x

4 Jejak Emas Pemain Asia di Piala Dunia

Rabu, 20 Juni 2018 06:45 WIB
Editor: Lanjar Wiratri
Tim Cahill - Australia.

Ajang Piala Dunia menjadi salah satu pembuktian para pesepakbola dunia untuk membuktikan diri mereka sebagai pahlawan tim. Piala Dunia bukan cuma dominasi Negara Eropa dan Amerika Latin semata, namun ada pula negara-negara Asia yang juag turut berpartisipasi.

Baca Juga

Meski dalam sejarahnya, negara-negara Asia belum pernah menjadi juara Piala Dunia, namun lima pemain ini sukses menorehkan jejaknya di gelaran Piala Dunia. Mereka tampil luar biasa sehingga mencuri perhatian di pesta sepakbola terbesar di dunia tersebut.


1. Sami Al Jaber – Arab Saudi

Sami Al Jaber – Arab Saudi.

Arab Saudi akan menghadapi tuan rumah, Rusia, di laga pembuka Piala Dunia 2018 pada 14 Juni 2018 mendatang. Di hari itu, tepat 12 tahun Sami Al Jaber sukses mencetak gol terakhirnya untuk Arab Saudi di Piala Dunia Jerman 2006.

Gol tersebut dicetak Sami saat Arab Saudi menantang Tunisia di Allianz Arena. Gol tersebut membawa Sami Al Jaber mencatatkan namanya sebagai pemain Asia pertama yang mencetak gol di tiga edisi terakhir Piala Dunia.


2. Tim Cahill - Australia

Tim Cahill - Australia.

Rekor Sami Al Jaber sebagai pemain Asia yang mencetak tiga gol berturut-turut di tiga edisi Piala Dunia dalam delapan tahun terakhir juga dipegang oleh Tim Cahill. Dua hari sebelum Al Jaber mencetak gol terakhirnya di Piala Dunia, Tim Cahill mencetak gol pertamanya di ajang tersebut.

Tim Cahill kala itu sukses membawa Timnas Australia membungkam Jepang dengan skor 3-1 di Piala Dunia 2010. Namun penampilan Cahill di Piala Dunia 2010 Brasil sempat tercoreng kala ia diganjar kartu merah di pertandingan perdana melawan Jerman sehingga tak bisa bermain di laga kedua melawan Ghana.


3. Mehdi Mahdavikia – Iran

Mehdi Mahdavikia – Iran

Salah satu pertandingan Iran yang paling diingat di Piala Dunia ialah saat menghadapi America Serikat pada 1988. Iran sukses mencatatkan kemenangan satu-satunya Piala Dunia kala itu dengan menumbangkan Tim Negeri Paman Sam 2-1.

Masing-masing gol Iran diciptakan oleh Hamid Estili pada menit ke-40 dan Mehdi Mahdavikia pada menit ke-84. Amerika Serikat hanya hanya mampu memperkecil kekalahan menjadi 2-1 lewat gol Brian McBride.


4. Hong Myung-bo – Republik Korea

Hong Myung-bo – Republik Korea.

Kapten Korea Selatan kala mencapai babak semifinal Piala Dunia 2002, Hong Myung-bo mungkin tak akan terlupakan. Ia dan rekan-rekannya sukses membawa Korea Selatan ke babak semifinal sekaligus menjadi satu-satunya negara yang pernah sejauh itu di Piala Dunia.

Myung Bo menjadi salah satu pemain belakang terbaik di gelaran tersebut. Kontribusinya menjaga benteng pertahanan dan insting menyerangnya patut diacungi jempol dan ia telah mencatat 135 caps bersama Korea Selatan.

Memimpin Laskar Taeguk, julukan Korea Selatan, Myung Bo yang pada 2002 berusia 33 tahun sukses membawa tim menyingkirkan Italia dan Spanyol di Piala Dunia 2002. Ia sukses menjalankan tugasnya sebagai algojo di babak adu penalti untuk menyingkirkan Korea Selatan.

Berikut jadwal lengkap siaran langsung Piala Dunia 2018:

Terus ikuti berita terbaru INDOSPORT dengan topik: PIALA DUNIA 2018 RUSIA

Tim CahillPiala Dunia 2018Bola InternasionalListicle Piala Dunia 2018TRIVIA

Berita Terkini