x

Profil Tim Piala Dunia 2018: Serbia

Rabu, 30 Mei 2018 20:08 WIB
Penulis: Matheus Elmerio Giovanni | Editor: Arum Kusuma Dewi
Skuat Timnas Serbia.

Dalam hitungan hari, turnamen terbesar sepakbola antar negara, Piala Dunia 2018 akan segera dihelat di Rusia. Kompetisi empat tahunan ini akan digelar pada tanggal 14 Juni hingga 15 Juli 2018 mendatang.

Semakin dekat dengan hari H, beberapa media olahraga pun mencoba menyajikan profil masing-masing peserta Piala Dunia, tidak luput dari perhatian adalah Timnas Serbia.

Baca Juga

Serbia sendiri memang merupakan salah satu tim yang kembali bermain di Piala Dunia 2018 usai gagal lolos kualifikasi pada edisi sebelumnya tahun 2014 di Brasil.

Cukup menarik untuk membahas seberapa siap Serbia untuk menghadapi kompetisi paling besar di dunia sepakbola. Pasalnya, menurut data yang dicatat soccerway.com, dari 10 penampilan terakhir di semua ajang, Serbia sukses mencatat 6 kemenangan, 2 hasil imbang, dan 2 kekalahan.


1. Daftar Skuat yang Akan Dibawa ke Piala Dunia 2018

Selebrasi para pemain Serbia usai kalahkan Irlandia.

Sama seperti negara-negara Eropa Timur lainnya, entah kenapa, Serbia juga akan berharap penuh kepada kekuatan lini tengah mereka untuk Piala Dunia 2018. 

Ada Nemanja Matic yang saat ini memperkuat Manchester United dan juga Sergej Milinkovic-Savic, wonderkid dari Lazio. Sementara di lini depan, mereka akan mengandalkan striker jangkung Aleksandar Mitrovic.

Kiper: Vladimir Stojkovic (Partizan Belgrade), Predrag Rajkovic (Maccabi Tel Aviv), Marko Dmitrovic (Eibar), Aleksandar Jovanovic (Aarhus).

Bek: Aleksandar Kolarov (AS Roma), Branislav Ivanovic (Zenit St. Petersburg), Dusko Tosic (Guangzhou R&F), Antonio Rukavina (Villarreal), Milos Veljkovic (Werder Bremen), Milan Rodic (Red Star Belgrade), Uros Spajic (Krasnodar), Matija Nastasic (Schalke 04), Nikola Milenkovic (Fiorentina).

Gelandang: Nemanja Matic (Manchester United), Luka Milivojevic (Crystal Palace), Sergej Milinkovic-Savic (Lazio), Marko Grujic (Liverpool), Adem Ljajic (Torino), Dusan Tadic (Southampton), Mijat Gacinovic (Eintracht Frankfurt), Filip Kostic (Hamburg SV), Andrija Zivkovic (Benfica), Nemanja Radonjic (Red Star Belgrade), Nemanja Maksimovic (Valencia).

Penyerang: Aleksandar Mitrovic (Newcastle United), Aleksandar Prijovic (PAOK Salonika), Luka Jovic (Benfica).


2. Perkiraan Starting Line-up

Perkiraan Starting Timnas Serbia di Piala Dunia 2018.

Seperti yang sudah dijelaskan, formasi 3-4-3 akan dipakai oleh Serbia di Piala Dunia 2018, karena kekuatan lini tengah mereka. 

Lini tengah akan dikomandoi oleh Matic yang cukup berpengalaman dan menjadi salah satu pemain top di Liga Primer Inggris, bersama dengan Milivojevic. Sementara Aleksander Kolarov akan diharapkan mampu mengirimkan umpan-umpan silang dari sisi sayap lapangan.

Jika dilihat-lihat, nampaknya lini belakang Serbia juga diisi oleh para pemain bertahan yang cukup mumpuni. Dengan Matija Nastasic, Nikola Maksimovic, dan Branislav Ivanovic.

Di depan ada Dusan Tadic dan Filip Kostic yang siap membuka jalan untuk Mitrovic mengancam gawang lawan di Piala Dunia nanti.


