x

Ingin Gelar Liga, PSSI Minta Klub Liga 1 Bentuk Tim Wanita

Minggu, 11 Maret 2018 19:56 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Abdurrahman Ranala
Ratu Tisha Sekjen PSSI

Induk federasi sepakbola Indonesia (PSSI) memiliki wacana menggulirkan Liga 1 wanita. Untuk itu PSSI meminta kepada seluruh klub Liga 1 membentuk tim putri.

Hal ini seperti diutarakan oleh Sekretaris Jenderal (Sekjen) PSSI, Ratu Tisha Destria. Bahkan Tisha berharap Liga 1 wanita akan bergukir di tahun 2019.

"Memang belum sekarang. Namun, proses pembentukan harus berjalan. Kami harapkan tahun depan masing-masing tim Liga 1 sudah mempunyai tim putri," ucap  Ratu Tisha.

Baca Juga

1. Upaya Bangkitkan Sepakbola Wanita

Gelora Muda berhasil menjadi juara kedua di Festival Jakarta Equal

Memang untuk melancarkan Liga 1 wanita, Tisha mengatakan PSSI terus berupaya membangkitkan sepakbola wanita. Termasuk dengan menggulirkan Jakarta Equal Festival 2018. Perhelatan yang berlangsung di National Youth Training Center, Bojong Sari, Depok sekaligus untuk memeriahkan hari wanita sedunia pada 8 Maret lalu.

Setidaknya  8 tim sepakboka wanita dari Jabodetabek meramaikan perhelatan ini. Bagi Tisha event seperti ini harus rutin digelar untuk menyongsong Liga 1 wanita.

"Event kecil seperti ini harus banyak dilakukan. Harapannya bisa di tiap provinsi. Ini juga bisa dijadikan cikal bakal tim sebelum liga sepak bola perempuan digelar," tegas Tisha.


2. Akan Terjun ke Daerah

Klub Vasanta berhasil menjadi juara pertama di Festival Jakarta Equal.

"Agustus nanti kami akan terjun langsung ke daerah maupun ke tim Liga 1 untuk persiapan pembentukan tim sepak bola putri. Semoga, langkah yang kami lakukan bisa terealisasi dengan baik," kata sekjen PSSI putri pertama di Indonesia itu.

Sementara itu, Ketua Penyelenggara Jakarta Equal Festival 2018, Johan Y Santosa menilai perhelatan ini jiga untuk mendorong persiapan sepakbola wanita yang memiliki banyak pekerjaan di tahun 2018. Setidaknya dari event ini dapat memenuhi kebutuhan Timnas Wanita Indonesia.

"Nah di 2018 ini ada tiga agenda, AFF senior, AFF U-16, dan juga Asian Games, dan kemudian keinginan PSSI itu di 2019 kalau memungkinkan ada liga wanita," beber dia.

"Untuk itu ini sedang digodok terus regulasinya, formatnya dan bentuknya, dan kita juga di asosiasi ditugaskan untuk mencoba mari kita ramaikan dulu industrinya kemudian mengarah ke pembinaan dan bagaimana bisa membentuk sebuah kegiatan dalam bentuk liga," tandas dia.


3. Jakarta Equal Festival

Klub Vasanta berhasil menjadi juara pertama di Festival Jakarta Equal.

Berikut beberapa data Jakarta Equal Festival 2018

Delapan Tim Peserta:
1. Vasanta - Jakarta
2. Gelora Muda putri - Bogor
3. Goal Aksis - Bandung
4. Pro:Direct - Jakarta
5. Benteng Muda - Banten
6. MFA Ladies - Bandung
7. Persijap - Jawa Tengah
8. Binus School - Jakarta

Juara: Vasanta
Runner Up: Gelora Muda putri
Peringkat Ketiga: Goal Aksis

Daftar Peraih Penghargaan:
Best Gol Keeper: Riska (Vasanta)
Best Defender: Nurjanah (Gelora Muda Putri)
Best Playmaker: Zahra (Goal Aksis)
Best Capten: Desy Amalia (Vasanta)
Best Penyerang: Mayang (Vasanta)
Best Assist: Yulita (Gelora Muda Putri)
Top Skor: Mayang (Vasanta) 4 Gol
Most Feminim: Serafina (Pro:Direct)

Sepakbola WanitaLiga IndonesiaRatu TishaLiga 1Timnas Wanita IndonesiaPiala AFF Wanita 2019

Berita Terkini