Liga Spanyol

Blunder Administrasi Fatal Buat Barcelona Harus Telan Kekalahan Pahit dari Girona

Senin, 11 Desember 2023 12:15 WIB
Editor: Izzuddin Faruqi Adi Pratama
© REUTERS/Albert Gea
Eric Garcia dapat tampil dalam pertandingan antara Barcelona vs Girona dalam lanjutan Liga Spanyol (La Liga) 2023/2024 dan itu diakui sebagai kesalahan. Copyright: © REUTERS/Albert Gea
Eric Garcia dapat tampil dalam pertandingan antara Barcelona vs Girona dalam lanjutan Liga Spanyol (La Liga) 2023/2024 dan itu diakui sebagai kesalahan.

INDOSPORT.COM - Eric Garcia dapat tampil dalam pertandingan antara Barcelona vs Girona dalam lanjutan Liga Spanyol (La Liga) 2023/2024 dan itu diakui sebagai kesalahan.

Los Cules lupa menempatkan klausul larangan bermain melawan klub induk bagi sang bek Spanyol dan akhirnya bisa membantu Los Gironistes yang meminjamnya menang di Camp Nou pada Senin (11/12/23) dini hari WIB.

Barcelona menelan kekalahan ketika menjamu Girona pada pekan ke-16 Liga Spanyol. Butuh tiga poin untuk mempertahankan kans bersaing di empat besar, sang juara bertahan justru tumbang.

Girona sudah unggul sejak menit ke-12 lewat striker andalan mereka, Artem Dovbyk. Enam menit kemudian Robert Lewandowski sempat membawa Barcelona menyamakan skor namun lesakan Miguel Gutierez lima menit sebelum pergantian babak membuat tim tamu memimpin lagi.

Di babak kedua, Barcelona tetap tidak bisa menyusul. Valery Fernandez ('80) dan Christian Stuani ('90+4) menambah gol-gol untuk Girona.

Gol Ilkay Gundogan hanya menjadi lesakan minim makna di injury time karena Barcelona tumbang 2-4. Xavi Hernandez sebagai manajer mengakui jika timnya membuat kesalahan dengan membiarkan Eric Garcia membela Girona.

Garcia tampil penuh dan cukup solid dengan mencatatkan empat tekel sukses dari empat kali percobaan juga dua potongan menurut statistik WhoScored.

Dalam kontrak peminjaman ke Girona, Barcelona rupanya lupa menyisipkan klausul larangan menghadapi tim induk sehingga defender 22 tahun itu legal merumput di Camp Nou.

Padahal ada pemain lain dari Barcelona yang dipinjam Girona dengan klausul tersebut yakni Pablo Torre.

Torre harus absen di pekan ke-16 Liga Spanyol meski sang gelandang 20 tahun kerap menjadi super sub dengan 10 penampilan sebagai pengganti di 2023/2024.