x

Termasuk Simic, 5 Pemain Ini Sudah Cetak Hattrick di Piala AFC 2018

Senin, 23 April 2018 19:08 WIB
Editor: Ivan Reinhard Manurung
Marko Simic.

Sejak 22 Januari 2018 lalu, telah bergulir kompetisi kasta kedua klub-klub sepakbola antar negara di benua Asia, yakni Piala AFC 2018.

Kompetisi ini sendiri diikuti oleh 44 klub dari 26 negara berbeda. Ke-44 klub itu kemudian dibagi ke dalam sembilan kelompok berbeda untuk melakoni fase penyisihan grup.

Dalam turnamen tersebut, Indonesia menjadi negara yang turut serta mengirim perwakilan, yakni Persija Jakarta dan juga Bali United.

Selama hampir tiga bulan bergulir, Piala AFC 2018 telah menggelar sebanyak 94 pertandingan. Dari total pertandingan itu sendiri, setidaknya 280 gol bersarang ke gawang, dengan rata-rata 2,98 gol tercipta setiap laga.

Hebatnya, perolehan gol yang tercatat hingga kini di pargelaran Piala AFC 2018, ada yang banyak dicetak oleh satu pemain saja. Bahkan dalam satu pertandingan, ada pemain yang mampu mencatatkan namanya di papan skor hingga tiga kali alias hattrick.

Baca Juga

Namun, hanya beberapa pemain saja yang memiliki catatan gemilang tersebut. INDOSPORT pun berhasil merangkum sejumlah pemain yang sudah mencetak hattrick di Piala AFC 2018:


1. 1. Altymyrat Annadurdyyew

Altymyrat Annadurdyyew.

Pada babak pertama penyisihan Grup D Piala AFC 2018, pesta gol mewarnai laga antara wakil Kyrgyzstan, FC Alay Osh yang menjamu wakil Turkmenistan, Altyn Asyr FK pada 7 Maret 2018 lalu.

Selama 90 menit pertandingan yang digelar di Suyumbayev Stadion tersebut, setidaknya tercipta sembilan gol.

Salah satu penggawa Altyn FK sendiri menjadi sorotan lantaran mencetak hattrick, yakni di menit ke-19, 40, dan 84. Pertandingan itu sendiri berhasil dimenangkan oleh Altyn dengan skor 6-3.


2. 2. Marko Simic

Marko Simic.

Persija Jakarta benar-benar beruntung memiliki pemain sekaliber Marko Simic. Penyerang asal Kroasia ini mampu membuat Macan Kemayoran bersinar selama mengikuti Piala AFC 2018.

Ketika Persija menjamu Tampines Rovers di Gelora Bung Karno pada 28 Februari 2018, Simic menjadi mimpi buruk wakil Singapura dengan mencetak tiga gol sekaligus dalam kemenangan 4-1.

Tidak hanya sekali, Simic lagi-lagi mencetak hattrick  dan quatrick ketika Persija berhadapan dengan Johor Darul Ta'zim pada 10 April 2018 lalu. Tiga gol ia buat di babak pertama, sedangkan satu gol tambahan ia cetak melalui titik penalti di menit ke-87.

Torehan gol itu pun membuat Simic menjadi pemain pertama yang mencetak quatrick, sekaligus top skor sementara Piala AFC 2018 dengan catatan tujuh gol.


3. 3. Ali Ashfaq

Ali Ashfaq.

Satu-satunya wakil Maldives, New Radiant, sempat membuat kejutan di dua laga awal penyisihan Grup E Piala AFC 2018.

Kemenangan terbesar yang dirasakan oleh New Radiant itu sendiri tercipta kala mereka menjamu wakil India, Aizawl FC pada 14 Maret 2018.

Dalam pertandingan yang digelar di Rasmee Dhandu Stadium, New Radiant berhasil meraih kemenangan 3-1.

Menariknya, tiga gol kemenangan New Radiant tersebut dicetak oleh satu pemain saja, yakni Ali Ashfaq. Pemain kelahiran 6 September 1985 itu mencetak gol di menit ke- 40, 77, dan 85.


4. 4. Kim Yu-song

Kim Yu-song.

Telah disebutkan sebelumnya bahwa Marko Simic merupakan pemain pertama yang mencetak quatrick dalam fase penyisihan grup Piala AFC 2018.

Namun, Simic ternyata bukanlah pemain satu-satunya yang mencetak empat gol sekaligus dalam satu pertandingan. Masih ada nama penyerang Korea Utara, Kim Yu-song yang punya torehan sama.

Ketika klubnya, April 25 Sports Club menang telak 8-0 atas wakil Macau, Benfica de Macau pada 11 April 2018 lalu, Kim Yu mampu melesakkan empat gol.

Satu gol ia cetak di babak pertama, sedangkan tambahan tiga gol lagi ia hasilkan di babak kedua, tepatnya di menit ke-64, 77, dan 79.


5. 5. Bienvenido Maranon

Bienvenido Maranon.

Posisi Simic sebagai top skor sementara Piala AFC 2018 kini mendapat saingan nyata. Adalah penggawa Ceres-Negros, Bienvenido Maranon yang saat ini juga sudah mengoleksi tujuh gol.

Menariknya, dari total 7 gol tersebut, tiga diantaranya dicetak oleh pemain asal Spanyol itu dalam satu pertandingan.

Kejadian itu terjadi ketika Ceres melakoni laga tandang ke Olympic Stadium melawan wakil Kamboja, Boeung Ket Angkor di laga kelima penyisihan Grup F Piala AFC 2018.

Dimainkan sejak babak pertama, Bievenido mampu mencetak tiga gol dalam kemenangan 4-0 Ceres. Kemenangan itu pun membuat Ceres kini berada di puncak klasemen Grup F dengan catatan 13 poin.

Persija JakartaAFCAFC CupPiala AFCBola InternasionalMarko SimicPiala AFC 2018

Berita Terkini