x

Usai Raih Gelar Juara di Jepang, Timnas Indonesia U-16 Bidik Piala Dunia

Senin, 12 Maret 2018 15:27 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Lanjar Wiratri
Skuat Garuda Asia.

Hasil membanggakan kembali ditorehkan oleh pasukan Timnas Indonesia U-16. Tim besutan Fakhri Husaini ini berhasil menjadi kampiun di Turnamen Jenesys yang digelar di Jepang.

Menghadapi Vietnam di babak final yang berlangsung di Lapangan Kirishima Yamazakura Miyazaki Prefectural Comprehensive Sports Park Pitch 1, U-16 tak gentar. Mereka mampu memberikan perlawanan bagi Vietnam.

Baca Juga

Rendy Juliansyah mampu memecah kebuntuan lewat golnya dari titik putih. Hadiah penalti didapat Indonesia atas pelanggaran yang dilakukan oleh salah satu pemain Vietnam di kotak terlarang. Pemain bernomor punggung 10 itu tidak menyia-nyiakan kesempatan dan kepercayaan yang diberikan dan sukses menceploskan bola ke gawang Vietnam di menit ke-64.


1. Timnas U-26 Kembali Meraih Trofi

Selebrasi pemain Timnas Indonesia U-16.

Perjalanan timnas asuhan Fakhri Husaini di turnamen Jenesys ini cukup memuaskan. Timnas U-16 menumbangkan Filipina tanoa ampun 7-1 dan Kamboja 5-0. Sementara di babak semifinal giliran tuan rumah Jepang dikalahkan 1-0.

Piala ini merupakan trofi kedua untuk Timnas U-16 yang sebelumnya juga keluar sebagai juara di turnamen Tien Phong Vietnam tahun lalu. Mengenai hasil ini, Fakhri mengatakan semuanya merupakan buah dari usaha kerja keras timnya.

“Cukup membanggakan. Ini juga berkat dukungan dan doa masyarakat Indonesia. Tentu saja kerja keras para pemain selama pemusatan latihan sampai pertandingan di Jenesys. Para pemain bermain tidak ada takutnya. Semua lawan dihadapi dengan gagah berani,” jelas Fakhri.


2. Target Piala Dunia

Usai laga melawan Jepang di semifinal

Menurut Fakhri evaluasi tetap dilakukan karena turnamen ini merupakan target antara menuju Piala AFF U16 dan Piala Asia U-16.

"Tentu target besar kita lolos ke Piala Dunia U17 tahun 2019 dengan syarat lolos ke semifinal Piala Asia U16," kata Fakhri.

Gelar juara di Turnamen Jenesys diharapkan bisa mengangkat moral dan motivasi pemainnya. Hasil ini juga menjadi tonggak kebangkitan sepak bola Indonesia di pembinaan usia muda. 


3. David Maulana Pemain Terbaik

David Maulana mendapat gelar pemain terbaik pada turnamen Jenesys 2018.

Dalam turnamen ini David Maulana juga mendapatkan penghargaan sebagai pemain terbaik selama gelaran Jenesys 2018. Hal itu semakin menggenapkan perjalanan Skuat Garuda Muda U-16 di level internasional.

David dirasa pantas terpilih sebagai pemain terbaik lantaran bermain apik dalam setiap pertandingan. Keluarnya David Maulana sebagai pemain terbaik tentu semakin menambah prestasi Indonesia di turnamen ini.

Daftar Susunan Awal Pemain Timnas U-16 vs Vietnam:

Ernando Ari; Amiruddin Bagas, Ahmad Rusadi, Fadillah Nur Rahman (c), M. Yudha Febrian; Komang Teguh, Andre Oktaviansyah, David Maulana; Yadi Mulyadi, Sutan Zico, M. Supriadi

Cadangan: Ahlud Dzikri Fikri, M. Reza Fauzan, Salman Alfarid, Brylian Aldama, Hamsa Lestaluhu, Rendy Juliansyah
 

Timnas Indonesia U-16Timnas IndonesiaBola Internasional

Berita Terkini