x

Ini Alasan Egy Maulana Bakal Gusur Kapten Lechia Gdansk?

Minggu, 11 Maret 2018 22:58 WIB
Penulis: Arief Tirtana | Editor: Matheus Elmerio Giovanni
Kapten Lechia Gdansk, Sebastian Mila.

Setelah mengejutkan publik sepakbola tanah air dengan kabar bergabung ke salah satu klub kasta tertinggi Liga Polandia Lechia Gdansk, penggawa Timnas Indonesia U-19 Egi Maulana Vikri kembali membuat semua orang di Indonesia terkejut saat perkenalan resminya bersama klub yang bermarkas di Stadion Energa Gdansk itu.

Keterkejutan itu tak lain karena dalam perkenalannya, pemain kelahiran Medan itu diketahui akan mendapatkan nomor punggung 10 di klub barunya itu. Nomor yang begitu sakral dalam olahraga sepakbola.

Baca Juga

Kejutan itu jelas membuat banyak publik Indonesia ikut bangga, salah satu putra terbaik tanah air dipercaya begitu besar oleh klub asal eropa.

Namun di sisi lain juga banyak yang bertanya apakah pantas Egy diberikan nomor sakral tersebut dan bukannya nomor 10 di Lechia Gdansk musim ini sudah menjadi milik pemain lain.


1. Sebastian Mila

Sebastian Mila (Polandia)

Ya, seperti disinggung diatas, bahwa sebenarnya saat ini nomor 10 sudah dimiliki oleh salah satu pemain Lechia. Dia adalah Sebastian Mila pemain senior yang juga pernah menjadi bagian timnas Polandia.

Pemain yang bergabung dengan Lechia Gdansk pada musim 14/15 sebenarnya merupakan sosok yang penting bagi klub berwarna jersey hijau putih itu.

Di musim pertamanya, dia mencatatkan caps 16 kali, di musim berikutnya melonjak hampir dua kali lipat menjadi 29 caps. Bahkan ban kapten pernah tersemat di lengan kirinya bagi Lechia Gdansk.

Tapi memang usia tidak bisa bohong. Seiring bertambahnya umur, pemain yang kini menginjak usia 35 tahun itu semakin jarang mendapatkan kesempatan. Musim ini saja, pemain yang pernah merengkuh juara Liga Polandia bersama Slask Wroclaw itu baru dipercaya bermain dalam satu pertandingan.
 


2. Kontrak

Egy Maulana Vikri bersama Indra Sjafri di Stadion Energa Gdańsk.

Lahir pada 10 Juli 1982, Mila akan menginjak usia 36 tahun pada musim panas ini. Jarang mendapatkan kesempatan bermain, dan riwayat cedera yang banyak dialaminya membuat dirinya sempat dikabarkan akan pensiun pada musim panas 2018 nanti.

Dan kabar tersebut nampaknya semakin akan menjadi kenyataan, seiring diserahkannya nomor 10 kepada Egy.

Kenyataan itu semakin jelas setelah kontrak Mila yang akan berakhir pada 30 Juni 2018 juga tak kunjung diberikan perpanjangan oleh pihak klub yan kini menghuni peringkat 13 Liga Polandia.


3. Egy Belum Bisa Bermain

Egy Maulana Vikri Saat masuk ke dalam Stadion Energa Gdańsk.

Memang akan menjadi masalah jika sebuah nomor punggung yang sudah menjadi milik seorang pemain diberikan pada pemain lainnya di musim yang tengah berjalan.

Namun dalam kasus Egy ini, semuanya berjalan berbeda. Sudah diperkenalkan secara resmi bahkan mendapatkan nomor punggung 10, pemain berkaki kidal ini nyatanya belum akan bisa menggunakan jersey Lechia Gdansk sampai musim ini berakhir.

Bukan karena nomor 10 sudah dimiliki Mila, namun karena Egy sebenarnya belum bisa bermain dalam kompetisi senior di eropa. Sesuai regulasi yang diberlakuan oleh FIFA, seorang pemain baru bisa dibeli sebuah klub sebagai pemain profesional ketika sudah menginjak usia 18 tahun.

Dan Egy yang kelahiran 7 Juli 2000 baru akan menginjak usia 18 tahun dalam kurun waktu empat bulan ke depan.

PolandiaBola InternasionalEgy Maulana VikriLechia Gdansk

Berita Terkini