3. Player to Watch - Nemanja Matic

Nemanja Matic berseragam Timnas Serbia.

Berusia 29 tahun dan menjadi salah satu pemain hebat di Liga Primer Inggris, tentunya kualitas Matic tidak perlu diragukan lagi. 

Pemain yang pernah menjuarai Liga Primer Inggris bersama Chelsea ini, pindah ke Manchester United di musim panas lalu. Bersama Man United, dia terus menjadi pilihan pertama untuk Jose Mourinho.

Menurut transfermarkt.com, Nemanja Matic sudah tampil sebanyak 49 kali, dengan mencetak 2 gol dan 4 assists di semua kompetisi yang diikuti Man United. Sementara untuk kiprahnya di tim nasional, dia sudah bermain sebanyak 36 kali dengan catatan dua gol.


4. Rising Star - Sergej Milinkovic-Savic

Sergej Milinkovic-Savic.

Pemain berusia 23 tahun ini merupakan salah satu wonderkid yang paling diincar di belantika sepakbola Eropa. Bagaimana tidak, sejak musim panas 2017 lalu, klub sebesar Manchester United terus dikabarkan berminat kepadanya.

Benar saja, dari 38 pertandingan Serie A Italia yang dilakoni Lazio di musim 2017/18, Milinkovic-Savic diturunkan sebanyak 35 kali, dengan mencetak sebanyak 12 gol dan 4 assists. Keseluruhan, dia tercatat tampil sebanyak 48 kali, dengan 14 gol dan 9 assists di semua kompetisi musim lalu.


5. Fakta-fakta Menarik Timnas Serbia

Kualifikasi Piala Dunia 2018: Serbia 1-0 Georgia.

Timnas Serbia mampu menjuarai Grup D Kualifikasi Piala Dunia zona Eropa dengan mengantongi sebanyak 21 poin.

Dari 10 pertandingan kualifikasi yang sudah dilakoni, Serbia mampu mencatat 6 kemenangan, 3 kali imbang dan hanya sekali kalah.

Pencapaian terbaik Timnas Serbia di sepanjang sejarah Piala Dunia adalah mampu mencapai peringkat ke-4 pada edisi 1962 silam yang diselenggarakan di Chile.

Bek veteran Timnas Serbia, Aleksandar Kolarov sukses menjadi andalan AS Roma di musim ini. Terbukti, dirinya mampu mengantarkan klub ibu kota Italia itu ke semifinal Liga Champions untuk pertama kalinya dalam 34 tahun terakhir.

Matic merupakan salah satu gelandang bertahan terbaik yang dimiliki dunia sepakbola saat ini. Dia bahkan sudah 2 kali menjuarai Liga Primer Inggris, saat bersama Chelsea di musim 2014/15 dan musim 2016/17.


6. Prediksi di Piala Dunia 2018

Timnas Serbia.

Meski raihan terbaiknya tercipta pada Piala Dunia 1962 silam, dengan skuat yang diperkuat oleh Nemanja Matic, Aleksandar Kolarov dan bintang muda seperti Sergej Milinkovic-Savic, Serbia bisa jadi kuda hitam di Rusia nanti.

Tergabung di Grup E Piala Dunia 2018 bersama Brasil, Kosta Rika, dan Swiss, tentunya Serbia berada di grup yang cukup sulit. Brasil tentu harus diwaspadai oleh mereka, tapi Kosta Rika juga kuat dengan sosok kiper seperti Keylor Navas.

Jika mampu menang atas Kosta Rika di laga pertama Grup E, langkah Serbia bisa saja mudah untuk bisa lolos ke babak selanjutnya. Dengan kekuatan lini tengah, mereka bisa saja menang menghadapi Swiss dan hanya tinggal menahan imbang Brasil di laga terakhir.

Berhasil lolos ke 16 besar nampaknya sudah menjadi target paling masuk akal untuk Timnas Serbia di Rusia nanti.

SerbiaNemanja MaticBola InternasionalSergej Milinkovic-SavicProfil Tim Piala Dunia 2018

Berita Terkini