x

Ini Dia Pemain yang Cetak Gol Pembuka di Piala Dunia, Siapa di 2018?

Sabtu, 2 Desember 2017 01:33 WIB
Penulis: Alfia Nurul Fadilla | Editor: Agus Dwi Witono
Mesut Ozil vs Lionel Messi di Piala Dunia 2014.

Perhelatan akbar sepakbola, yaitu Piala Dunia sudah berusia 86 tahun. Sejak digulirkan pada 1930, lahir nama pemain hebat dan menjadi legenda hingga kini. Namanya santer di jagad raya karena mencatatkan dirinya sebagai pencetak gol.

Daftar pemain penting yang telah mencetak gol di Piala Dunia dalam 86 tahun mudah ditebak. Pele, Maradona, Michel Platini, Johan Cryuff, Gerd Muller, dan Giuseppe Meazza merupakan contoh.

Baca Juga

Berikut INDOSPORT merangkum nama-nama pemain bintang yang berhasil ciptakan gol pertama di partai pembuka Piala Dunia di tahun 1994, 1998, 2002, 2006, 2010, dan 2014. 


1. 2014 - Marcelo (Brasil vs Kroasia)

Marcelo bek kiri Timnas Brazil

Gol bunuh diri Marcelo memang bukan yang pertama di sepanjang sejarah perjalanan Piala Dunia, tapi mencetak gol ke gawang sendiri di laga pembukaan, baru kali ini terjadi.

Tapi, Marcelo bisa bernapas lega karena bunuh dirinya tak membawa bencana buat Selecao yang akhirnya bangkit dan membalas tiga gol untuk mengunci kemenangan 3-1. Neymar mencetak sepasang gol yang dilengkapi bintang Chelsea Oscar di pengujung laga.

Baca Juga

2. 2010 - Siohiwe (Tshabalala Afsel vs Meksiko)

Siohiwe Tshabalala

Nama lengkapnya Lawrence Siphiwe Tshabalala, dialah pencetak gol perdana Piala Dunia 2010. Tentunya, penduduk Soweto di Afrika Selatan akan selalu mengenang Siphiwe Tshabalala. Itu berkat gol indahnya yang tercatat sebagai gol pertama di Piala Dunia 2010 yang dibuatnya ke gawang Meksiko.

Gol itu semakin berkesan di hati warga Soweto karena Tshabalala adalah putra asli kelahiran daerah tersebut. Bukan hanya itu, gol itu juga tercipta di Stadion Soccer City, letaknya juga di Soweto, sebelah barat daya ibu kota Johannesburg.

Baca Juga

3. 2006 - Philipp Lahmp (Jerman vs Kosta Rika)

Philipp Lahmp berjalan selama sesi Tim Nasional Jerman berlatih di St.Martin.

Lahm memulai karier internasionalnya di Timnas U19 Jerman. Dia adalah bagian dari tim yang memenangkan perak untuk Jerman di Piala Eropa U-19 2002.

Kemudian, ia memainkan beberapa pertandingan di U-20 dan U-21 untuk Jerman. Lahm ikut serta dalam Piala Dunia 2006, meskipun saat itu sikunya sedang terluka. Pada 25 Juni 2006, ia mencetak gol pertama di di Piala Dunia.

Baca Juga

4. 2002 - Papa Bouba Diop (Senegal vs Prancis)

Papa Bouba Diop

Waktu itu tahun 2002 di Paris, Prancis, ribuan pendukung Les Bleus yang menyaksikan pertandingan pertama Grup A Piala Dunia 2002 dari layar televisi yang dipasang di sejumlah lokasi, tak dapat menyembunyikan kekecewaannya. Sebaliknya, pendukung Tim Singa Afrika di Paris tetap saja bergembira ria merayakan kemenangan Senegal. Sorak sorai menggema di jalan-jalan menyusul gol tunggal yang diciptakan gelandang Senegal Papa Bouba Diop di menit ke-30. 

Meski Prancis terus menguatkan serangan, Senegal mampu bertahan. Bahkan, tendangan keras striker David Trezequet menjelang akhir babak pertama hanya membentur tiang gawang yang dikawal kiper Tony Sylva. Memasuki babak kedua pun sama, skor tak berubah hingga berakhirnya pertandingan: 1-0 untuk kemenangan Senegal. 

Baca Juga

5. 1998 - Cesar Sampaio (Brasil vs Skotlandia)

Cesar Sampaio Brasil

Gelandang Brasil, Cesar Sampaio mencatatkan namanya sebagai pencetak gol perdana Piala Dunia 1998. Cesar Sampaio mencetak gol cepat di menit ke-4 saat Brasil bertemu  Skotlandia di Grup A.

Gol yang merupakan hasil assist Bebeto itu membantu Brasil memenangi pertandingan yang berlangsung di kota Saint Denis tersebut dengan skor tipis 2-1. Sekaligus menjadi pondasi penting yang membawa mereka lolos dari fase grup dan menembus partai final.

Baca Juga

6. 1994 - Jurgen Klinsmann (Jerman vs Bolivia)

Jurgen Klinsmann Jerman

Jurgen Klinsmann lahir di Göppingen, Jerman, 30 Juli 1964 merupakan mantan pemain sepakbola berkebangsaan Jerman. Semasa menjadi pemain, Klinsmann pernah tampil di 3 Piala Dunia yaitu tahun 1990 di Italia, 1994 di Amerika Serikat, dan 1998 di Perancis. Klinsmann  pernah meraih 1 trofi Piala Dunia pada tahun 1990.

Selain mencetak gol pertama di perhelatan akbar sepakbola dunia tahun 1994, ia juga mencetak 11 gol di Piala Dunia yang ia ikuti. Sampai 2014, hanya ada 7 pemain sepakbola dunia yang mencetak gol di Piala Dunia di atas 11 gol, salah satunya Jurgen Klinsmann.

Baca Juga
Piala Dunia 2018Pra Piala Dunia 2018Kualifikasi Piala Dunia 2018

Berita Terkini