x

Beli Pemain Muda, Man City Terancam Sanksi Larangan Transfer

Selasa, 17 April 2018 10:53 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Arum Kusuma Dewi
Rekrutan Manchester City, Benjamin Garre.

Juara Liga Primer Inggris, Man City, tengah harap-harap cemas jika mereka benar-benar dijatuhi sanksi larangan transfer karena diduga melanggar peraturan perekrutan pemain muda sampai putusan dalam kasus Benjamin Garre yang kontroversial hingga pekan depan.

Baca Juga

Di musim depan, Pep Guardiola berharap untuk menambah setidaknya tiga pemain lagi ke skuatnya sebagai upaya membangun kesuksesan gelar mereka yang luar biasa dengan menciptakan dinasti pemain-pemain berbakat.

Gelandang serang Argentina, Benjamin Garre, yang ditargetkan oleh Pep Guardiola merupakan pemain potensial dan telah memenangkan 10 pertandingan di level muda untuk Timnas Argentina U-15 dan U-17.

Akan tetapi rencana transfer mereka bisa terancam jika Pengadilan Arbitrase untuk Olahraga (CAS) mendukung Velez Sarsfield, sebuah klub Argentina yang mengklaim City melakukan pendekatan tidak etis kepada Garre saat usianya masih 15 tahun, sebagaimana dilansir dari Metro UK.


1. Pendekatan di Usia 15 Tahun

Rekrutan Manchester City, Benjamin Garre.

Man City telah dinyatakan melanggar aturan transfer dengan merekrut gelandang serang itu sehari setelah ulang tahunnya yang ke-16.

Namun, mantan klub Garre, Velez Sarsfield mengatakan, tim asuhan Pep Guardiola itu sudah mendekati Garre ketika dia masih berusia 15 tahun dan itu melanggar peraturan transfer.

Kasus ini terdengar Juli lalu, tetapi belum ada keputusan dari CAS karena City dengan teguh membela posisinya. Saat ini, jika City dinyatakan bersalah, hukuman standar untuk pelanggaran semacam itu adalah larangan transfer dalam dua jendela transfer.


2. Kontroversi Aturan

Pep Guardiola, pelatih Manchester City.

Man City mengklaim Garre bebas untuk bergabung dengan mereka ketika dia berusia 16 tahun karena memegang paspor Italia. Namun Velez menegaskan aturan FIFA yang memungkinkan pemain di bawah 18 tahun untuk pindah antar klub di negara-negara Eropa.

City sendiri meyakini bahwa mereka bertindak sesuai aturan dan merasa mereka di bawah dasar yang kuat karena FIFA meratifikasi transfer tersebut.

Telegraph melaporkan, putusan akan diumumkan pada pekan depan dan jika dinyatakan bersalah City tetap memiliki hak untuk mengajukan banding teknis. Banding ini akan membantu City untuk membiarkan Guardiola bebas memperkuat skuatnya musim panas ini.


3. Ancaman Mempertahankan Gelar

Ilkay Gundogan mencetak gol ke gawang Tottenham Hotspur dari titik penalti.

Peluang Si Langit Biru untuk mempertahankan gelar liga musim depan dengan sukses akan mendapat pukulan besar jika City tidak dapat mendatangkan pemain baru.

Pep Guardiola pasti akan marah jika pergerakannya terikat di bursa transfer, sementara larangan itu akan memberi harapan besar bagi rivalnya seperti Manchester United dan Liverpool yang merasa mereka mampu merebut gelar liga City.

Sebelumnya, Barcelona, Atletico Madrid, dan Real Madrid semuanya pernah melanggar peraturan transfer dalam penandatanganan pemain di bawah 18 tahun dan City kini menghadapi nasib yang sama.

Bursa TransferManchester UnitedLiverpoolManchester CityPep GuardiolaLiga Primer InggrisVelez SarsfieldLiga Inggris

Berita Terkini