x

Pelatih Inggris: Kami Punya Cara Lawan Rasisme di Piala Dunia 2018

Kamis, 7 Juni 2018 13:33 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Yohanes Ishak
Gareth Southgate, Pelatih Timnas Inggris.

Satu hal yang dikhawatirkan Tim Nasional Inggris saat menginjakkan kaki di Rusia untuk turnamen Piala Dunia 2018 adalah masalah rasisme. Namun, manajer Three Lions, Gareth Southgate telah menegaskan timnya memiliki cara sendiri melawan rasisme.

Baca Juga

Danny Rose, bek kiri Inggris, salah satu pemain yang melarang keluarganya untuk datang ke Rusia karena khawatir akan keamanan mereka, setelah pernah mengalami pelecehan ras saat bermain untuk Inggris U-21 di Serbia tahun 2012 silam.

Hal tersebut lalu menjadi perhatian Southgate yang tidak ingin timnya gagal ke Piala Dunia hanya karena pelecehan ras, sehingga ia mempersiapkan cara untuk mengantisipasi pelecehan ras yang dilakukan oleh penggemar Rusia nanti.


1. Sudah Ada Rencana

Skuat Timnas Inggris saat sedang latihan.

Manajer Three Lions itu mengatakan sudah ada cara untuk menangani munculnya insiden rasisme itu di Rusia namun tidak mungkin jika skuatnya harus walk-off dari pertandingan.

“Para pemain, seperti orang lain, tidak sungguh-sungguh tahu apa yang diharapkan,” kata Southgate dilansir Sportsmole. “Kami telah membicarakan hal itu. Kami semua berharap ini (Piala Dunia) akan berjalan dengan baik, tetapi kami membicarakan kasus rasisme yang terjadi.”

“Kami sudah membuat rencana. Kami memiliki dukungan personal, dukungan tim dan protokol resmi,” lanjut Southgate.


2. Tidak Mungkin Walk-off

Skuat Timnas Inggris bersama John Stones

Southgate yakin bahwa aksi walk-off sebagai protes akan pelecehan ras tidak akan membantu masalah itu terselesaikan sebagaimana ia meyakini bahwa Inggris bisa menjadi contoh dari salah satu tim dengan banyak ras.

“Idealnya, orang-orang akan mengatakan ‘Anda seharusnya melakukannya'(walk-off dari lapangan) tetapi ini menjadi kenyataan bahwa Anda akan meninggalkan pertandingan begitu saja,” kata Southgate.

“Saya tidak berpikir para pemain akan melakukannya karena mereka telah bekerja keras untuk mencapai Piala Dunia.”


3. Denda Kepada FA Rusia

Danny Rose saat berlatih dengan Timnas Inggris jelang laga persahabatan menghadapi Nigeria pekan lalu.

Danny Rose pernah menghadapi pelecehan ras saat membela Inggris, dimana ia pernah diejek ‘monyet’ selama pertandingan. Akibatnya, FA Serbia dikenai sanksi sebesar 80 ribu euro, dan Rose keluar dari lapangan setelah terlibat perkelahian dengan pemain lawan.

Baru-baru ini Federasi Sepakbola Rusia telah dikenai denda sebesar 25 ribu euro atau sekitar Rp oleh badan sepakbola dunia FIFA menyusul pelecehan rasis oleh para suporter selama pertandingan persahabatan melawan Prancis.

Berikut Jadwal Pertandingan Piala Dunia 2018:

Terus ikuti berita terbaru INDOSPORT dengan topik: PIALA DUNIA 2018 RUSIA

InggrisPiala Dunia 2018Danny RoseGareth SouthgateBola InternasionalRasisme

Berita Terkini