x

Lolos ke Final, Liverpool Akan Jadi Mimpi Buruk Real Madrid?

Kamis, 3 Mei 2018 06:43 WIB
Penulis: Arief Tirtana | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
Liverpool vs Real Madrid.

Usai memastikan diri melaju ke Final Liga Champions 2017/18 sehari silam, Real Madrid akhirnya dipastikan akan menghadapi Liverpool yang menyusul mereka, Kamis (03/05/18) dini hari WIB.

Kepastian Liverpool yang kaan menghadapi Real Madrid pada final yang berlangsung di Kiev pada 27 Mei 2018 seakan menjadi laga ulangan final tahun 1981 yang juga mempertemukan kedua tim tersebut.

Selain laga final tersebut, setelahnya Los Blancos melaju hingga enam kali ke partai pamungkas kompetisi klub-klub terbaik benua Eropa tersebut. Kapan dan menghadapi siapa saja? Berikut INDOSPORT merangkumnya.

Baca Juga

1. 4-1 vs Juventus (2017)

Pelatih Real Madrid, Zinedine Zidane sukses mengantarkan tim besutannya juara Liga Champions 2016/17.

Terbaru dan paling segar dalam ingatan penikmat sepakbola tentu adalah final Liga Champions musim lalu. Menghadapi raksasa Italia, Juventus, Los Blancos dengan perkasa menang dengan skor telak 4-1. Real Madrid pun sukses menggondol gelar ke-12 di dataran Eropa.


2. 1-1 vs Atletico (2016)

Real Madrid saat menjuarai Liga Champions 2015/16.

Semusim sebelumnya, Sergio Ramos dan kawan-kawan juga berhasil melaju ke partai puncak. Menghadapi rival sekotanya Atletico Madrid, Los Blancos hanya bermain imbang 1-1 hingga dua kali perpanjangan waktu.

Namun beruntung mereka bisa menggondol gelar ke-11 di Liga Champions, usai menang dalam adu penalti dengan skor akhir 5-3.


3. 4-1 vs Atletico (2014)

Atletico Madrid vs Real Madrid.

Menghadapi rival sekotanya Atletico Madrid di Final Liga Champions juga terjadi di final tahun 2014. Dalam pertemua pertama kedua klub di laga pamungkas UCL tersebut, Los Blancos juga menang secara dramatis.

Tertinggal 0-1 hingga penghujung babak kedua, Madrid sukses menyamakan kedudukan lewat Sergio Ramos di menit ke-90+3 dan memaksakan perpanjangan waktu.

Di perpanjangan waktu tersebutlah, Ronaldo dan kawan-kawan mulai menggila dnegan gelontoran tiga gol. Los Blancos pun menag dengan skor akhir 4-1, sekaligus menyabet gelar prestisiusnya La Decima.


4. 2-1 vs Bayer Leverkursen (2002)

Gol spektakuler Zidane ke gawang Bayer Leverkusen.

Memiliki skuat bertambur bintang pada medio 2002, klub yang saat itu diasuh Manajer Vicente del Bosque sukses menghajar wakil Jerman Bayer Leverkusen dengan skor 2-1 di partai puncak.

Selain merupakan gelar ke-9 bagi Los Blancos, laga tersebut juga dikenang berkat gol spektakuler gelandang mereka yang kini menjadi manajer mereka juga, Zinedine Zidane lewat tendangan voli langsung yang keras menghujam gawang kawalan Hans-Jorg Butt.


5. 3-0 vs Valencia (2000)

Real Madrid saat juara UCL 1999/00

Di awal milenium baru, Los Blancos juga berhadapan dengan wakil Spanyol dalam parati Final Liga Champions. Adalah Valencia, yang saat itu mereka kandaskan dengan mudah lewat gol Morientes, McManaman, dan Raul Gonzales.

Sementara Kelelawar Mestalla tak mampu mebalas sebijipun gol ke gawang Iker Casillas, Los Blancos pun menang telak dengan skor 3-0.


6. 1-0 vs Juventus 1998

Madrid - Juventus

Partai menghadapi Juventus ini menandai kebangkitan Real Madrid di era modern. Dan momen tersebut sukses ditorehkan Madrid dengan raihan sempurna, Piala Liga Champions ke-7 mereka usai menekuk Si Nyonya Tua dengan skor tipis 1-0.

Gol semata wayang Madrid kala itu berhasil disarangkan gelandang mereka asal Yugoslavia, Predag Mijatovic.


7. 0-1 vs Liverpool (1981)

Madrid - Liverpool

Jika di enam laga di atas Real Madrid selalu menang, tidak saat menghadapi Liverpool di final tahun 1981. Menghadapi tim yang juga calon lawan mereka di final tahun ini, Los Blancos menyerah dengan skor tipis 0-1.

Kekalahan Real Madrid kala itu, didapat secara dramatis di delapan menit seblum pertandingan berkahir. Adalah pemain Liverpool Alan Kennedy yang berhasil membawa mimpi buruk bagi Vicente del Bosque dan kawan-kawan kala itu.

Apakah hasil buruk tersebut akan kembali terulang bagi EL Real tahun ini, atau justru mereka akan berhasil membalaskan dendamnya kepada The Reds? Tunggu jawabanya pada partai final yang akan berlangsung 27 Mei 2018 nanti.

Real MadridLiverpoolLiga ChampionsBola Internasional

Berita Terkini