x

Meski Terkenal Megah, 5 Stadion Ternama Ini Simpan 'Keanehan' yang Bikin Menganga

Senin, 12 Maret 2018 19:11 WIB
Penulis: Annisa Hardjanti | Editor: Yohanes Ishak
Henningsvaer Stadion.

Ada begitu banyak stadion di dunia ini yang terkenal sangat besar serta menjadi panggung bagi perhelatan ajang sepakbola akbar, bahkan sekelas Piala Dunia. 

Stadion saat ini banyak dibangun dengan gaya yang begitu modern, bahkan dilengkap dengan sarana dan prasarana cukup memadai. Sebut saja stadion besar seperti markas Barcelona, Camp Nou hingga stadion Manchester United, Old Trafford.

Baca Juga

Namun, dalam artikel ini, kita takkan membicarakan stadion-stadion dari klub-klub ternama tersebut. Karena nyatanya masih ada stadion-stadion besar yang rupanya menyimpan keanehan dan tak banyak di sadari oleh banyak orang.

Kendati demikian, stadion-stadion ini juga sama-sama memiliki keindahan membuat penonton tak hanya menikmati laga antara dua klub saja, melainkan juga suasana dari stadion itu sendiri. 

Berikut INDOSPORT berhasil merangkum dan mengungkap 5 stadion besar di seluruh dunia yang menyimpan keanehan pada bangunannya:


1. 1. La Bombonera

La Bombonera.

Markas besar klub raksasa Argentina, Boca Juniors ini punya keanehan tersendiri. Terlebih lagi bagi para penonton laga yang hadir di sana. Keanehan tersebut ternyata terletak pada letak area para penonton itu sendiri. Stadion itu mampu menampung kurang lebih 49.000 penonton. 

La Bombonera memiliki area penonton yang nampak nyaris begitu vertikal. Hal itu membuat seolah para penonton hendak ambruk ke arah lapangan. Posisi itu sendiri nampak begitu unik, melihat situasi ini pihak stadion bahkan sampai tak menyarankan agar penderita penyakit vertigo untuk hadir di sana.


2. 2. Allianz Arena

Allianz Arena

Siapa yang menyangka kalau Allianz Arena yang menjadi kandang bagi klub raksasa Jerman, Bayern Munchen rupanya menyimpan keanehan pada eksterior bangunan stadion tersebut. 

Keanehan yang begitu indah itu muncul kala Bayern Munchen bermain di kandang. Bagian luar stadion tersebut akan menampilkan warna biru atau biru dan putih. Sedangkan kala timnas Jerman bermain, maka akan berubah menjadi warna hitam, merah, dan kuning seperti bendera Jerman. 


3. 3. Stadion Soccer City

Stadion Soccer City.

Stadion ini punya keindahan yang mampu dinikmati kala siang maupun malam hari. Soccer City Stadium terletak di Johannesburg, Afrika Selatan. Ia sempat menjadi lokasi laga untuk Piala Dunia 2010 lalu. 

Keanehan itu nampak kala siang hari, di mana celah pada stadion tersebut mampu menyerap cahaya alami hingga mampu menembus ke dalam lapangan. Namun pada malam hari, lampu stadion tersebut akan nampak seperti panci keramik. Lampunya yang terang seperti cincin di bagian dasar nampak layaknya kompor. 


4. 4. Taiwan National Stadium

Taiwan National Stadium.

Terletak di Kaohsiung, Taiwan, Stadion yang mampu menampung 55.000 orang tersebut bisa dibilang menjadi bangunan yang mampu menyimpang listrik paling besar dari tenaga alam, salah satunya matahari. 

Tercatat terdapat 8,884 panel surya menjadi bagian dari eksteriornya yang berbentuk spiral. Semua panel surya tersebut 100 persen menjadi pemasok utama tenaga listik bagi stadion itu dan mampu juga menjadi penyalur listrik bagi daerah lokal saat stadion itu tak digunakan. 


5. 5. Stadion Gospin Dolac

Stadion Gospin Dolac.

Bermain di stadion ini, para pesepakbola perlu berhati-hati saat menendang bola. Mereka butuh memperkirakan kekuatan tendangan mereka jika tak mau menyelam ke danau di samping stadion ini untuk mengambil bola tersebut.

Ya, Gospin Dolac adalah stadion di Kroasia yang dibangun tepat di samping sebuah danau dengan kedalaman kurang lebih 500meter. Pemandangan indah ini menjadi begitu aneh karena jika para pemain menendang bola begitu tinggi, tentu akan menjadi pekerjaan sendiri untuk mengambil bola itu sambil berenang di danau.

Piala DuniaStadionAllianz ArenaIn Depth SportsBola Internasional

Berita Terkini