Liga 1

Ze Valente Datang, Renan Silva Pastikan Tak Ada Konflik di Lini Tengah Persik Kediri

Selasa, 5 Desember 2023 20:24 WIB
Penulis: Ian Setiawan | Editor: Herry Ibrahim
© MO Persik Kediri
Selebrasi Ze Valente dan Renan Silva kepada Anderson Nascimento usai mencetak gol ke gawang Arema bersama rekan tim Renan Silva dan Zé Valente pada laga BRI Liga 1 di Stadion  Kapten I Wayan Dipta (Gianyar), Senin (27/11/23). (Foto: MO Persik Kediri) Copyright: © MO Persik Kediri
Selebrasi Ze Valente dan Renan Silva kepada Anderson Nascimento usai mencetak gol ke gawang Arema bersama rekan tim Renan Silva dan Zé Valente pada laga BRI Liga 1 di Stadion Kapten I Wayan Dipta (Gianyar), Senin (27/11/23). (Foto: MO Persik Kediri)

INDOSPORT.COM - Persik Kediri mungkin menjadi tim pertama di Liga 1 2023/2024 yang mengandalkan dua playmaker dalam mendulang produktivitas di lini serang.

Sebelumnya, tim berjulukan Macan Putih ini sudah punya Renan Da Silva sebagai playmaker. Pemain asal Brasil ini diandalkan sejak datang awal musim 2022/2023.

Namun kini, peran itu mulai digeser seiring kedatangan Ze Valente. Tak pelak, situasi ini memunculkan isu adanya konflik perebutan posisi playmaker di lini tengah.

Sepasang laga yang telah dimainkan Persik Kediri pada putaran kedua, bisa menjadi contoh. Bagaimana Renan tampak "mengalah" dengan kehadiran Ze Valente.

Renan awalnya berperan sebagai playmaker saat Persik ditahan imbang 0-0 oleh Dewa United Sabtu (2/12/23). Namun, dia kemudian bergeser jadi winger.

Tugas sebagai jenderal lini tengah lantas dikomando Ze Valente saat masuk menggantikan Ady Eko Jayanto pada awal babak kedua. 

Hal itu pun mengulangi skema ketika Persik melumat Arema FC 1-0 di Bali (27/11/23). Ze yang menjalani debut bersama Irfan Bachdim masuk pada menit 67.

Menyikapi situasi itu, Renan Silva menandaskan bahwa tidak ada masalah apapun soal posisi bermain. Dia menyanggah semua isu perihal konflik ini.

"Kami justru saling membantu saat di lapangan. Karena tujuannya hanya satu, yakni untuk tim," bilang Renan yang pernah menyabet gelar pemain terbaik Liga 1 2019.

"Untuk saya, tidak ada masalah, no problem. Kami bisa bermain bersama, tidak ada yang egois," sambung pemain yang juga sempat membela Bhayangkara FC itu.

Saling Mengisi

Renan Silva pun menandaskan bahwa fungsinya saat ini justru lebih kompleks. Agresivitasnya sebagai winger sangat diperlukan Persik Kediri mendulang angka.

Perannya pun saling mengisi dengan Ze. Kendati dia rela menepikan posisi favoritnya kepada gelandang Portugal yang dipinjam dari Persebaya Surabaya itu.

Sebaliknya, justru dia menilai bahwa inilah sikap sebagai pesepak bola profesional. Salah satunya adalah kesiapan ditempatkan di posisi mana saat bermain.

"Tidak ada (rasa) siapa pemain yang lebih unggul. Karena dalam sepak bola, yang penting adalah target tim bisa tercapai," Renan Silva menegaskan.

Sejak bergabung dengan Tim Macan Putih, peran Renan Silva memang nyaris tak tergantikan. Musim ini, dia mencatat 3 gol dan 5 assist dari 17 laga.

Sedangkan pada musim 2022/2023 lalu, playmaker berusia 34 tahun ini mencatat kontribusi 8 gol dan 9 assist dari 34 laga alias tak pernah absen di Liga 1.

Sementara Ze Valente sudah berkontibusi cukup penting dari 2 laga awal berjersey Persik Kediri. Dia mencetak 1 assist dalam gol Anderson Nascimento ke gawang Arema FC.

Ketika di Persebaya, Ze juga tampil kontributif. Dia mencatat 4 gol dan 6 assist dari 16 laga putaran dua Liga 1 2022/2023, serta 2 gol dan 3 assist dari 13 laga musim ini.