In-depth

Arnold van der Vin, Pemain Naturalisasi Pertama Timnas Indonesia yang Pernah Bawa Persija Juara

Kamis, 7 Desember 2023 17:04 WIB
Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
© Grafis: Yanto/Indosport.com
Arnold van der Vin dan Sumpah Pemuda. Copyright: © Grafis: Yanto/Indosport.com
Arnold van der Vin dan Sumpah Pemuda.

INDOSPORT.COM - Sebelum PSSI gencar melakukan proses naturalisasi di era sepak bola modern, sudah ada sosok Arnold van der Vin yang menjadi pemain naturalisasi pertama Timnas Indonesia.

Arnold van der Vin merupakan kiper berdarah Belanda kelahiran Semarang yang tercatat sebagai naturalisasi pertama yang bermain untuk Timnas Indonesia.

Van der Vin mulai mencuat dan diakui sebagai salah satu kiper jempolan Indonesia (kala itu masih Hindia-Belanda) saat merumput untuk Excelsior, salah satu klub papan atas di kompetisi khusus etnis Eropa yang ada di Surabaya.

Ia membela Excelsior dari 1939-1948 atau hingga setahun sebelum kompetisi etnis Eropa di Surabaya tersebut dihapuskan.

Selepas dari Surabaya, Van der Vin memilih untuk hijrah ke Jakarta dan memutuskan bergabung bersama Persija Jakarta. Prestasi tertinggi kiper yang akrab dipanggil Nol ini adalah kala dirinya sukses mengantarkan gelar juara perserikatan pada Macan Kemayoran.

Kebijakan anti-Belanda yang sempat diterapkan Presiden Soekarno di era Orde Lama membuat Van der Vin ‘terusir’. Nasib lantas membawanya ‘pulang kampung’ ke Belanda dan bergabung dengan Fortuna ’54, cikal bakal Fortuna Sittard yang merupakan salah satu kontestan di Eredivisie (kasta tertinggi Liga Belanda).

Van der Vin bermain untuk Fortuna ’54 selama setahun. Ia menggantikan peran Frans de Muck, kiper Timnas Belanda saat itu yang tengah cedera parah.

Kembali ke Indonesia, Van der Vin merapat ke PSMS Medan sebelum kemudian memutuskan untuk hijrah ke Malaysia dan bergabung dengan Penang FA.

Van der Vin adalah kiper Timnas Indonesia kedua yang mampu mengantarkan kemenangan untuk tim Garuda setelah Mo Heng Tan.

Nol juga tercatat sempat menjaga gawang Indonesia kala tim Garuda berhadapan dengan Yugoslavia B di Stadion Ikada, Jakarta (26 Agustus 1953).

Dalam laga yang dipimpin oleh wasit asal Singapura serta ditonton oleh kurang lebih 50 ribu suporter tersebut, Van der Vin harus rela gawangnya kebobolan dua kali oleh brace yang dicetak Veselinovic (66’, 85’).

Selain itu, Van der Vin juga tercatat pernah membawa tim Sumatera Utara (Sumut) meraih medali emas di PON edisi ke-4 di Makassar pada tahun 1957.