia 2023 akan digelar pada 12 Januari hingga 10 Februari 2024. Timnas Indonesia berada di Grup D bersama Jepang, Irak, serta Vietnam.

Di laga pertama, Indonesia akan menghadapi Irak pada 15 Januari. Selanjutnya, mereka akan melawan Vietnam dan yang terakhir, Jepang.