x

Tips Puasa di Bulan Ramadan dari Eks Liga Inggris yang Pernah Trial di Persija

Minggu, 20 Mei 2018 13:00 WIB
Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
Nathan Ellington saat trial di Persija.

Seluruh umat muslim di dunia, termasuk Indonesia telah melaksanakan ibadah puasa yang dimulai pada Kamis (17/05/18) lalu.

Hal tersebut membuat pertandingan sepakbola di Indonesia dilaksanakan berbeda dengan hari-hari biasanya, yakni usai berbuka puasa selama bulan Ramadan ini.

Tentunya dengan pengunduran jam kick-off itu membuat para pesepakbola yang menjalani ibadah puasa, sangat bersyukur karena Indonesia penduduknya adalah mayoritas muslim, termasuk para pesepakbola asing yang beragama Islam.

Meskipun begitu, tidak sedikit pula para pemain muslim Indonesia yang kerap mengalami kesulitan untuk mengatur ritme asupan yang baik dan benar, agar dapat menjaga kestabilan tubuh dan tetap tampil prima di atas lapangan.

Di sini, salah satu mantan pemain klub Liga Primer Inggris yang juga pernah menjalani trial di Persija Jakarta, Nathan Ellington, memberikan beberapa tips penting kepada pesepakbola yang menjalani puasa.

Baca Juga

1. Membatalkan Puasa dengan Kurma dan Susu

Nathan Ellington saat trial di Persija

Dirinya mengatakan bahwa jenis asupan makanan sangat penting untuk pesepakbola yang tengah menjalani puasa di bulan Ramadan. Meskipun, dirinya mengakui sangat banyak makan ketika membatalkan puasanya.

"Saat matahari terbenam (Maghrib) saya secepat mungkin membatalkan puasa dengan kurma dan susu atau air putih. Saya kemudian akan makan besar, baik saat di rumah atau di masjid,” ucapnya dilansir dari FourFourTwo.


2. Lebih Suka Makan Daging Merah

Nathan Ellington dan Benny Dollo saat di Persija.

Nathan lebih menyukai makan makanan yang bersifat daging ketika membatalkan puasanya. Baik itu daging merah (sapi, kambing), maupun daging putih (ayam).

“Biasanya saya makan nasi dengan daging kambing, tapi juga bisa dengan apa pun yang terbuat dari ayam, daging sapi, atau daging kambing dengan nasi atau pasta. Saya juga berusaha secara rutin makan buah-buahan pada malam hari,” tuturnya menambahkan.


3. Sahur dengan Makanan yang Ringan dan Tinggi Karbohidrat

Nathan Ellington saat memperkuat West Bromwich Albion, 2005.

Sedangkan saat sahur, Nathan memberikan tips dengan makan satu jam sebelum salat subuh. Makanan yang dimakan pun tidak berat, yakni hanya semangkuk bubur dengan pisang iris. Kedua makanan tersebut merupakan sumber karbohidrat, yang dapat memberikan energy ketika menjalani puasa di siang hari.

"Salat subuh biasanya dilakukan sebelum matahari terbit: biasanya jam empat pagi, jadi saya bangun jam tiga pagi lalu makan semangkuk bubur dan pisang iris,” tambahnya.

“Keduanya merupakan sumber karbohidrat dan memberikan saya energi yang pelepasannya dilakukan secara perlahan. Keduanya juga memberikan saya tenaga yang saya butuhkan untuk latihan atau untuk menjalani pertandingan,” tutupnya.

PuasaPuasa RamadhanBola InternasionalRamadanRamadan 2018

Berita Terkini