Liga 1

Terkuak Masa Depan Makan Konate usai Didepak Barito Putera, Gantung Sepatu?

Kamis, 7 Desember 2023 14:06 WIB
Penulis: Martini | Editor: Isman Fadil
© Persija
Makan Konate saat diperkenalkan sebagai pemain Persija Jakarta. Copyright: © Persija
Makan Konate saat diperkenalkan sebagai pemain Persija Jakarta.

INDOSPORT.COM - Terkuak masa depan Makan Konate usai dicoret Barito Putera di putaran kedua Liga 1 2023/2024, gelandang asal Mali itu menjawab soal rumor pensiun.

Sebagaimana diketahui, Barito Putera melakukan perombakan pemain asing di putaran kedua Liga 1. Laskar Antasari resmi datangkan Devid de Santana Silva asal Brasil.

Dengan hadirnya Devid Silva, otomatis ada satu pemain asing yang menjadi 'tumbal' dan harus dilepas Barito Putera musim ini.

Pada laga terakhir melawan Borneo FC, Barito menurunkan Devid Silva, Murilo Mendes, Mike Ott, Carli de Murga, dan Renan Alves, serta Gustavo Tocantins dari bangku cadangan.

Dengan demikian, jelas sudah bahwa sosok yang dilepas Laskar Antasari adalah Makan Konate, gelandang senior berusia 32 tahun.

Awak redaksi berita olahraga INDOSPORT sebelumnya mengonfirmasi hal itu kepada Direktur Teknik Barito Putera, Frans Sinatra Huwae di Banjarmasin, Selasa (28/11/23).

"Kita bicara kebutuhan tim. Makan Konate dalam kondisi kurang sehat, bukan dalam artian dia terdepak ya, tetapi kondisinya memang belum sehat," kata Frans.

Pada putaran pertama Liga 1 2023/2024, Makan Konate memang minim kontribusi, tetapi ia sempat membukukan gol saat melawan Persik Kediri dan Persis Solo.

Kini, laman resmi Barito Putera merilis bahwa Makan Konate telah dilepas oleh klub pada Kamis (7/12/23).

Bursa transfer paruh musim Liga 1 telah ditutup, demikian pula untuk pemain asing Liga 2 sudah nyaris penuh. Alhasil, Makan Konate saat ini berstatus tanpa klub.

Makan Konate Ogah Pensiun

Lewat media sosial Instagram, Makan Konate ucapkan salam perpisahan pada Barito Putera, sekaligus menjelaskan rencananya setelah tak lagi bermain di Liga 1.

Makan Konate menuturkan bahwa ia akan kembali ke negara asalnya, Mali, dan fokus pada pemulihan cedera sampai ia siap comeback ke lapangan hijau. Konate masih belum mau pensiun.

"Terima kasih Pak Hasnur, manajemen, pelatih, official, suporter, dan teman-teman di tim, keluarga Banua selama 7 bulan membela Barito," tulis Makan Konate dengan bahasa Indonesia.

"Saya enjoy di sini, bercanda sama kalian, tetapi Allah SWT kasih rezeki, ini semua dari Allah. Saya pulang dulu, fokus recovery dan ketemu keluarga di Mali," sambungnya.

"Insya Allah beberapa waktu lagi saya sudah 100 persen fit, dan saya fokus di musim baru. Sukses selalu buat tim Barito Putera, wasaka," tukas Konate.

Makan Konate adalah salah satu pemain asing paling disegani di Liga Indonesia. Ia pertama kali menginjakkan kaki di Tanah Air saat membela PSPS Riau di tahun 2012 silam.

Setelah itu, Makan Konate semakin bersinar bersama Barito Putera, sampai akhirnya ia diboyong oleh Persib Bandung, membawa timnya juara ISL dan Piala Presiden 2015.

Kemudian, Sriwijaya FC, Arema FC, hingga Persebaya juga pernah merasakan jasa Makan Konate. Saat pandemi dan liga dihentikan, ia menyeberang ke Liga Malaysia.

Berikutnya, Makan Konate kembali ke Tanah Air dan membela Persija Jakarta. Sayangnya, performanya kurang stabil dan akhirnya ia pun dilepas ke RANS Nusantara FC.

Musim baru, tantangan baru. Makan Konate CLBK dengan Barito Putera di Liga 1 2023/2024, meskipun hanya bermain separuh musim saja. Kini ia resmi berpisah dengan tim.