x

Tak Hanya Timnas U-19, Mereka Juga Pernah Dihina-hina Iwan Setiawan

Jumat, 8 September 2017 20:12 WIB
Editor: Ardini Maharani Dwi Setyarini
Iwan Setiawan ternyata sering menghina-hina orang lain tapi tak kapok.

Nama Iwan Setiawan langsung mengemuka setelah Timnas U-19 sukses menghajar Filipina 9 - 0 di pertandingan Grup B Piala AFF U-18 di Myanmar. Ini lantaran dia menghina dan mendoakan Garuda Nusantara tak sukses di ajang tersebut. Tapi takdir berkata lain. Egy Maulana Vikri dkk malah dieluk-elukkan warganet, bahkan tim negara lain mulai kelimpungan.

Baca Juga

Ternyata mulut 'ember' Iwan bukan hanya terjadi kemarin saja. Sebelum-sebelumnya dia juga sering mengungkapkan kata-kata kontroversial kepada beberapa institusi. Siapa saja mereka? Berikut ulasan INDOSPORT untuk Anda. Simak, ya.


1. Hina dan Acungkan Jari Tengah ke Bonek Mania

Pelatih Borneo FC, Iwan Setiawan.

Iwan Setiawan pernah melatih Persebaya, Surabaya. Namun akhirnya dia dipecat lantaran melakukan hal yang tidak terpuji. Dia memaki dan mengacungkan jari tengah kepada pada Bonek Mania, suporter garis keras Persebaya.

Perisiwa ini terjadi April lalu. Usai Persebaya kalah dari Martapura FC dengan skor 2 - 1 Iwan mendapat protes keras dari Bonek. Mereka berteriak 'Iwan Out! Iwan Out! Iwan Out!'. Bukannya menjadikan hal tersebut pacuan untuk lebih baik, sesampainya di bus Official Persebaya, Iwan mengacungkan jari tengahnya pada Bonek. 

Sikapnya yang demikian membuat Presiden Klub Persebaya akhirnya memecat Iwan setelah disuspensi. 


2. Sebut PS TNI Gak Ada Apa-apanya

Pelatih Borneo FC, Iwan Setiawan.

Kala melatih Borneo FC 2 tahun lalu, Iwan Setiawan menyebut jika klub baru PS TNI di ajang Piala Jenderal Sudirman itu tidak ada apa-apanya. Tidak berbahaya sama sekali. PS TNI juga disebut klub amatir. Dia pun menghina-hina Surabaya FC lantaran kalah dari PS TNI. 

Iwan sesumbar, Borneo FC bakal menghajar habis PS TNI. Namun kenyataan berkata lain. Borneo FC ditahan imbang klub yang disebutnya 'anak kemarin sore' dengan skor 2 - 2.


3. Hina Persib tapi dikalahkan

Borneo FC perpanjang kontrak Iwan Setiawan hingga akhir musim.


Bobotoh pernah emosi jiwa pada Iwan Setiawan karena diremehkan di Piala Presiden 2015. Di Leg pertama memang Borneo FC yang dilatih oleh Iwan menang. Ketika itu mulut besarnya langsung sesumbar di hadapan ribuan bobotoh bahwa klubnya akan menekuk Persib di kandangnya sendiri. 

Namun ucapan Iwan jadi belati untuk lidahnya. Ternyata Persib menang 2 - 1 sementara Borneo butuh seri untuk menang. Hinaan Iwan rupanya membuat Persib meradang namun mereka menjadikannya pecutan untuk menang.

Indra SjafriTimnas u-19Borneo FCIwan Setiawan

Berita Terkini