x

Legenda Barcelona Turut Prihatin pada Konflik di Catalunya

Senin, 2 Oktober 2017 04:31 WIB
Penulis: Frederica | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo

Masyarakat di dunia saat ini tengah menyoroti persoalan referendum Catalunya yang sedang berlangsung. Permasalahan ini turut menyita perhatian khusus para pesepakbola dunia, salah satunya ialah legenda Barcelona, Xavi Hernandez.

Sebagaimana diketahui, masalah referendum Catalunya sendiri hingga kini masih menjadi perdebatan. Hal itu sebagai buntut dari keinginan Catalunya untuk memisahkan diri dari Spanyol.

Baca Juga

Kondisi terkini di Catalunya sendiri masih panas pasca terjadinya konflik antara masyarakat yang ingin melakukan voting dengan aparat keamanan setempat. Sebab, Pemerintah Spanyol menentang pemungutan suara yang ingin dilakukan karena dianggap sebagai tindakan ilegal.

Kericuhan warnai Catalunya jelang laga Barcelona vs Las Palmas.

Konflik yang terjadi itu pun mendapatkan perhatian tersendiri bagi Xavi Hernandez. Dirinya mengungkapkan bahwa kejadian yang terjadi di Catalunya pada Minggu (01/10/17) sebagai kejadian yang memalukan.

Ungkapan itu dilontarkan oleh pria berusia 37 tahun tersebut sebagai bentuk rasa kecewanya terhadap Pemerintah Spanyol karena membungkam masyarakat yang ingin memberikan pendapat.

"Kepada semua orang yang berusaha secara damai untuk menggunakan hak mereka dalam memilih. Apa yang terjadi di Catalunya saat ini sangat memalukan. Tidak dapat diterima bahwa di sebuah negara yang berdemokrasi, masyarakatnya tidak bisa memberikan pendapat," ungkap pria asal Spanyol itu, sebagaimana diberitakan Marca (01/10/17).

"Hidup Catalunya," tutupnya. 

Xavi Hernandez, mantan pemain Barcelona.
BarcelonaXavi HernandezCatalanBola Internasional

Berita Terkini