x

Deretan Kiper yang Pernah Cetak Gol di Menit Injury Time

Senin, 4 Desember 2017 20:00 WIB
Penulis: Juni Adi | Editor: Lanjar Wiratri
Selebrasi Andres Palop usai mencetak gol di menit akhir.

AC Milan gagal meraih kemenangan kala bertandang ke markas Benevento, dalam laga lanjutan Serie A Italia pekan ke-14 pada Minggu (03/12/17).

Dalam laga yang berakhir 2-2 itu, Milan sebenarnya bisa saja meraih kemenangan, karena mereka mampu memimpin dengan skor 2-1 hingga menit ke-90.

Sayang kemenangan tersebut harus buyar lantaran kiper Benevento, Alberto Brignoli sukses merobek gawang Donnarumma melalui sundulan pada menit injury time. 

Selebrasi para pemain Benevento yang berhasil terhindar dari kekalahan.

Hasil ini sekaligus mengubur asa Gennaro Gattuso meraih debut manis, sebagai pelatih baru I Rossoneri, dan juga menjadikan poin perdana Benevento di Serie A musim ini.

Selain itu, gol ini juga menorehkan sejarah, karena Brignoli menjadi kiper pertama yang bisa mencetak gol di Serie A sejak 16 tahun lalu. 

Baca Juga

Terakhir kali kiper yang bisa membuat gol di Serie A adalah Massimo Taibi. Saat itu Taibi bermain bersama Reggina. Gol Taibi membuat Reggina menahan imbang Udinese 1-1 pada 1 April 2001.

Rupanya tak hanya Brignoli dan Taibi saja kiper yang pernah mencetak gol di menit injury time. Beberapa kiper di kompetisi lain juga pernah melalukannya. Berikut INDOSPORT coba merangkumnya:


1. Andres Palop

Selebrasi Andres Palop usai mencetak gol di menit akhir.

Sevilla berhasil terhindar dari kekalahan kala melawan Shaktar Donetsk, di leg kedua semifinal Liga Europa pada tahun 2007, di Stadion Donbass Arena.

Adalah kiper Andres Palop yang berhasil menyelamatkan Los Rojiblancos dari kekalahan. Bola hasil sundulannya sukses membus gawang Shaktar pada menit ke-94, dan menyamakan skor menjadi 2-2.

Berkat golnya itu, akhirnya laga berlanjut hingga extra time. Di babak perpanjangan waktu, dwi fortuna nampaknya tak berpihak ke tuan rumah.

Pada menit ke-105, Sevilla sukses menambah gol melalui Chevanton, sehingga skor berubah menjadi 2-3 hingga laga usai. Sevilla pun melaju ke final, dan di final mereka berhasil mengalahkan Espanyol melalui babak adu penalti.


2. Mark Flekken

Mark Flekken kiper Mark Flekken .

Kiper selanjutnya yang berhasil cetak gol di menit injury time adalah, Mark Flekken yang merupakan pemain dari klub kasta kedua Bundesliga Jerman, MSV Duisburg.

Flekken yang maju untuk membantu serangan di menit-menit akhir, agar bisa menghindari klubnya dari kekalahan, sukses mencetak gol melalui backheels pada menit ke-93. Skor pun berubah menjadi 1-1, dan bertahan hingga laga usai.

Gol yang dicetaknya itu pun menorehkan sejarah, sebagai kiper pertama SV Duisburg yang bisa mencetak gol sepanjang sejarah klub.


3. Scott Flinders

Scott Flinders.

Mantan kiper Crystal Palace, Scott Flinders berhasil membuat para pendukung Hartlepool United bersorak gembira, setelah berhasil mencetak gol penyeimbang skor. Kejadian itu terjadi di menti ke-94, saat Hartlepool United bertemu Bournemouth pada 2011 silam.

Saat itu, Bournemouth yang sudah diambang kemenangan harus puas berbagi angka setelah sundulan Flinders berhasil menggetarkan jala gawang lawan. Skor pun berubah menjadi 2-2, dan bertahan hingga laga usai.

AC MilanLiga ItaliaBola InternasionalBeneventoAndres PalopMark FlekkenScott FlindersGudmund Taksdal Kongshavn

Berita Terkini