x

4 Alasan Man City Kalah dari Man United yang Berujung Batal Juara

Minggu, 8 April 2018 09:33 WIB
Editor: Yohanes Ishak
Man City vs Man United.

Sebelum kick off dimulai, tidak sedikit penggemar sepakbola sejati yang menilai jika Man City dapat mengalahkan rival sekotanya tersebut.

Tidak hanya itu, mereka juga meyakini jika laga ini akan menjadi pesta kemenangan City yang menahbiskan diri sebagai juara di Liga Primer Inggris musim 2017/18.

Sayangnya, pesta mereka harus ditunda oleh United yang secara dramatis mampu mengembalikan kedudukan, setelah tertinggal dua gol menjadi menang 3-2 melalui brace dari Paul Pogba dan satu gol dari Chris Smalling.

Sementara dua gol dari Man City diciptakan oleh Vincent Kompany dan juga Ilkay Gundogan. INDOSPORT pun menemukan beberapa alasan mengapa pada akhirnya Man City gagal meraih kemenangan dalam laga tersebut:

Baca Juga

1. Beban Berat di Pundak

Man City vs Man United.

Sebelum bertanding, para pemain Man City tentunya memiliki beban berat yang berada di pundak mereka.

Ya, usai dibekuk pada tengah pekan kemarin oleh Liverpool dengan skor telak 0-3 di ajang babak perempatfinal Liga Champions leg yang pertama, kini mereka harus bangkit ke jalur kemenangan dengan melawan sang rival sekota, Man United.

Bonus besarnya jika menang atas Man United bukan hanya mereka bisa mendapatkan kepercayaan diri kembali, tetapi juga menggelar pesta juara Liga Primer di rumah sendiri sekaligus di depan mata klub rival sekota.

Beban ini tampaknya harus dilalui oleh para penggawa Man City saat mereka menyelesaikan laga melawan Liverpool atau sebelum pertandingan melawan Man United dimulai.


2. Terlalu Jemawa

Selebrasi para pemain Man City.

Saat para pemain Man City bisa menghilangkan beban berat sebelum pertandingan, di awal babak pertama mereka benar-benar tampil superior dan menunjukkan mereka memang pantas mendapatkan gelar juara.

Bagaimana tidak? Hampir di seluruh pertandingan babak pertama The Citizens mampu mendominasi jalannya laga dengan baik, bahkan Man United sangat jarang terlihat memberikan ancaman yang berarti ke gawang mereka.

Berkat permainan apik mereka di babak pertama inilah yang membuat tim besutan Pep Guardiola pada akhirnya berhasil menang 2-0 atas Man United di babak pertama.

Dan hal inilah yang membuat para pemain City lebih bersemangat dan menjadi terlalu jemawa alias terlalu percaya diri bisa meraih gelar juara di akhir pertandingan nanti.


3. Fokus Hilang

Selebrasi Paul Pogba usai cetak gol ke gawang Man City

Bagaikan bumerang, setelah unggul dan mampu mendominasi laga setelah unggul 2-0 di menit ke-30, Man City benar-benar tampil terlalu percaya diri.

Hal inilah yang berhasil dimanfaatkan oleh Man United untuk memecahkan fokus mereka, yaitu saat pertandingan di babak kedua.

Pasukan Guardiola seakan dibuat terlena dan lupa jika lawan yang mereka hadapi ditangani oleh pelatih Jose Mourinho.

Pelatih yang terkenal karena mampu membuat sebuah tim memiliki permainan bertahan yang kuat, namun saat melakukan serangan balik sangat mematikan.

Benar saja, saat babak kedua baru berjalan beberapa menit Man United mampu mempertipis kedudukan menjadi 1-2 melalui gol dari Paul Pogba.

Gol dari Pogba mulai membuat fokus Man City hilang, di mana mereka terlihat melakukan beberapa kesalahan yang pada akhirnya berhasil dimanfaatkan dengan baik oleh tim tamu.

Tak heran hanya tak sampai 5 menit, Pogba kembali merayakan selebrasi yang membuat Man United berhasil menyamakan kedudukan menjadi 2-2.

Gol penyeimbang dari pemain termahal Man United itu membuat fokus dari Man City hilang kala membangun serangan maupun saat sedang bertahan.


4. Mental Jatuh

Manchester City.

Tidak hanya membuat fokus hilang, mental Man City juga benar-benar menjadi jatuh. Hal ini benar-benar mampu dimanfaatkan dengan baik oleh The Red Devils yang pada akhirnya mampu membuat pertandingan menjadi lebih hidup.

Hingga akhirnya, gol dari Chris Smalling di menit ke-68 mengubah keadaan yang membuat keunggulan menjadi milik Man United dengan skor 3-2.

Hal inilah yang membuat mental dan semangat dari Man United benar-benar jatuh, bahkan nyaris hancur karena beberapa kali mereka kerap mendapat serangan dari tamunya.

Hingga akhirnya, wasit ternama di Inggris, Martin Atkinson meniup peluit tiga kali tanda berakhinya pertandingan skor 3-2 untuk Man United tak berubah. Maka Man City dipaksa oleh tim tamu untuk menunda pesta gelar juara di pekan ini.

Manchester UnitedManchester CityLiga Primer InggrisDerby ManchesterLiga Inggris

Berita Terkini