x

Sanksi Terbaru Komdis PSSI: Persib Hingga Persija 'Kompak' Kena Denda

Sabtu, 2 Juni 2018 21:08 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Isman Fadil
Persib Bandung dan Persija Jakarta

Komite disiplin (Komdis) PSSI telah merilis daftar sanksi dan hukuman kepada klub terkait semua kejadian di pekan ke-10 Liga 1 2018. Menariknya, klub-klub papan atas dan sarat sejarah seperti Sriwijaya FC, Persib Bandung, Persija Jakarta, Arema FC hingga Madura United terpaksa menghadapi hukuman yang cukup berat.

Baca Juga

1. Sriwijaya FC

Pemain Sriwijaya FC, Alberto Gonçalves.

Klub asal Sumatera Selatan, Sriwijaya FC harus membayar denda Rp150 juta akibat penyalaan flare, smoke bomb dan kembang api pada laga Sriwijaya FC vs PSIS Semarang, 22 Mei lalu saat tim Laskar Wong Kito menang 4-0.


2. Arema FC

Skuat Arema saat ditaklukkan PSMS Medan.

Berikutnya, giliran Arema FC yang diwajibkan membayar Rp100 juta dengan perincian Rp50 juta akibat dianggap tidak fair play setelah mengoleksi 5 kartu kuning dalam satu pertandingan melawan Bhayangkara FC, 22 Mei lalu, dan Rp50 juta lainnya dikarenakan suporter Arema FC berhamburan turun ke lapangan saat Singo Edan menang 4-0.


3. Ofisial Persib Bandung

Asisten pelatih, Fernando Soler.

Sementara salah satu ofisial Persib Bandung, Fernando Soler dilarang mendampingi tim di bench dalam dua laga. Selain itu, Maung Bandung juga diminta membayar denda senilai Rp25 juta akibat ulah Soler yang protes berlebihan terhadap wasit sedangkan jabatannya dalam tim sebagai interpreter (penerjemah) saat Persib Bandung menang 3-0 atas PSM Makassar, 23 Mei lalu.


4. Pemain dan Pelatih Persebaya

Pelatih Persebaya Surabaya, Angel Alfredo Vera.

Selanjutnya, pemain Persebaya Surabaya, Moch Irfan Febrianto dilarang bermain sebanyak empat pertandingan dan didenda Rp50 juta karena melakukan protes ke wasit dengan cara mendorong wasit saat Bajul Ijo bermain imbang 2-2 melawan Madura United, 25 Mei 2018.

Tak hanya itu, pelatih Persebaya, Angel Alfredo pun diganjar denda Rp25 juta setelah protes berlebihan dengan cara menendang botol masih dalam laga yang sama.


5. Madura United

Suporter Madura United menyalakan flare.

Namun, bukan hanya Persebaya yang kena sanksi. Madura United  pun mengalami hal serupa dengan harus membayar denda Rp100 juta akibat ada penyalaan flare dan petasan saat menjamu tim Bajul Ijo di Stadion Ratu Pamelingan, Pamekasan, Madura.


6. Striker Persija Jakarta

Marko Simic bersama Addison Alves merayakan gol.

Terakhir, pemain Persija Jakarta, Marko Simic harus rela duduk di tribun dalam empat laga mendatang setelah disanksi Komdis PSSI. Hal itu terjadi akibat striker Kroasia itu tertangkap dengan sengaja menyikut lawan pemain Persipura Ian Louis Kabes saat kedua tim bertemu 25 Mei lalu. Simic juga denda sebesar Rp20 juta.

Persebaya SurabayaPersib BandungPersija JakartaSriwijaya FCKomisi Disiplin PSSIMadura United FCLiga IndonesiaArema FCLiga 1Fernando Gaston SolerMarko Simic

Berita Terkini