x

Profil Tim Piala Dunia 2018: Tunisia

Senin, 11 Juni 2018 17:37 WIB
Editor: Abdurrahman Ranala
Skuat Timnas Tunisia.

Tunisia lolos ke Piala Dunia 2018 dengan rekor tak terkalahkan selama babak kualifikasi. Dari 6 pertandingan di Grup A Kualifikasi Piala Dunia 2018 Zona Afrika, Tunisia meraih 4 kemenangan dan 2 hasil imbang. 

14 poin yang mereka kumpulkan tak mampu dikejar para pesaingnya dan sudah cukup untuk mengantarkan Tunisia ke Piala Dunia 2018. Tunisia menyingkirkan Kongo, Libya, dan Guinea untuk lolos ke Piala Dunia 2018. 

Dan Tunisia menjadi salah satu kuda hitam di Piala Dunia 2018. Dari hasil drawing, Tunisia tergabung bersama Inggris, Belgia, dan Panama di Grup G Piala Dunia 2018. 

Sebelum menyaksikan kiprah Timnas Tunisia di Piala Dunia 2018, INDOSPORT terlebih dahulu akan menyajikan profil Timnas Tunisia. Mulai dari perkiraan pemain, starting XI, dan juga pemain yang diprediksi akan bersinar bersama Les Aigles de Carthage. 

Baca Juga

1. 1. Daftar Pemain

Isco coba merebut bola dari pemain Tunisia.

23 pemain telah dipanggil oleh pelatih Nabil Maaloul untuk memperkuat tim asuhannya. Beberapa pemain yang dipanggil merupakan pemain yang berkarier di liga-liga Eropa. 

Berikut skuat lengkap Tunisia untuk Piala Dunia 2018:

Penjaga gawang: Farouk Ben Mustapha (Al Shabab), Moez Hassan (Chateauroux), Aymen Mathlouthi (Al Batin)

Belakang: Rami Bedoui (Etoile Sahel), Yohan Benalouane (Leicester City), Syam Ben Youssef (Kasimpasa), Dylan Bronn (Ghent), Oussama Haddadi (Dijon), Ali Maaloul (Al Ahly), Yassine Meriah (CS Sfaxien), Hamdi Nagguez (Zamalek)

Tengah: Mohamed Amine Ben Amor (Al Ahly Jeddah), Ghaylene Chaalali (Esperance), Ahmed Khalil (Club Africain), Seifeddine Khaoui (Troyes), Wahbi Khazri (Stade Rennes), Ferjani Sassi (Al Nassr), Elyes Skhiri (Montpellier)

Depan: Fakhreddine Ben Youssef (Al Ittifaq), Anice Badri (Esperance), Saber Khalifa (Club Africain), Naim Sliti (Dijon), Bassem Srarfi (Nice).


2. 2. Perkiraan Starting Line Up

Starting Timnas Tunisia Piala Dunia 2018.

Pelatih Nabil Maaloul menyukai formasi 4-2-3-1 yang diterapkan sebagai pakem utama. Dengan memaksimalkan peran para penyerang sayap sebagai kunci permainan Tunisia. 

Kiper: Aymnen Mathlouthi

Aymnen Mathlouthi akan dipercaya sebagai penjaga gawang utama sekaligus kapten tim. Pengalaman kiper berusia 33 tahun ini tak perlu diragukan lagi. 

70 caps bersama Timnas Tunisia menjadi salah satu buktinya. 

Pemain Belakang: Maaloul, Ben Yousef, Meriah, Bronn.

Kombinasi yang pas di lini belakang Tunisia diisi dengan perpaduan antara pemain senior dan pemain junior. Keempat orang ini siap menghadang serangan dari lawan-lawan mereka di Piala Dunia 2018. 

Pemain Tengah: Skhirl, Sassl, Badri, Khaoul, Ben Youssef.

Dengan menempatkan satu gelandang bertahan, satu gelandang pengangkut air, serta satu trequartista yang berdiri sedikit di belakang kedua sayap, Tunisia punya keseimbangan untuk menyerang dan bertahan dari lini tengah. 

Pemain Depan: Naim Sliti

Tiga gol dari 20 penampilannya bersama Tunisia menjadikan penyerang berusia 25 tahun ini menjadi pilihan utama sebagai ujung tombak Tunisia. 


3. 3. Player to Watch

Luapan kebahagian pemain Tunisia usai memastikan lolos ke Piala Dunia 2018.

Saber Khalifa

Saber Khalifa menjadi satu dari tiga pemain paling senior di skuat Tunisia. 45 caps menjadi buktinya, Khalifa yang berposisi sebagai penyerang sudah memperkuat Tunisia sejak tahun 2010 lalu. 

7 gol dan 8 assist sudah ia sumbangkan selama membela Timnas Tunisia di berbagai ajang. 


4. 4. Rising Star

Timnas Tunisia di Piala Afrika 2017.

Ellyes Skhiri

Ellyes Skhiri merupakan pemain muda yang mencuri perhatian pelatih Nabil Maaloul. Gelandang bertahan berusia 23 tahun ini memulai debutnya sejak bulan Maret 2018 lalu. 

Skhiri yang kini bermain untuk klub Prancis, Montpellier, akan menjadi kunci di lini tengah. Skhiri akan menjadi pemutus serangan dan pemutus aliran bola dari lawan. Skhiri juga akan menjaga ketat pemain andalan lawan. 


5. 5. Fakta Menarik Timnas Tunisia

Andres Iniesta saat membawa bola mendapat gangguan dari pemain Tunisia.

- Tunisia baru 5 kali mengikuti Piala Dunia termasuk di Piala Dunia 2018. 

- Selama keikutsertaan di Piala Dunia, Tunisa tak pernah lolos dari fase grup. 

- Meski Tunisia tak berprestasi di Piala Dunia, Tunisa pernah meraih gelar Piala Afrika, dan Piala Negara Arab. 


6. 6. Prediksi Langkah Tunisia

Pelatih Timnas Tunisia, Nabil Maaloul.

Di Piala Dunia 2018 pun langkah Tunisia diprediksi tak akan jauh. Tunisia yang tergabung bersama Inggris, Belgia, dan Panama akan menyulitkan langkah mereka. 

Tunisia kemungkinan hanya akan mengisi peringkat ke-3 Grup G. 

Piala DuniaPiala Dunia 2018TunisiaBola InternasionalProfil Tim Piala Dunia 2018

Berita Terkini