x

Inilah Desain Stadion Nou Mestalla, Kandang Baru Valencia yang Mirip GBK

Selasa, 3 April 2018 14:27 WIB
Editor: Abdurrahman Ranala
Desain Nou Mestalla kandang Valencia.

Salah satu tim papan atas La Liga Spanyol, Valencia CF, akan memiliki kandang baru. Stadion yang akan diberi nama Nou Mestalla itu diproyeksikan sebagai pengganti Stadion Mestalla yang usianya kini sudah cukup tua. 

Stadion Mestalla yang pernah menggelar pertandingan Piala Super Eropa dan Piala Dunia 1982 pertama kali dibangun pada tahun 1923. Dan Stadion Mestalla terakhir direnovasi pada tahun 2014 lalu. 

Dan Stadion Mestalla tetap akan digunakan Valencia untuk menggelar pertandingan kandang hingga Nou Mestalla selesai dibangun. 

Baca Juga

1. Direncanakan Sejak Lama

Desain Nou Mestalla kandang Valencia.

Stadion Nou Mestalla sendiri sudah direncanakan sejak lama. Konsep awal Stadion Nou Mestalla pertama kali dicetuskan pada tahun 2006 lalu. Arsitek terkenal Mark Fenwick adalah orang yang pertama kali memberikan konsep awal Stadion Nou Mestalla. 

Saat itu, diperkirakan pembangunan Stadion Nou Mestalla akan menelan biaya sekitar 344 juta euro atau sekitar 5,8 triliun rupiah. Setelah melakukan peletakan batu pertama pada tahun 2007, awalnya stadion ini diperkirakan selesai pada tahun 2009. 

Namun Valencia CF sempat mengalami kesulitan dana dan terlilit hutang sehingga tak mampu melanjutkan pembangunan. Proyek ini sempat kembali akan dilanjutkan pada tahun 2013, namun baru tahun 2017 lalu kelanjutan proyek ini benar-benar dikerjakan. 

Diperkirakan Stadion Nou Mestalla akan selesai pada tahun 2021 mendatang. Stadion Mestalla yang lama direncanakan akan dihancurkan pada tahun 2023. 


2. Kapasitas

Desain Nou Mestalla kandang Valencia.

Selain sempat terbengkalai saat proses pembangunan, Stadion Nou Mestalla juga beberapa kali mengalami perubahan rencana soal kapasitas stadion. Saat pertama kali direncanakan, Stadion Nou Mestalla akan memiliki tiga lantai dengan kapasitas 73.200 tempat duduk. 

Saat proyek dibuka kembali pada tahun 2013, rencana kapasitas dikurangi menjadi 61.500. Namun saat pekerjaan dilanjutkan tahun lalu, sang arsitek Mark Fenwick menyarankan agar kapasitas Stadion Mestalla dibuat sekitar 50.000-60.000. Dengan kapasitas itu, maka Stadion Nou Mestalla kapasitasnya hanya sedikit lebih besar dari Stadion Mestalla. 

Namun menurut situs resmi klub Valencia CF, Stadion Nou Mestalla akan berkapasitas 65.000 tempat duduk. 


3. Mirip Gelora Bung Karno

Nou Mestalla kandang Valencia.

Desain Stadion Nou Mestalla jika dilihat dari atas sangat mirip dengan stadion kebanggan Indonesia, Stadion Gelora Bung Karno. Desain yang mirip terlihat dari desain atap Stadion Nou Mestalla. 

Atap keliling ala GBK yang disebut konsep 'temu gelang' tersebut sangat mirip dengan desain atap Stadion Nou Mestalla. Begitu juga dengan warna atap, warna abu-abu. 

LaLiga SpanyolValenciaStadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK)StadionLiga Spanyol

Berita Terkini