Liga 1

Rumor Transfer Liga 1: Madura United Coret Eks Timnas Brasil, Dewa United Rekrut Eks DC United

Kamis, 7 Desember 2023 22:39 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
© MO Madura United
Lulinha saat ditempel ketat Anderson pada laga Liga 1 2023 di Stadion Brawijaja, Kediri, Rabu (08/11/23). (Foto: MO Madura United) Copyright: © MO Madura United
Lulinha saat ditempel ketat Anderson pada laga Liga 1 2023 di Stadion Brawijaja, Kediri, Rabu (08/11/23). (Foto: MO Madura United)

INDOSPORT.COM - Bursa transfer putaran kedua Liga 1 2023/24 memang telah ditutup 28 November lalu. Tapi, sejumlah klub baru mengumumkan pemain yang dilepas dan direkrut.

Madura United secara mengejutkan melepas salah satu gelandang andalan, Lulinha. Padahal, eks Timnas Brasil U-17 itu tidak tergantikan selama dua musim terakhir.

”Kami sudah berbicara panjang mengenai hal ini dan kedua belah pihak sudah saling menyetujui,” ujar Dirut PBMB, Annisa Zhafarina dikutip dari laman resmi klub.

Pemain dengan nomor punggung 11 tu sudah membela Madura United kurang lebih dua musim. Dia telah mencetak 17 gol dan empat assist dalam 47 penampilan. 

“Terima kasih untuk dedikasi dan perjuangannya bersama Laskar Sape Kerrab selama dua musim ini. Kamu sudah menjadi keluarga di hati kita dan suporter Madura Bersatu. Sukses selalu dimanapun kamu berkarir,” ujar Annisa.

Lulinha pun telah berpamitan ke rekan-rekannya di latihan terakhir bersama Madura United FC. Dia juga tak lupa ucapkan terima kasih ke suporter atas dukungan yang diterima selama ini.

Tak hanya Madura United, Barito Putera juga secara tak terduga melepas gelandang asing, Makan Konate. Klub mengumumkan hal itu pada Kamis (07/12/23).

“Terima kasih atas perjuangan dan dedikasi selama ini untuk Laskar Antasari. One a family, always a family,” tulis klub asal Kalimantan Selatan itu.

Makan Konate didatangkan awal musim ini, setelah dilepas oleh RANS Nusantara FC. Dia tampil 15 laga dengan catatan dua gol dan satu assist.

Belum diketahui alasan Barito Putera melepas Konate. Sebab, ia terbilang salah satu pemain kepercayaan pelatih Rahmad Darmawan.

Sementara itu, Dewa United juga tak tinggal diam. Tangsel Warrior mengumumkan kedatangan pemain baru yakni Jose Elmer Porteria dari Filipina.  

Presiden Dewa United, Ardian Satya Negara menyambut positif kehadiran Porteria di skuad asuhan Jan Olde Riekerink. 

"Selamat datang untuk Porteria. Tentunya kami senang dia resmi bergabung dengan kami dan semoga dia bisa beradaptasi dengan cepat bersama tim,"ujar Ardian.  

"Berdasarkan hasil evaluasi dengan tim pelatih, memang tim membutuhkan tambahan pemain di posisi gelandang serang. Jadi kehadiran Porteria memang murni kebutuhan untuk memperkuat tim di putaran kedua ini," sambungnya. 

Jose Elmer Porteria merupakan pemain kelahiran Richmond, Virginia, Amerika Serikat, 9 Mei 1994. Memiliki darah Filipina, Porteria pun memutuskan untuk memperkuat tim Azkals di tingkat internasional. 

Memulai karier di akademi DC United, Porteria lalu memperkuat beberapa klub ternama di Asia Tenggara, seperti Kaya FC dan Ceres Negros di Liga Filipina. Lalu ada juga Ratchaburi di Liga Thailand, dan terakhir ia sempat bermain di Liga Super Malaysia bersama Kelantan United.