x

Carlo Ancelotti dan 4 Pelatih Lain yang Pas Gantikan Conte

Rabu, 8 November 2017 15:38 WIB
Penulis: Prio Hari Kristanto | Editor: Galih Prasetyo
Antonio Conte dan Carlo Ancelotti.

Chelsea dinilai belum mampu menemukan performa apik di tahun kedua bersama Antonio Conte. The Blues tercecer di peringkat keempat dengan selisih 9  poin dari sang pemuncak klasemen, Manchester City. Di liga Champions pun, mereka tidak mampu menang di dua laga terakhir. Masa depan pelatih Antonio Conte bersama Chelsea kini tengah diambang ketidakjelasan walaupun berhasil menundukan MU pekan lalu. 

Jika pada akhirnya harus hengkang, siapa kiranya pelatih yang tepat untuk menggantikan Conte di Chelsea? INDOSPORT telah menghimpun 5 kandidat pelatih yang kemungkinan besar ditunjuk Roman Abramovich untuk menggantikan Conte. 

Baca Juga

1. Louis Van Gaal

Louis van Gaal dan Jose Mourinho

Louis Van Gaal kehilangan kursi kepelatihannya di MU setelah tim berjuluk Red Devils tersebut menunjuk Jose Mourinho sebagai manager berikutnya. Ketika itu Van Gaal menilai MU telah melakukan pendekatan terhadap Mourinho jauh-jauh hari sebelum ia dilengserkan. 

Saat ini Van Gaal masih berstatus tanpa klub. Sebagai pelatih, ia memiliki pengalaman segudang dalam menangani klub-klub besar. Prestasinya pun sangat gemilang. Ia pernah membawa Ajax menjuarai eredivisie 3 musim beruntun (1993-1996), lalu Barcelona 2 musim beruntun (1997-1999). Di Jerman, ia juga pernah mempersembahkan gelar bundesliga untuk Bayern Munich di musim 2009-2010. Terakhir, Ia membawa MU menjuarai FA Cup 2015-2016. 

Baca Juga

2. Carlo Ancelotti

Antonio Conte dan Carlo Ancelotti.

Dari sekian nama, mungkin pelatih satu ini yang berpeluang besar melatih Chelsea. The Blues tidaklah asing bagi Ancelotti. Ancelotti pernah menangani Chelsea pada medio 2009-2011. Dalam kurun waktu tersebut, ia pernah mempersembahkan gelar Liga Primer Inggris dan Piala FA. Sebagai pelatih pun, deretan prestasinya tak perlu disangsikan lagi. 

Saat ini Carlo Ancelotti masih mengganggur setelah Bayern Munchen memecatnya bulan lalu. Dengan pengalaman yang pernah terjalin cukup indah antara kedua belah pihak, bisa jadi Roman Abramovich akan meminta Don Carlo kembali ke Chelsea. 

Baca Juga

3. Massimiliano Allegri

Massimiliano Allegri tampak tidak senang di pinggir lapangan, saat melawan Barcelona.

Sebelum menangani Chelsea, klub terakhir yang ditangani oleh Conte adalah Juventus. Chelsea kepincut dengan keberhasilan pelatih Italia tersebut dalam memberikan tiga gelar scudetto bagi Juventus. Nah, bisa jadi hal serupa terjadi pada diri Massimiliano Allegri sang suksesor Conte di Juve. 

Allegri berhasil membawa Juve ke 2 Final Liga Champions dan memenangkan 3 gelar scudetto lainnya. Mungkin saja pola yang sama akan terjadi di mana Chelsea akan menggunakan jasa pelatih yang sukses di Italia. Selain itu, Chelsea juga sudah terbiasa dengan pelatih Italia seperti Ancelotti dan Conte. Keduanya, setidaknya, pasti memberikan gelar juara pada klub yang berbasis di London tersebut. 

Baca Juga

4. Luis Enrique

Pelatih Barcelona, Luis Enrique.

Luis Enrique bisa menjadi alternatif pilihan bagi tim-tim raksasa. Kegemilangannya bersama Barcelona tidak bisa dipungkiri lagi. Berbagai trofi, termasuk dua titel Divisi Primera La Liga dan satu gelar Liga Champions, menjadi bukti kepiawaiannya.

Namun, jika Chelsea ingin mengamankan jasanya, mereka perlu bersabar sebab pelatih berusia 47 tahun tersebut mengutarakan rehat selama satu musim sebelum kembali melatih klub. Walau begitu, tentunya Luis Enrique tidak bisa dikesampingkan begitu saja oleh Chelsea. Bisa saja ia dipilih sebagai pelatih untuk musim depan atau ketika musim 2017-2018 berkahir. Untuk pelatih satu ini, Chelsea pun sepertinya harus siap bersaing dengan klub-klub raksasa eropa lainnya. 

Baca Juga

5. Thomas Tuchel

Thomas Tuchel.

Sebagai juru taktik raksasa Jerman, Borussia Dortmund, Thomas Tuchel dikenal piawai memoles bakat-bakat muda. Dalam dua tahun kiprahnya bersama Dortmund, pemain belia seperti Felix Passlack, Julian Weigl, Ousmane Dembele, Dzenis Burnic, dan Emre Mor, bisa meroket. 

Dengan alasan ini, Tuchel mungkin bisa menjadi opsi buat klub yang memiliki pemain muda melimpah. Tuchel sendiri sempat dikaitkan dengan Arsenal. Namun, sampai saat ini rumor tersebut belum terbukti. Chelsea pun patut 'mengawasi' pelatih satu ini sebagai salah satu kandidat pengganti Conte. 

Baca Juga
Louis van GaalCarlo AncelottiAntonio ConteLuis EnriqueLiga Primer InggrisPelatihLiga Inggris

Berita Terkini