x

5 Pemain Asing Termahal di Liga 1, Tak Ada Nama Simic dan Bauman

Sabtu, 24 Maret 2018 07:10 WIB
Penulis: Fery Andriawan | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
Jaimerson da Silva Xavier, Ezechiel N'Douassel, dan Loris Arnaud.

Musim ini, Liga 1 akan kembali diramaikan dengan puluhan pemain asing dari berbagai negara di penjuru dunia. Beberapa nama telah menjadi sorotan lantaran performa yang cukup mengkilap, semisal Marko Simic bersama Persija Jakarta.

Walaupun penampilannya bagus, harga Simic ternyata tidaklah terlalu mahal. Menurut situs transfermarkt, pasaran harga penyerang asal Kroasia ini hanyalah 200 ribu euro atau sekitar Rp3,5 miliar.

Baca Juga

Harga tersebut bahkan tidak masuk ke dalam lima besar pemain termahal di Liga 1 musim ini. Lantas, pemain dari klub mana yang mempunyai harga paling tinggi? INDOSPORT akan merangkumnya seperti yang dilansir dari harga di transfermarkt.


1. Wiljan Pluim

Wiljan Pluim.

Gelandang asal Belanda, Willem Jan Pluim menjadi pemain termahal asal klub PSM Makassar. Pesepakbola berusia 29 tahun ini memiliki harga mencapai 300 ribu euro atau sekitar Rp5,1 miliar.

Sejatinya, Pluim telah mendapatkan banyak tawaran untuk bermain di klub lain, semisal  Bali United dan Persija Jakarta. Akan tetapi, ia memilih setia dengan berkostum Juku Eja di musim keduanya di Liga 1.


2. Mahamadou N'diaye

Pemain asing asal Mali yang memperkuat Sriwijaya, Mamadou N’Diaye.

Sriwijaya melakukan perombakan besar pada musim ini. Skuat asuhan Rahmad Darmawan total membeli lebih dari 10 pemain untuk mengarungi musim baru, salah satunya adalah Mahamadou N'Diaye.

Pemain bertahan kelahiran Mali ini mempunyai pasaran harga yang cukup tinggi, yakni sebesar 500 ribu euro atau sekitar Rp8,5 miliar. Nilai tersebut wajar karena ia pernah bermain untuk klub Prancis, Troyes.


3. Jaimerson da Silva

Jaimerson da Silva (kanan) usai mencetak gol kedua untuk Persija Jakarta

Bek Persija Jakarta, Jaimerson da Silva ternyata mempunyai harga pasaran yang cukup fantastis, yakni 630 ribu dollar atau mencapai Rp10,7 miliar.

Nominal itu bisa dibilang lebih tinggi dari pada pemain lainnya di klub Macan Kemayoran, seperti Rohit Chand, Addison Alves dan bahkan sang penyerang haus gol, Marko Simic.


4. Ezechiel N'Douassel

Ezechiel N'douassel saat berduel dengan pemain Perserang.

Pemain dengan harga pasaran termahal selanjutnya adalah Ezechiel N'Douassel. Penyerang asal Persib Bandung ini mempunyai harga pasaran mencapai 650 ribu euro atau sekitar Rp11 miliar.

Nominal harganya bahkan lebih besar dari pada pemain baru Persib Bandung asal Argentina, Jonathan Bauman. Di Liga 1 2018 ini, N'douassel akan menjalani musim keduanya di Indonesia.


5. Danny Guthrie

Danny Guthrie saat berseragam Newcastle.

Musim ini pemain termahal Liga 1 2018 jatuh kepada Danny Guthrie, penggawa dari klub Mitra Kukar. Nilai pasarannya mencapai 675 ribu euro atau sekitar Rp11,5 miliar.

Mahalnya harga sang pemain tak terlepas dari pengalamannya dari bermain bola. Ya, Guhtrie pernah menjadi bagian dari dua klub raksasa Liga Primer Inggris, Liverpool dan Newcastle.

Bursa TransferLiga IndonesiaLiga 1Ezechiel N'DouasselJaimerson da Silva XavierWillem Jan PluimDanny Guthrie

Berita Terkini