x

Soal Izin Pemain Persija dan Persib, PSSI: Saat Pelatih Menginginkan, Tak Boleh Menolak

Kamis, 19 April 2018 13:12 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Arum Kusuma Dewi
Dalam latihan ini, pemain diinstruksikan untuk bisa memanfaatkan peluang di depan gawang lawan lewat peluang sepak pojok.

Laga Persija Jakarta vs Persib Bandung baru akan berlangsung akhir bulan nanti tepatnya 28 April. Tetapi gaung dan hiruk pikuk terkait big match tersebut sudah dimulai dari sekarang. Dan, hal yang paling menyita perhatian adalah soal permintaan izin pemain dari kedua belah pihak.

Permintaan izin pemain tersebut dikarenakan baik Persija maupun Persib mengirimkan pemain andalan seperti Rezaldi Hehanusa, Andritany Ardhiyasa, dan Febri Hariyadi ke Timnas Indonesia yang akan bertanding pada 27 April di ajang PSSI Anniversary Cup 2018. Sementara laga big match Persija vs Persib akan terjadi sehari setelahnya.

Baca Juga

1. Utamakan Melawan Persib

Penjaga Gawang Persija Jakarta, Andritany Ardhiyasa.

Melihat situasi ini, Persija mengisyaratkan mengajukan permohonan izin ke PSSI. Bahkan Direktur Utama Macan Kemayoran, Gede Widiade memilih kehilangan Rezaldi dan Andritany di laga terakhir Piala AFC melawan Tampines Rovers dibanding tidak memainkan kedua pemain andalan itu di laga melawan Persib.

“Saya lebih mengutamakan yang lokal dulu melawan Persib, karena ini kan marwah, martabatnya orang Jakarta. Saya akan berusaha untuk berbicara dengan PSSI,” tutur Gede.


2. Ketegasan PSSI

Waketum PSSI, Joko Driyono pada acara diskusi PSSI Pers mengenai penyelenggaraan beberapa event sepakbola di Indonesia.

Hal yang sama juga dilaporkan akan ditempuh Persib Bandung. Maung Bandung kabarnya akan melobi PSSI akan mengizinkan Febri Hariyadi absen di laga perdana Timnas Indonesia melawan Bahrain agar bisa dimainkan keesokan harinya melawan Persija.

Melihat situasi di atas, Plt (pelaksana tugas sementara) ketua umum PSSI, Joko Driyono lantas memberikan jawaban tegas. Menurutnya, pemain yang sudah dipanggil pelatih ke Timnas Indonesia harus dan wajib datang.

"Semua punya keinginan yang sama. Kami pastikan bahwa saat pelatih menginginkan untuk Timnas, maka PSSI memanggil dan tidak boleh menolak. Titik," tegasnya.


3. Keinginan Pelatih

Pelatih Luis Milla memberi arahan kepada para pemainnya.

"Kami berdialog dengan pelatih. Prinsipnya PSSI memanggil pemain bukan keinginan pengurus, tetapi pelatih. Pelatih punya strategi dan pertimbangan," tambah Jokdri.

"Coach Luis menganggap bahwa tampil di AFC Cup itu mempunyai misi bukan sekadar atas nama klub tapi negara. Dua proses tadi menjadi jalur pematangan pemain juga. Oleh karenanya, coach Luis menyetujui pemain yang bergabung di Bali United dan Persija memperkuat timnya tampil di AFC Cup dan bergabung setelah itu."


4. Persija vs Persib

Persib Bandung vs Persija Jakarta.

Laga Persija vs Persib memang bakal menarik perhatian pada pekan depan. Pasalnya ini kali pertama Macan Kemayoran menjamu Maung Bandung di Jakarta setelah beberapa pertandingan terakhir selalu jadi tim musafir.

Rivalitas panjang antar kedua tim membuat kedua kubu ingin menurunkan pemain terbaik demi gengsi dan menjaga nama besar masing-masing kesebelasan.

Persib BandungPersija JakartaPSSIJoko DriyonoLiga IndonesiaLiga 1

Berita Terkini