x

3 Pesepakbola yang Berpeluang Kembali dari Pensiun Demi Piala Dunia 2018

Selasa, 20 Maret 2018 14:01 WIB
Editor: Yohanes Ishak
Logo Piala Dunia Rusia 2018.

Salah satu hal yang pastinya paling membanggakan dalam karier seorang pesepakbola adalah dapat membela negaranya sendiri untuk bertanding di pertandingan tertentu, apalagi Piala Dunia.

Hal itu karena tidak hanya ditontonkan oleh jutaan pasang mata di dunia ini, tetapi juga dapat membuktikan untuk bisa menjadi yang terbaik dengan mengibarkan bendera Negara sendiri di kompetisi empat tahunan tersebut.

Piala Dunia tahun 2018 akan segera digelar kurang lebih dua bulan lagi dan ada beberapa pesepakbola yang sebelumnya memutuskan pensiun untuk bermain di negaranya, namun masih aktif bermain bagi klubnya, tidak menutup kemungkinan dapat kembali alias berubah pikiran.

Hasil Drawing Piala Dunia 2018

Contoh yang paling dekat adalah sang megabintang milik Barcelona, Lionel Messi. Usai gagal membawa Timnas Argentina juara Piala Dunia 2014 di Brasil lalu, dirinya memutuskan untuk gantung sepatu alias pensiun.

Keputusan Messi saat itu langsung menghebohkan dunia sepakbola, mengingat usia pemain berjuluk La Pulga itu masih terbilang cukup muda untuk gantung sepatu.

Namun, karena dirinya masih penasaran untuk dapat menyumbangkan gelar bagi Negara kelahirannya, maka La Pulga membatalkan niatnya dan kembali bermain bagi Timnas Argentina beberapa bulan kemudian.

Selain Messi, ada tiga pesepakbola lainnya yang juga berpeluang kembali membela negaranya demi dapat mengambil peran di Piala Dunia 2018.

Berikut ini INDOSPORT membahas ulasannya:

Baca Juga

1. Zlatan Ibrahimovic

Zlatan Ibrahimovic saat masih membela Timnas Swedia di tahun 2016 lalu.

Striker yang memperkuat Man United ini mungkin saja sudah bosan dengan sejumlah gelar bergengsi domestik yang pernah diraihnya selama berkecimpung di level klub.

Mulai dari Eredivisie Belanda, Serie A Italia, La Liga Spanyol, Piala Liga Inggris, Ligue 1 Prancis, dan sejumlah gelar domestik lainnya yang pernah ia dapat di sepanjang kariernya bersama klub yang berbeda.

Ada tiga trofi bergengsi yang belum pernah diraihh oleh Zlatan Ibrahimovic dalam kariernya sebagai pesepakbola dan ketiganya pun besar kemungkinan masih berpeluang ia raih pada masa akhir kariernya sebagai pesepakbola.

Yang pertama adalah trofi Piala Dunia, kedua adalah Liga Champions, dan terakhir adalah Piala Dunia.

Tentunya, gelar Liga Champions dan Liga Primer Inggris di musim ini Ibra tidak dapat merengkuhnya dan masih ada kesempatan untuk meraihnya di musim depan (dengan catatan Ibra dipertahankan United atau pindah ke klub elite Liga Primer Inggris lainnya).

Di Piala Dunia, mantan pemain Barcelona ini juga masih punya kesempatan untuk mencobanya lagi usai ia memutuskan untuk gantung sepatu saat Timnas Swedia dipastikan tidak berjibaku di ajang Euro 2016 lalu.


2. Wayne Rooney

Wayne Rooney, telah memutuskan pensiun dari Timnas Inggris pada pertengahan tahun 2017 lalu.

Hampir serupa seperti Zlatan Ibrahimovic, Rooney juga sudah banyak meraih banyak gelar di level klub. Bedanya dengan Ibra, Rooney meraih semua gelar bergengsi di negara asalnya saja, yaitu Inggris.

Mulai dari Liga Primer Inggris, Piala FA, Community Shield, Piala Liga Inggris, Liga Champions, Liga Europa, hingga Piala Dunia Antarklub semua pernah ia dapatkan, hanya saja gelar bagi negaranya yang belum pernah ia berikan atau dapatkan.

Nah, usai turut membantu Timnas Inggris berhasil mendapatkan tempat di Piala Dunia 2018 melalui babak kualifikasi, mantan pemain Man United yang kini bermain bagi Everton itu secara mengejutkan pensiun.

Padahal, pelatih Timnas Inggris, Gareth Southgate sudah memberikan jaminan tempat serta ban kapten untuk Rooney di Piala Dunia 2018 nanti.

Di usianya yang sudah 32 tahun, maka dapat dikatakan tahun inilah merupakan tahun yang tepat untuk membela Timnas Inggris di Piala Dunia.


3. Radja Nainggolan

Radja Nainggolan saat memperkuat Timnas Belgia.

Gelandang serang yang satu ini sebenarnya belum pensiun dari Timnas Belgia. Tetapi Nainggolan memutuskan untuk mengundurkan diri dari Timnas Belgia usai dirinya dikabarkan mempunyai hubungan yang kurang harmonis dengan pelatih Timnas Belgia, Roberto Martinez.

Banyak yang beranggapan jika mantan pemain Cagliari ini mundur karena tidak suka dengan sikap sang pelatih yang menghukumnya karena datang terlambat latihan hanya beberapa menit.

Padahal, alasannya ketika itu Nainggolan sedang menunggu di elevator bersama beberapa pemain Timnas Belgia lainnya.

Sementara dari sisi Martinez sendiri menyatakan jika ia sedang mencari keseimbangan Timnas Belgia, hingga nama Nainggolan tidak ia masukkan ke dalam daftar skuatnya.

Di usianya yang masih 29 tahun, pemain berdarah Batak, Indonesia ini setidaknya masih dapat berpikir lagi lebih dewasa agar dapat kembali membela Timnas Belgia di ajang Piala Dunia 2018 nanti.

Piala DuniaWayne RooneyZlatan IbrahimovicRadja NainggolanPiala Dunia 2018Bola Internasional

Berita Terkini