x

'Kalah' Kualitas dari Korsel, Ini Strategi Jitu Luis Milla untuk Timnas U-23

Kamis, 21 Juni 2018 19:16 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Joko Sedayu
Pelatih Luis Milla berdiskusi dengan Beto Goncalves di sela-sela latihan.

Timnas Indonesia U-23 telah melakukan satu kali latihan sebagai persiapan melawan Korea Selatan dalam laga uji coba, Sabtu (23/06/18) di Stadion Pakansari, Cibinong, Jakarta.

Laga akhir pekan nanti sangat penting sebagai tolak ukur bagi skuat Garuda Muda sebelum bermain di Asian Games 2018, Agustus tahun ini.

Karenanya, pelatih Timnas U-23, Luis Milla menekankan pada para pemain yang dipanggil untuk memberikan penampilan terbaik.

Pasalnya, Korea Selatan disebut memiliki persiapan yang lebih panjang untuk pertandingan dua hari mendatang.

"Yang pasti kita akan tampil semaksimal mungkin sesuai dengan kemauan coach Luis Milla untuk mempersiapkan diri jelang Asian Games nanti," tutur asisten pelatih Timnas U-23, Bima Sakti.

"Kita persiapan mepet dibanding Korea yang lebih awal persiapannya, jadi kita harus kerja keras untuk bisa bermain lebih baik," sambung Bima Sakti.

Baca Juga

1. Strategi Luis Milla

Asiten pelatih, Bima Sakti (kanan) ikut serta dalam game latihan.

Bima Sakti mengatakan bahwa Luis Milla ingin jarak antar lini atau jarak pemain tidak terlalu jauh saat bertanding melawan Korea Selatan.

Selain itu, semua pemain Timnas U-23 harus mewaspadai pressing ketat serta kecepatan yang menjadi ciri khas permainan Korea Selatan.

"Yang pasti kita harus punya organisasi yang bagus, jarak antar lini itu yang sangat ditekankan oleh coach Luis, karena kita kenal Korsel kan tim yang sangat spartan dan mereka memiliki pemain yang kualitasnya di atas pemain kita," ucapnya.

"Pastinya kita juga harus antisipasi kecepatan, sama presingnya karena mereka kan juga kualitasnya di atas kita," tutup Bima Sakti.


2. Lilipaly Turut Memperkuat Timnas U-23

Stefano Lilipaly (kedua dari kiri) saat mendrible bola dalam sesi latihan bersama Timnas Indonesia.

Sebagai informasi, pada laga melawan Korsel nanti, Luis Milla memanggil 23 pemain yang merupakan gabungan dari pemain Timnas U-23, senior bahkan dari Timnas U-19 atas nama Hanis Saghara dan Feby Eka Putra.

Dari sekian banyak nama itu, ada satu sosok pemain yang menarik perhatian yakni Stefano Lilipaly. Pasalnya pemain naturalisasi itu baru pertama kali dipanggil pada tahun ini untuk bergabung bersama Timnas U-23 setelah tampil bagus di Liga 1 dengan torehan delapan gol dari 13 pekan.


3. Korsel Lawan Tepat

Skuat Timnas U-23 Indonesia ketika bertanding melawan Thailand U-23.

Lebih lanjut, Bima Sakti mengatakan laga uji coba melawan Korea Selatan merupakan kesempatan yang bagus bagi Timnas U-23 untuk mendapat tantangan dari salah satu tim kuat Asia, yang juga merupakan juara bertahan Asian Games pada cabang sepakbola.

"Coach Luis telah menyampaikan kepada pemain di tiga hari latihan ini semuanya harus fokus untuk melawan tim yang notabene tim kuat dan punya kualitas sangat bagus," tuturnya.

Berikut jadwal lengkap siaran langsung pertandingan Piala Dunia 2018:

Terus ikuti berita terbaru INDOSPORT dengan topik: PIALA DUNIA 2018

Indonesia U-23Stefano LilipalyTimnas Indonesia U-23Luis MillaBima SaktiLiga Indonesia

Berita Terkini