x

Meninggalnya Bonek dan Jakmania Tambah Daftar Korban Jiwa di Sepakbola

Selasa, 22 Mei 2018 14:24 WIB
Penulis: Tiyo Bayu Nugroho | Editor: Ivan Reinhard Manurung

Baru-baru ini sepakbola Indonesia kembali dirundung duka mendalam. Lantaran ada dua suporter penikmat si kulit bundar harus meregang nyawa.

Korban pertama diketahui merupakan pendukung Persebaya Surabaya Bonek bernama Dio yang berusia 16 tahun. Lalu kedua ada dari suporter Persija Jakarta The Jakmania bernama Rizky Febriansyah.

Baca Juga

1. Kronologi Kejadian

Dio, Bonek yang tewas bersama Jakmania

Keduanya menjadi korban tabrak lari sebuah truk kala almarhum Rizky dan Dio berboncengan sepeda motor untuk berjalan-jalan mengelilingi Kota Pahlawan, sebelum Rizky pulang ke Jakarta menggunakan moda transportasi kereta api di Stasiun Gubeng.

Korban langsung dilarikan ke Rumah Sakit Dr. Soetomo, Surabaya. Akan tetapi nyawa almarhum suporter tersebut tak bisa diselamatkan lagi. Parahnya pengemudi truk yang menabrak korban langsung melarikan diri.


2. Tambah Daftar

Data suporter sepakbola tewas.

Dengan meninggalnya Rizky dan Dio juga menambah daftar korban nyawa akibat sepakbola di Tanah Air. Dari data Lembaga Penelitian dan Pengembangan (Litbang) Save Our Soccer (SOS), kedua suporter tersebut merupakan korban ke-69 dan 70 sejak era Liga Indonesia bergulir pada 1994/1995.

Sebelumnya, hingga 2017 lalu korban meninggal karena sepakbola menelan hingga 66 nyawa yang melayang.


3. April 2018

Kordinator Fans Persebaya, Sidik Alex Tualeka, sedang berbincang dengan keluarga almarhum Micko Pratama.

Sebelum insiden dua suporter ini, ada juga kejadian yang menimpa penggemar Persebaya Bonek bernama Micko Pratama. Dirinya tewas dikeroyok usai menyaksikan laga tim kebanggaannya melawan PS TIRA di Stadion Sultan Agung, Bantul, Jumat (13/04/18).

Lalu ada juga salah satu Aremania yang bernama Imam Shokhib yang ikut menjadi korban akibat sepakbola. Imam tewas lantaran ia mengalami kecelakaan usai menonton laga Arema FC kontra Persib Bandung pada Minggu (15/04/18).


4. Daftar Korban Per Klub

Data suporter sepakbola tewas.

Khusus suporter Persebaya Surabaya Dio menjadi korban ke-17 sejauh ini. Sedangkan untuk Rizky Febriansyah menjadi korban kedelapan bagi Persija Jakarta. Hal itu menurut data dari Litbang SOS.

Tentunya kejadian memilukan ini menambah catatan hitam di dunia sepakbola Indonesia. Sehingga sudah sepatutnya penikmat si kulit bundar harus menurunkan ego dan saling berangkulan untuk membawa perubahan di sepakbola Bumi Pertiwi ini.

Persebaya SurabayaPersija JakartaIndonesiaThe JakmaniaSuporter sepakbolaSuporterBonekSuporter Pecinta Sepakbola NasionalLiga IndonesiaSave Our Soccer (SOS)

Berita Terkini