Timnas Indonesia

3 Pemain Jadi Perdebatan Usai Dipanggil STY ke Timnas Indonesia Jelang Piala Asia

Selasa, 19 Desember 2023 12:45 WIB
Penulis: Martini | Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Salah satu aksi Dendy Sulistyawan saat bermain untuk Timnas Indonesia. Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Salah satu aksi Dendy Sulistyawan saat bermain untuk Timnas Indonesia.

INDOSPORT.COM - Tiga pemain yang menjadi perdebatan usai dipanggil Shin Tae-yong ke Timnas Indonesia, jelang menghadapi Piala Asia 2023, bulan Januari 2024 mendatang.

PSSI baru saja mengumumkan daftar 29 pemain Timnas Indonesia yang akan dibawa untuk melakukan pemusatan latihan di Turki pada 20 Desember 2023 sampai 6 Januari 2024.

"Para pemain yang dipanggil beberapa di antaranya sudah mengikuti kualifikasi Piala Dunia 2024 di Irak dan Filipina sebelumnya," ungkap Ketua Badan Tim Nasional (BTN), Sumardji, Selasa (19/12/23).

"Nama baru, Justin Hubner yang sudah menjadi WNI pun langsung dipanggil. Hanya Rachmat Irianto yang mengalami cedera dan tak ada pemain pengganti," sambungnya.

Namun, ada beberapa pemain yang menjadi perdebatan karena dianggap belum ada di level terbaik untuk gabung ke Timnas. Siapa saja mereka?

1. Dendy Sulistyawan

Dendy Sulistyawan merupakan salah satu striker yang dipanggil untuk mengikuti TC Timnas Indonesia di Turki, dalam persiapan menghadapi ajang Piala Asia 2023 di Qatar.

Musim ini, Dendy Sulistyawan tidak terlalu cemerlang bersama Bhayangkara FC di Liga 1 2023/2024. Tampil dalam 22 laga, penyerang 27 tahun itu baru bisa membukukan 1 gol.

Apalagi jika melihat Bhayangkara FC saat ini terseok-seok di dasar klasemen Liga 1, baru meraih dua kemenangan dari total 23 laga.

Anehnya, meski hanya mencetak satu gol di Liga 1, Dendy Sulistyawan selalu dipanggil ke Timnas Indonesia, sehingga disebut-sebut sebagai anak emas Shin Tae-yong.

Terakhir kali Dendy Sulistyawan bermain sebagai starter saat Timnas Indonesia kalah 1-5 atas Irak, saat Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia pada Kamis, 16 November 2023.