x

Prakiraan Tim Grup A-F yang Lolos ke Babak 32 Besar Liga Europa

Kamis, 7 Desember 2017 16:43 WIB
Editor: Matheus Elmerio Giovanni
Liga Europa.

Babak grup Liga Champions musim 2017/18 baru saja berakhir, namun babak grup Liga Europa masih menyisakan satu laga yang akan dimainkan nanti malam. Liga Europa sendiri memiliki lebih banyak babak grup ketimbang Liga Champions.

Untuk babak grup, Liga Europa memiliki sebanyak 12 Grup yang berisi masing-masing 4 tim dari negara yang berbeda-beda. Hanya dua peringkat teratas yang bisa lolos ke babak selanjutnya.

Baca Juga

Dua peringkat teratas dan memiliki sebanyak 12 grup, nantinya total 24 tim akan berhak untuk lanjut ke babak 32 besar. 8 tim sisanya akan diisi oleh peringkat ketiga dari 8 grup yang ada di Liga Champions.

Sudah ditunggu oleh tim-tim kuat seperti Borussia Dortmund, Napoli dan Atletico Madrid, tentunya 24 tim dari 12 Grup Liga Europa sedikit ketar-ketir. Namun mau tidak mau mereka harus meladeni tim-tim kuat tersebut jika lolos ke babak 32 besar.

Oleh karena itu, INDOSPORT merangkum tim-tim yang akan lolos ke babak 32 besar Liga Europa dari Grup A-F.


1. Grup A - Villarreal dan Slavia Prague

Villarreal

Villarreal cukup solid sepanjang babak grup Liga Europa dengan belum terkalahkan di lima laga terakhir. Yellow Submarine mengantongi sebanyak 11 poin dengan catatan 3 kali menang dan 2 kali imbang.

Villarreal hampir dipastikan lolos ke babak selanjutnya sebagai juara grup jika tidak kalah menghadapi Maccabi Tel Aviv. Namun, jika memang mereka terpeleset, dan Slavia Prague di posisi kedua menang atas Astana, Villarreal tetap mengamankan status juara grup.

Selisih gol Slavia Prague dan Villarreal juga cukup jauh, yaitu terpaut 4 gol. Namun hampir mustahil untuk Slavia Prague mampu mengejar selisih gol tersebut, di mana mereka harus meladeni Astana. Astana dan Slavia Prague hanya terpaut satu poin dan tentunya Astana tidak ingin kalah kali ini


2. Grup B - Dynamo Kiev dan Partizan

Dynamo Kiev

Di Grup B, Dynamo Kiev setidaknya sudah mengamankan satu tiket ke babak 32 besar dengan mengantongi 10 poin dari 5 laga yang sudah dijalani. Sementara Partizan juga berada di peringkat kedua saat ini, dan mereka masih harus menghadapi Dynamo Kiev.

Laga terakhir mempertemukan kedua tim di posisi pertama dan kedua bisa dimanfaatkan oleh Skenderbeu Korce. Skenderbeu berada di peringkat ketiga dengan raihan 5 poin, namun tetap saja sulit untuk lolos. Mereka harus menang 5 gol menghadapi BSC Young Boys dan Partizan harus kalah dengan selisih 2 gol dari Dynamo Kiev.

Bisa diyakini, Dynamo Kiev dan Partizan hanya tinggal bermain imbang untuk memastikan keduanya sama-sama lolos ke babak 32 besar. Namun, jika bermain ngotot dan mengincar kemenangan, Partizan bisa lolos dengan status juara grup.


3. Grup C - Sporting Braga dan Ludogorets

Selebrasi pemain SC Braga

Hampir sama situasinya seperti Grup B, Sporting Braga dan Ludogorets masing-masing memiliki 10 dan 8 poin. Namun, Ludogorets harus menghadapi wakil Bundesliga Hoffenheim di laga terakhir. Jika menelan kekalahan, mereka bisa tersingkir dari Istanbul Basaksehir.

Namun kemenangan mustahil didapat oleh Istanbul Basaksehir, pasalnya mereka menghadapi pemuncak Grup C, Sporting Braga. Sporting Braga bisa menjaga asa Ludogorets untuk sama-sama lolos ke babak 32 besar.


4. Grup D - Milan dan AEK Athens

Pemain AC Milan, Lucas Biglia.

Meski terseok-seok di Serie A musim ini, Milan cukup dominan di Grup D Liga Europa 2017/18. Milan saat ini mengantongi 11 poin dan tidak akan tergeser oleh AEK Athens apapun hasil yang mereka dapat di laga terakhir.

AEK Athens juga punya situasi yang sama dengan Milan, mereka sudah dipastikan akan lolos ke babka 32 besar bersama-sama. Mengantongi 7 poin sejauh ini, AEK Athens hampir tidak tersentuh oleh FK Austria Vienne karena selisih gol yang terpaut jauh.


5. Grup E - Atalanta dan Olympique Lyonnais

Para pemain Atalanta melakukan selebrasi.

Sebenarnya laga terakhir Grup E ini tidak berarti apa-apa untuk keempat tim. Dua tim teratas di Grup E, Atalanta dan Olympique Lyon sama-sama mengantongi 11 poin, sementara Apollon di peringkat ketiga hanya mengantongi 3 poin.

Namun, laga terakhir Grup E Liga Europa musim ini akan mempertemukan kedua tim yang berada di puncak klasemen grup. Atalanta dan Olympique Lyon pastinya akan saling ngotot untuk bersaing mendapatkan status juara grup.


6. Grup F - Sheriff dan Lokomotiv Moskwa

Selebrasi pemain FC Sheriff

Wakil Moldova, Sheriff cukup mengejutkan dengan berada di puncak klasemen Grup F saat ini. Namun, dengan raihan 9 poin, Sheriff bukan berarti aman melenggang ke babak 32 besar.

Baik Lokomotiv Moskwa dan FC Copenhagen memiliki peluang untuk lolos bahkan menjadi juara grup. Jika ingin memastikan tiket ke babak 32 besar, Sheriff hanya perlu menahan imbang lawan terakhir mereka, yaitu FC Copenhagen.

Liga EuropaUEFAAC MilanVillarrealAtalantaDynamo KievSporting Braga

Berita Terkini