x

Deretan Aksi Kontroversial Pelatih Anyar AC Milan, Gennaro Gattuso

Selasa, 28 November 2017 10:27 WIB
Penulis: Frederica | Editor: Ardini Maharani Dwi Setyarini
Gennaro Gattuso resmi jadi pelatih AC Milan.

AC Milan telah secara resmi menunjuk Gennaro Gattuso untuk menjadi pelatih di tim utama setelah mendepak Vincenzo Montella dari kursi kepelatihan. Montella sendiri dipecat usai gagal membawa tim Milan menorehkan catatan positif di musim ini.

Seperti di Serie A Italia, I Rossoneri hanya mampu menghuni peringkat tujuh dengan torehan 20 poin, hasil dari enam kemenangan, dua hasil imbang, dan harus merasakan enam kekalahan.

Kegagalan Montella untuk membangun keperkasaan tim membuat pihak klub jera dan langsung mendepaknya dari kursi kepelatihan. Lewat akun Twitter resmi, pihak klub mengumumkan pemecatan pelatih berusia 43 tahun itu.

Kini, pengangkatan Gattuso yang sebelumnya menjabat sebagai pelatih tim junior Milan pun diharapkan bisa memutarbalikkan keadaan bagi Nikola Kalinic dkk dalam mengarungi sisa laga di musim 2017/18 ini. Keperkasaan dan pengalaman yang dimiliki oleh mantan pemain AC Milan itu dinilai mampu membawa skuat Milan meraih kejayaan di musim ini.

Apalagi, pria yang dijuluki 'si badak' asal Italia ini dikenal sebagai salah satu pemain yang cukup keras di atas lapangan hijau. Hal itu dikarenakan kekuatan fisik yang dimilikinya.

Baca Juga
Gennaro Gattuso resmi menjadi pelatih tim utama AC Milan.

Menilik hal itu, berikut ini INDOSPORT ingin mengajak Anda untuk mengingat kembali kontroversi-kontroversi apa saja yang pernah diciptakan oleh Gattuso selama berkarier di dunia sepakbola, baik ketika menjadi pelatih atau saat masih menjadi pesepakbola.


1. Terlibat Konflik Fisik dengan Joe Jordan

Gennaro Gattuso bertengkar dengan Joe Jordan.

Gennaro Gattuso pernah menyita perhatian publik saat dirinya terlibat kontak fisik dengan Joe Jordan kala melakoni babak 16 besar Liga Champions 2010/11. Di babak 16 besar itu sendiri, AC Milan bersua dengan Tottenham Hotspur.

Milan pun harus kandas di tangan Spurs usai kalah agregat 0-1. Di leg pertama, I Rossoneri harus dipermalukan Spurs saat menjamu klub asal Liga Primer Inggris dengan skor 0-1. Sayangnya, di leg kedua, Milan tidak bisa mencuri poin di White Hart Lane, yang mana laga berakhir dengan skor 0-0.

Tidak hanya kegagalan yang harus dirasakan oleh penggawa II Diavolo, tetapi juga atmosfer panas yang terjadi antara dua kubu. Pasalnya, saat itu Gattuso sempat melakukan aksi kasar terhadap asisten manajer Spurs, Joe Jordan.

Melansir Sport Bible (27/11/17), kala itu Peter Crouch berhasil mencetak gol semata wayang di Stadion Giuseppe Meazza sehingga membuat para pemain Milan merasa frustasi. Gattuso pun diketahui mendatangi Jordan dan seakan mengajak pria berusia 65 tahun itu untuk bertengkar.

Terlihat bahwa Gattuso yang saat itu masih berseragam merah-hitam pun melayangkan pukulan kepada wajah Jordan. Pertengkaran itu pun sempat berlanjut beberapa kali meski sudah dilerai. Apalagi, Jordan terlihat melepaskan kacamata miliknya dan seakan menunjukkan bahwa dirinya siap untuk bertengkar.

Wasit, rekan-rekan, dan juga para ofisial tim yang melihat hal itu pun berusaha menghentikan perkelahian kedua pihak.


2. Pernyataan Kontroversial Terkait Perempuan di Sepakbola

Gennaro Gattuso.

Tidak hanya aksi kasar saja yang kerap disorot beberapa pihak, namun Gennaro Gattuso juga pernah mengumbar pernyataan-pernyataan kontroversial terkait perempuan di dunia sepakbola. Pasalnya, pria berusia 39 tahun itu pernah mengungkapkan bahwa dirinya tidak bisa melihat perempuan di dalam dunia sepakbola.

Pernyataan kontroversial itu diungkapkan olehnya sebagai bentuk kemarahan kepada CEO AC Milan, Adriano Galliani. Pasalnya, saat itu pria berusia 73 tahun tersebut berbagi peran dengan putri Presiden Silvio Berlusconi, Barbara Berlusconi ketika melakukan perombakan di jajaran petinggi Milan.

Melihat hal itu, Gattuso pun merasa marah lantaran menganggap bahwa perempuan tidak pantas untuk berada di dunia sepakbola.

"Bagi orang seperti Galliani, seharusnya ada rasa hormat yang lebih besar. Saya tidak bisa melihat perempuan dalam dunia sepakbola. Saya tidak suka mengatakannya tapi begitulah adanya," ucapnya saat itu, dikutip dari Bleacher Report (05/12/13).


3. Menampar Asisten Manajer di AC Pisa 1909

Gennaro Gattuso saat masih melatih AC Pisa 1909.

Tidak hanya Joe Jordan saja yang pernah menerima jotosan dari Gennaro Gattuso. Sebab, ada pula pihak lain yang pernah merasakan tamparan dari pelatih anyar AC Milan itu, yakni asisten manajer AC Pisa 1909.

Sebagaimana diketahui, saat itu Gattuso pernah mengisi kursi kepelatihan di AC Pisa pada Agustus 2015 hingga September 2016 lalu.

Mengutip Mirror (08/04/16), saat itu Pisa tengah bersua dengan SPAL dan Gattuso yang merupakan pelatih tim diketahui sedang naik pitam. Terlihat dengan jelas kemarahan yang terpancar dari dalam dirinya kepada asisten manajernya.

Ketika sang asisten sedang membawakan sebuah benda kepada Gattuso, dirinya pun harus menjadi tempat pelampiasan kemarahan Gattuso. Sebab, mantan pemain Timnas Italia tersebut melepaskan tamparan pada asisten manajer ketika ingin mengambil benda tersebut.

Serie A ItaliaAC MilanGennaro GattusoJoe JordanPisaLiga Italia

Berita Terkini