x

Terungkap! Zlatan Tolak 100 Juta Dolar dari Klub Asia Ini

Jumat, 6 April 2018 15:20 WIB
Penulis: Reno Firhad Rinaldi | Editor: Arum Kusuma Dewi
Zlatan Ibrahimovic cetak gol perdana di MLS.

Zlatan Ibrahimovic menambah daftar para pemain bintang yang telah 'lanjut usia' untuk menuju Major League Soccer (MLS) di Amerika. Zlatan sendiri telah mengumumkan kepindahannya ke LA Galaxy dari Manchester United pada akhir Maret lalu.

Di balik kepindahannya ke LA Galaxy itu, muncul sebuah pertanyaan: Apakah Zlatan tak mendapat tawaran dari klub besar atau liga lain?

Dikutip dari laman Sport Ilustrated, sebuah sumber menyebutkan bahwa ternyata Zlatan mendapat tawaran sebesar 97 juta dolar AS dari klub lain sebelum ia menyatakan pindah ke LA Galaxy.

Baca Juga

1. Langsung Jadi Bintang di MLS

Zlatan Ibrahimovic cetak gol perdana di MLS.

Sejak kedatangannya ke LA Galaxy, publik penggemar Major League Soccer (MLS) pun bersorak menyambut adanya bintang baru yang datang ke liga mereka. 

Langsung tancap gas, Zlatan pun telah mencatatkan laga debutnya ketika LA Galaxy bertemu dengan Los Angeles FC (LAFC) pada Minggu (01/04/18). Bak pahlawan, Zlatan yang baru masuk di menit 71 kala itu langsung membalikkan keadaan LA Galaxy yang tertinggal 1-3. Dua gol berhasil disarangkannya yang menjadikan LA Galaxy menang dengan skor 4-3.


2. Tolak Tawaran 100 Juta Dollar dari Klub China

Sambutan Ibrahimovic saat tiba di Los Angeles.

Menurut Jovan Kirovski, direktur teknis LA Galaxy yang paling banyak bekerja untuk mengontrak Ibrahimovic, pria Swedia itu mendapat tawaran besar dari China bahkan setelah cedera lututnya. Klub China tersebut akan memberinya total 100 juta dolar AS atau sekitar 1,3 triliun rupiah. 

Akan tetapi, Ibra lebih memilih LA Galaxy, yang hanya dapat membayar 3 juta dolar AS selama dua tahun kontraknya. Sebuah angka yang sangat jauh dari tawarannya di China.

Kirovski mengatakan, bagian tersulit dari kesepakatan kontrak dengan Ibra adalah menjelaskan kepada super agen Ibra, Mino Raiola, mengapa dia hanya bisa membayar Ibra 1,5 juta dolar AS setahun. 

Tanggapan pertama Raiola adalah: "Apakah kamu serius?" Tetapi Ibra akhirnya memutuskan dia tidak membutuhkan uang pada tahap ini dalam kariernya. Kirovski bahkan bersumpah, bahwa tidak ada penawaran sampingan dari sponsor Galaxy untuk mengiming-imingi Zlatan.


3. LA Galaxy Telah Menghubungi Zlatan Sejak Lama

Zlatan Ibrahimovic, penggawa LA Galaxy.

Kirovski mengatakan dia pertama kali melakukan kontak dengan Ibra ketika pemain masih dengan PSG. Dan secara total, dia mengaku telah bertemu dengan Zlatan sebanyak 12 kali di Eropa (di Paris dan Manchester) dan pada kesempatan tambahan di Los Angeles untuk membangun hubungan. 

Empat bulan lalu, Kirovski mengatakan, Ibrahimovic bilang bahwa kesepakatan ke LA Galaxy akan terjadi.

"Tapi sampai ditandatangani, apa pun bisa terjadi," kata Kirovski. “Ketika dia menandatangani secara resmi dua minggu yang lalu, lalu saya baru bisa bernapas lagi.”

Manchester UnitedChinaIbrahimovicZlatan IbrahimovicLA GalaxyBola Internasional

Berita Terkini