x

Aksi Jakmania di Singapura Menuai Pujian dari Berbagai Kalangan

Selasa, 24 April 2018 23:23 WIB
Penulis: Arief Tirtana | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo

Bertandang ke Singapura menghadapi Tampines Rovers di pertandingan terakhir grup H Piala AFC 2018, Persija Jakarta berhasil tampil perkasa dengan meraih kemenagan 4-2.

Tampil lebih dominan dari tuan rumah, anak asuhan Stefano Cugurra Teco mampu memaksa Tampines seakan tidak tampil di kandangnya sendiri. Terlebih, ribuan Jakmania juga ikut memadati Stadion Jalan Besar, tempat pertandingan berlangsung.

Baca Juga

1. Jakmania

Dukungan Jakmania yang menyaksikan langsung laga Tampines Rovers vs Persija Jakarta di Jalan Besar Stadium.

Memang belum ada data resmi yang menyebutkan seberapa banyak Jakmania yang hadir langsung ke Singapura. Namun memang terlihat jelas, tidak sedikit Jakmania yang memadati bagian tribun Stadion kandang Tampines tersebut.

Bahkan dukungan dan nyanyian Jakmania yang hadir juga begitu terdengan menggema seantero stadion, mengalahkan dukungan dari suporter tuan rumah yang seakan tak terlihat.


2. Pujian Media Asing

Jakmania.

Begitu banyaknya Jakmania yang memadati stadion dengan warna orange kebanggaan Persija juga mendapat perhatian khusus dari salah satu media asing, Fox Sport.

Selain menyoroti keberhasilan Persija lolos sebagai juara grup H, media aasal Los Angeles itu secara khusus memuji loyalitas Jakmania dalam beberapa media sosisal mereka.

Di Twitter, Fox Sport menuliskan bahwa pertandingan tandang Persija tadi dihadiri oleh banyak fans Persija yang biasa disebut The Jakmania. Hal tersebut membuat laga tandang seakan kandang untuk skuat Macan Kemayoran. 

"Ini adalah pertandingan tandang, namun fans Persija (Jakmania) datang dalam jumlah yang banyak dan mengubah kondisi mereka (sebagai tim tandang jadi kandang) di Stadion Jalan Besar," tulis Fox Sports dalam bahasa Inggris.

Begitu pula di akun Instagram, mereka menuliskan kalimat yang memiliki makna hampir serupa, menyertai unggahan video aksi Jakmania di Stadion Jalan Besar yang mereka unggah.


3. Datang dengan Damai

Jakmania saat berfoto dengan pemain Tampines Rovers

Meski mengalahkan dominasi suporter tuan rumah, ribuan Jakmania yang hadir langsung ke Singapura ternyata mampu membuat suasana tetap kondusif. Tidak ada sedikitpun bentrokan yang terjadi.

Bahkan sebagian Jakmania, tertangkap kamera saat melakukan foto dengan salah satu penggawa Tampines Rovers usai pertandingan.

Lewat unggahan salah satu jurnalis Singapura, Matthew Mohan, empat orang Jakmania yang berasal dari Korwil Kalideres melakukan foto dengan pemain Tampines asal Jepang, Ryutaro Megumi di area luar stadion seusai pertandingan.

Persija JakartaAFCThe JakmaniaAFC CupPiala AFCBola InternasionalTampines RoversPiala AFC 2018

Berita Terkini