x

3 ‘Korban yang Berjatuhan’ Jelang Bergulirnya Liga 1 2018

Senin, 19 Maret 2018 16:50 WIB
Editor: Lanjar Wiratri
Logo Liga 1.

Kick off Liga 1 musim 2018 akan mulai bergulir pada 23 Maret mendatang. Setelah sempat tertunda beberapa kali, kompetisi kasta tertinggi di Indonesia itu akan kembali dihelat dan diikuti 18 klub terbaik.

Beberapa klub melakukan berbagai persiapan mulai dari laga uji coba hingga launching tim jelang bergulirnya Liga 1 musim 2018. Di tengah gegap gempita persiapan 18 klub jelang bergulirnya Liga 1, ada pula beberapa sosok yang mengalami kesialan jelang bergulirnya Liga 1.

Baca Juga

Kick off belum mulai, namun pemain dan pelatih ini harus merasakan pahitnya disinhkirkan dari klub masing-masing. Padahal mereka belum diberikan kesempatan untuk membuktikan kemampuan mereka di Liga 1 musim baru.

Penampilan yang buruk di laga uji coba menjadi salah satu penyebab pihak manajemen klub pada akhirnya memutuksan untuk mengakhiri kontrak. Tentu hal tersebut cukip mengejutkan mengingat Liga 1 musim 2018 belum resmi bergulir.

Ada yang menilai ketiganya tak diberikan kesempatan namun sudah terlebih dahulu disingkirkan. Berikut INDOSPORT merangkum tiga korban yang sudah jatuh jelang bergulirnya Liga 1.


1. Gomes de Oliveira

Gomes de Oliviera resmi mundur dari kepelatihan Madura United.

Gomes de Oliveira sebenarnya cukup sukses membawa Madura United tampil gemilang di Liga 1 musim lalu. Meski tak juara, klub berjuluk Laskar Sapeh Kerab itu masuk dalam deretan klub papan atas Liga 1.

Namun nyatanya hasil tersebut tak cukup baik untuk membuat Madura United mempertahankan pelatih asal Brasil tersebut untuk Liga 1 musim 2018. Alasan lain disinyalir karena kegagalan Madura United di berbagai ajang uji coba termasuk Piala Presiden dan Piala Gubernur Kaltim.

Posisi Gomes langsung digantikan oleh mantan pelatih Persiba Balikpapan, Milomir Seslija. Pelatih berkebangsaan Bosnia Herzegovina itu pun langsung menekankan dua poin penting yang harus dipegang kuat oleh Greg Nwokolo dkk di bawah kepemimpinannya.

"Ya, semua pemain di tim ini harus disiplin dan respek (satu sama lain). Dua hal itu sangat penting perannya agar tim ini bisa sukses ke depan," ucap Milomir Seslija. "Dengan disiplin dan respek, saya yakin bisa membuat tim ini lebih baik lagi," tambah Milomir.
 


2. Kevin Brands

Ilsutrasi Kevin Brands mengenakan jersey Bali United.

Kevin Brands resmi mendepak gelandang asal Belanda, Kevin Brands, beberapa hari jelang bergulirnya Liga 1 musim 2018. Penampilan buruk Brands yang tak mampu bersinar bersama Bali United menjadi salah satu penyebab yang membuat pihak manajemen akhirnya memutuskan untuk memutus kontraknya.

Tak butuh waktu lama, Bali United langsung mendapatkan pengganti untuk mengisi pos yang ditinggalkan Brands. Klub berjuluk Serdadu Tridatu itu resmi mengontrak eks gelandang Timnas Montenegro, yakni Milos Krkotic.

"Ya, Milos Krkotic telah resmi bergabung dengan Bali United untuk durasi kontrak satu tahun kedepan,” ujar CEO Bali United, Yabes Tanuri, seperti dikutip dari laman resmi Bali United.


3. Michael Essien

Michael Essien tepuk tangan pada laga perdana Piala Presiden 2018. Herry Ibrahim

Eks Chelsea, Michael Essien, juga mendapatkan kabar buruk jelang bergulirnya Liga 1 musim 2018. Essien tak lagi masuk dalam daftar pemain Persib untuk musim ini saat klub tersebut secara resmi me-launching tim dan jersey.

Komisaris PT Persib Bandung Bermartabat (PBB), yakni Zainuri Hasyim, membenarkan jika Prsib telah resmi melepas pemain Ghana tersebut. Kuota pemain asing yang sudah tercukupi menyusul masuknya Jonathan Bauman menjadi salah satu alasannya.

"[Michael] Essien tadi enggak ada namanya di daftar pemain saat kita launching tim karena kita ingin kembali ke regulasi PSSI, bahwa pemain asing itu ada empat (1 Asia). Itu sudah terpenuhi dengan adanya kedatangan [Jonathan] Bauman. Jadi, mau tidak mau Essien harus tidak ada lagi di dalam skuat," ucap Zainuri.


 

Michael EssienLiga IndonesiaGomes de OliveiraLiga 1Kevin Brands

Berita Terkini