Liga 1

Madura United Mengemban Target Wajib Menang di Tengah Keroposnya Kekuatan Tim

Sabtu, 9 Desember 2023 19:45 WIB
Penulis: Ian Setiawan | Editor: Herry Ibrahim
© MO Madura United
Madura United tak ingin memperburuk keadaan saat menjamu Barito Putera, pada pekan ke-22 Liga 1. (Foto: MO Madura United) Copyright: © MO Madura United
Madura United tak ingin memperburuk keadaan saat menjamu Barito Putera, pada pekan ke-22 Liga 1. (Foto: MO Madura United)

INDOSPORT.COM - Madura United tak ingin memperburuk keadaan saat menjamu Barito Putera, pada pekan ke-22 Liga 1 2023/2024 di Stadion Gelora Bangkalan, Minggu (10/12/23).

Tak terasa, sudah 5 laga dilakoni tim berjulukan Laskar Sape Kerrab itu tanpa kemenangan. Setelah itu, Madura United hanya imbang 1 kali dan 4 laga lain kalah.

Tentu saja, situasi ini sangat meresahkan bagi Mauricio Souza. Terlebih, anak asuhnya juga menelan kekalahan saat bermain home dalam 4 laga beruntun.

"Persiapan kami isi dengan segala perbaikan terhadap kesalahan yang masih terjadi," sebut pelatih Madura United itu dalam pre-match press conferrence Sabtu (9/12/23).

Poin penuh jelas diperlukan Madura United untuk kembali berjuang meramaikan persaingan memasuki zona championship alias 4 besar pada klasemen kompetisi.

Gara-gara sederet hasil buruk itu, mereka kini terlempar di urutan ke-6 dengan 31 poin. Sehingga mau tak mau Madura United mesti menutup Desember dengan hasil bagus.

"Perbaikan yang kami lakukan berjalan baik. Kami berharap dapat meraih hasil bagus terutama kemenangan," ungkap pelatih kebangsaan Brasil tersebut.

Hugo Gomes atau Jaja dkk juga lebih unggul dalam hal recovery, menyusul ditundanya laga kontra Persis Solo pada pekan ke-21, Selasa (5/12/23) lalu.

Sebaliknya, Barito Putera masih berpeluh keringat saat bermain imbang 0-0 menjamu Borneo FC (2/12/23). Ditambah lagi dengan kelelahan fisik akibat perjalanan.

"Kami menjalani masa recovery yang lebih panjang. Semoga pemain bisa mengaplikasikan cara bermain yang diterapkan nanti," beber Mauricio Souza.

Kekuatan Keropos

Sayangnya, Madura United mesti berjuang lebih keras untik meraih poin penuh atas Barito Putera. Hal ini karena kekuatan mereka sedang keropos di beberapa lini.

Setidaknya, 4 pemain andalan harus absen karena berbagai sebab. Masing-masing dua pemain di lini pertahanan dan juga lini serang.

"Ya, walaupun kami memiliki waktu persiapan lebih panjang, tapi ada beberapa pemain yang dipastikan tak bisa terlibat pada laga nanti," ungkap Mauricio Souza.

"Cleberson (Martins) dan Malik (Risaldi) beberapa hari tidak latihan karena tak fit. Sedangkan Koko Ari Araya mesti operasi (atas cederanya)," imbuh Souza.

Satu pemain yang absen dan diprediksi mengubah cara bermain Madura United adalah Lulinha. Pasalnya, pencatat 5 gol itu sudah out dari tim akibat regulasi.

Sementara Dalberto Luan Belo yang diplot menggantikan Junior Brandao sebagai striker target man, tampaknya tidak menjalani debut di Liga 1 sebagai starter.

"Dalberto pemain yang bagus, tapi beberapa waktu tidak tampil secara kompetitif. Kami harus sabar menunggu (performa terbaiknya)," ucap pelatih Madura United asal Brasil tersebut.

Kendati demikian, Souza memastikan seluruh pemain andalannya siap tampil. Termasuk kiper asing barunya, Lucas Frigeri yang siap debut mengawal mistar gawang.