x

Benitez: Hidup Klopp Akan Berubah Jika Menang Liga Champions

Kamis, 24 Mei 2018 17:25 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Yohanes Ishak
Jurgen Klopp dan Rafael Benitez.

Liverpool tengah bersiap untuk menghadapi Real Madrid di final Liga Champions yang akan berlangsung di Stadion Olimpiyskiy, Kiev Ukraina, Minggu (27/05/18). Tak sabar ingin melihat mantan klubnya berlaga, Rafael Benitez mengenang kesuksesannya di Liga Champions di tahun 2005 lalu.

Baca Juga

Manajer asal Spanyol itu menuntun Liverpool meraih gelar Liga Champions mengalahkan AC Milan pada tahun 2005. Saat itu Liverpool sempat ketinggalan 0-3 pada babak pertama, lalu berhasil menyamakan babak kedua dan diakhiri dengan adu penalti yang dimenangkan oleh The Reds.

Kini kenangan di Istanbul, Turki itu masih membekas di benak Benitez yang diakuinya sangat mengubah hidupnya sejak saat itu. Pelatih yang kini menangani Newcastle United tersebut pun ingin pelatih Liverpool saat ini, Jurgen Klopp merasakan hal yang sama dengannya jika Liverpool memenangkan final atas Real Madrid pada akhir pekan ini.


1. Kenangan Benitez

Mantan kapten dan pelatih Liverpool, Steven Gerrard (kiri) dan Rafael Benitez.

Diakui Benitez bahwa sejak membawa Liverpool mengangkat trofi Liga Champions dulu, kariernya di Inggris mulai berubah. Sebelumnya ia memang sukses menukangi klub Spanyol, Valencia, namun berbeda jauh jika membawa kesuksesan klub Inggris.

“Kemenangan itu mengubah hidup saya di Inggris," kata Benitez dilansir FourFourTwo.

“Memenangkan La Liga Spanyol dengan Valencia setelah puasa gelar 31 tahun tentu mengubah hidup saya. Memenangkan Piala UEFA dengan Valencia juga mengubah hidup saya, itu mengubah segalanya,” lanjut pelatih berusia 58 tahun itu.

“Tetapi saat melatih klub Inggris dan memenangkan Liga Champions dengan tim yang berbeda menjadi hal yang besar.”

"Mungkin itu (Final Liga Champion) juga akan mengubah segalanya bagi (Jurgen) Klopp di Liverpool. Dia baik-baik saja dan diidolakan sekarang, tapi dia akan mencapai lebih dari itu.”


2. Skuat Liverpool Saat Ini Lebih Baik

Liverpool berhasil lolos dengan agregat 5-1 atas Manchester City

Sejak saat itu hingga sekarang, Benitez masih dihormati oleh para penggemar Liverpool atas kesuksesannya tersebut. Melihat kekuatan Liverpool saat ini, Benitez yakin skuat Jurgen Klopp bisa menghadapi Real Madrid daripada skuatnya saat menenangkan kompetisi tersebut.

“Menurut saya, tim Klopp saat ini lebih baik. Kami mencapai apa yang kami capai, kami teringat tentang 'Miracle of Istanbul', tetapi tim ini lebih baik,” ujar Benitez.

“Skuat Klopp memiliki keseimbangan yang baik, apalagi dengan tiga pemain depan (Salah, Mane dan Firmino) tentu akan membuat perbedaan besar nanti,” imbuhnya.


3. Kekuatan Lini Serang Liverpool

Mohamed Salah, Sadio Mane, dan Roberto Firmino.

Benitez juga mengakui bahwa kesuksesan Liverpool mencapai final Liga Champions adalah sebuah kebanggaan tersendiri. Kubu besutan Klopp dikenal dengan pemain penyerangnya yang diyakini bisa membawa tim melangkah lebih tinggi dan mengangkat trofi lagi.

“Perbedaan antara Liga Primer dan liga-liga lain adalah intensitas pertandingan. Liverpool dengan pemain ofensif mereka, lini tengah dan pertahanan mereka memiliki intensitas yang akan mengoyak Anda, jika The Reds melakukannya dengan baik,” jelas pelatih yang pernah menangani Chelsea dan Real Madrid tersebut.

“Real Madrid klub yang berpengalaman dari Liverpool, tetapi Liverpool dapat memenangkannya dengan energi, semangat dan kemauan,” tutup Benitez.

LiverpoolLiga ChampionsJurgen KloppRafael Benitez

Berita Terkini