Liga Indonesia

Cerita Gabungnya Stefano Beltrame: Dilamar, Cari Tahu Persib Lewat Internet

Minggu, 10 Desember 2023 10:50 WIB
Penulis: Arif Rahman | Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Arif Rahman/INDOSPORT
Stefano Beltrame saat debut bersama Persib Bandung, Senin (04/12/23). Foto: Arif Rahman/INDOSPORT. Copyright: © Arif Rahman/INDOSPORT
Stefano Beltrame saat debut bersama Persib Bandung, Senin (04/12/23). Foto: Arif Rahman/INDOSPORT.

INDOSPORT.COM - Stefano Beltrame menceritakan perjalanan karier sepak bolanya hingga bisa bergabung dengan  Persib Bandung untuk putaran kedua kompetisi Liga 1 2023-2024.

Menurut Stefano Beltrame, saat mendapat tawaran untuk bergabung dengan skuad Maung Bandung, dia awalnya tidak mengetahui tentang Persib yang berkompetisi di Liga 1.

Setelah itu, karena minimnya pengetahuannya tentang tim kebanggaan Bobotoh ini, dia lalu mencoba mencari informasi mengenai Persib di internet.

"Ada kesempatan beberapa pekan lalu dan saya mulai mencari tahu di internet, karena sebelumnya saya tidak tahu (Persib)," kata Stefano Beltrame saat ditemui di Stadion Persib, Jalan Ahmad Yani, Kota Bandung, belum lama ini.

Melihat informasi yang beragam dari internet, pemain yang berposisi sebagai gelandang ini memutuskan untuk menerima tawaran tersebut dan bergabung dengan skuad Maung Bandung untuk putaran kedua kompetisi Liga1 2023-2024.

Manajemen Persib mengikat kontrak pemain kelahiran Biella, 8 Februari 1993 tersebut dengan durasi singkat yakni setengah musim atau 6 bulan.

Meski demikian, manajemen Persib dan Stefano membuka opsi perpanjangan, sehingga peluangnya untuk tetap bertahan di skuad Maung Bandung pada kompetisi musim depan sangat terbuka.

Selain itu, sebagai pemain sepak bola profesional, Stefano Beltrame memiliki tekad untuk menampilkan permainan terbaiknya, meskipun berkarier di Indonesia merupakan pengalaman pertamanya.

Stefano Beltrame menambahkan, sangat senang dengan atmosfer pertandingan di kompetisi Liga1 2023-2024. Hal itu dirasakan olehnya saat debut pada pekan ke-21.

Di pertandingan yang berlangsung di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Kota Bandung, Senin (04/12/23) tersebut, Stefano Beltrame tampil sebagai pemain pengganti pada menit 71 menggantikan Beckham Putra Nugraha.

Mantan pemain Juventus ini mengaku terkesan dengan pertandingan perdananya bersama Persib. Dia menilai Stadion GBLA memiliki kualitas yang bagus, ditambah kehadiran Bobotoh membuat atmosfer laga tersebut menjadi luar biasa.

"Setelah itu saya mau bergabung dan memilihnya untuk memberikan yang terbaik untuk tim terbesar di Indonesia ini. Saya suka atmosfer di sini," tegasnya.

Sementara itu, penampilan Stefano Beltrame pada pertandingan perdananya bersama Persib, mendapatkan penilaian dari pelatih Bojan Hodak.

Menurut Bojan Hodak, pemain yang berposisi sebagai gelandang serang tersebut masih membutuhkan waktu beradaptasi, pasalnya ada perbedaan cuaca antara Italia dan Indonesia.

Selain itu, Stefano Beltrame juga baru pertama berkarier di Indonesia, sehingga dia masih membutuhkan waktu untuk beradaptasi dengan gaya bermain di tim Maung Bandung.

"Saya katakan tadi, dia datang dari cuaca yang berbeda dan gaya sepakbola yang berbeda. Jadi dia butuh waktu untuk menyatu," ucap Bojan Hodak setelah pertandingan.

Meski demikian, pelatih asal Kroasia ini menuturkan, meski eks Juventus ini hanya bermain sekitar 20 menit pada pertandingan menghadapi PSM Makassar, namun kualitasnya sudah terlihat.

Sehingga, mantan pelatih PSM Makassar ini merasa optimistis kehadiran Stefano Beltrame bisa membantu Skuad Maung Bandung yang saat ini sedang bersaing untuk tetap berada di papan atas klasemen Liga 1 2023-2024.

"Tapi apa yang tadi ditunjukan dalam 15-20 menit dia punya operan dan sentuhan yang bagus, dia bisa mengontrol bola. Jadi dia bisa tentu saja bisa membantu kami, tapi masih butuh waktu untuk beradaptasi," jelasnya.