x

Menerka Starting XI Timnas Indonesia 5 Tahun ke Depan

Kamis, 25 Oktober 2018 13:35 WIB
Editor: Abdurrahman Ranala
Formasi Timnas Indonesia

INDOSPORT.COM - Timnas Indonesia punya bibit pemain unggul di berbagai kelompok umur. Berikut formasi Timnas Indonesia 5 tahun ke depan versi INDOSPORT

Timnas Indonesia kini punya banyak talenta di berbagai kelompok umur. Mulai dari U-16, U-19, U-23 dan Timnas Senior. 

Di tahun 2018 ini bahkan empat Timnas berbeda usia tersebut menjalani turnamen-turnamen penting. Timnas U-16 berlaga di Piala AFF U-16 dan Piala Asia U-16, begitu juga dengan Timnas U-19 yang berlaga di Piala AFF dan Piala Asia. 

Timnas U-23 telah menyelesaikan tugasnya di Asian Games 2018. Sedangkan Timnas Senior, akan berjibaku menghadapi lawan-lawannya di Piala AFF 2018 bulan November mendatang. 

Baca Juga

Melihat hal tersebut, maka tak salah bahwa masa depan Timnas Indonesia akan cerah. Berikut INDOSPORT telah merangkum dan menerka formasi dan susunan pemain Timnas Indonesia 5 tahun ke depan. 


1. Kiper dan Bek

Andritany Ardhiyasa berhasil mengemas bola dari serangan pemain Taiwan. Herry Ibrahim

Kiper - Andritany Ardhiyasa

Pengalaman Andritany sebagai penjaga gawang Timnas Indonesia sudah tak perlu diragukan lagi. Andritany sudah mengawal gawang Garuda sejak usia U-14. 

Selanjutnya, pemain yang akrab disapa Bagol ini membela Timnas U-15, U-17, U-18, U-23 dan Senior. Tak hanya di Timnas, Andritany sudah konsisten menjadi penjaga gawang utama di tim sebesar Persija Jakarta saat usianya belum menginjak 23 tahun.

Bersama Persija, Andritany mempersembahkan gelar Piala Presiden 2018 dan konsisten memberikan cleansheet serta penyelamatan gemilang di Liga 1.  

Lima tahun ke depan, Andritany masih pantas menjaga gawang Timnas Indonesia. Apalagi penjaga gawang biasanya baru pensiun saat usianya menginjak 35 tahun lebih. 

Bek Kanan - Bagas Kaffa

Saudara kembar Bagus Kahfi ini punya kemampuan menyerang dan bertahan sama baiknya. Sedikit mengingatkan dengan permainan Ricardo Salampessy dan Zulkifli Syukur di masa lampau. 

Lima tahun lagi, setelah mencicipi kompetisi profesional, Bagas Kaffa bisa kembali menjadi bagian dari Timnas Indonesia. 

Bek Tengah - Rachmat Irianto

Bakatnya tentu saja diwarisi dari sang ayah, Bejo Sugiantoro. Posisinya di Timnas U-19 pun tak tergantikan. 

Sempat didera cidera, kini Rachmat Irianto sudah kembali menggalang pertahanan Garuda Nusantara. Bisa saja lima tahun ke depan ia naik pangkat ke Timnas Senior, seperti ayahnya di medio 2000-an.  

Baca Juga

Bek Tengah - Hansamu Yama

Hansamu Yama yang baru berusia 23 tahun selalu menjadi pilihan utama bagi Indra Sjafri, Alfred Riedl maupun Luis Milla saat membentuk Timnas. Postur ideal yang dimilikinya, ditambah dengan kemampuan berduel satu lawan satu yang mumpuni menjadi senjatanya. 

Hansamu Yama juga jiwa kepemimpinan yang tinggi, maka tak heran ia dipercaya menjadi kapten. 

Bek Kiri - Firza Andika

Firza Andika yang kini bermain untuk Timnas U-19, sebenarnya sempat dipanggil ke Timnas U-23 jelang Asian Games lalu. Namun dirinya belum mendapat kesempatan untuk bermain. 

Tetapi tak perlu khawatir, penggawa PSMS Medan ini bisa tetap menjadi bagian Timnas Indonesia di masa mendatang jika terus menampilkan performa yang apik. 


2. Gelandang

Andik Vermansah, Irfan Jaya, Evan Dimas, dan Hansamu Yama saat latihan bersama Timnas Indonesia jelang melawan Hong Kong.

Evan Dimas

Piala AFF U-19 2013 menjadi ajang Evan Dimas memperlihatkan skillnya. Berhasil membawa Timnas U-19 juara, membuatnya laris manis di bursa transfer. 

Setelah memberikan gelar juara Liga 1 2017 kepada Bhayangkara FC, Evan Dimas kemudian berpetualang di Malaysia bersama Selangor FA. Posisinya sebagai pengatur serangan sangat penting. 

Posisi yang sama dengan yang ditempati oleh Evan Dimas di Timnas U-19, Timnas U-23 dan juga Timnas Senior. 

M Luthfi Kamal

Berposisi sama dengan Evan Dimas, namun dari generasi yang berbeda. M Luthfi juga mempunyai kemampuan mendistribusikan bola yang sama apiknya. 

Menanti duet Evan Dimas dan M Luthfi Kamal di masa mendatang, nampaknya bukan sekedar isapan jempol belaka. 

Baca Juga

Brylian Aldama

Gelandang elegan, itulah sebutan yang disematkan kepada Brylian Aldama. Posisinya tak tergantikan bersama Timnas U-16 di Piala AFF U-16 2018 dan Piala Asia U-16 2018. 

Kemampuannya dalam mengawal pergerakan lawan, memutus alur serangan lawan, serta menjadi penghubung antara bek dan gelandang serang sangat baik. Gelandang seperti Brylian sangat dibutuhkan oleh Timnas Indonesia setelah Ahmad Bustomi tak lagi dipanggil ke Timnas.  


3. Penyerang

Egy Maulana Vikri mencoba melwati adangan pemain UEA U-19.

Egy Maulana Vikri

Bermain untuk klub Liga Polandia, Lechia Gdansk, sudah menjadi bukti bahwa kemampuan Egy tak perlu dipertanyakan lagi. Kemampuan olah bolanya sering kali membuat para pemain lawan kerepotan. 

Egy juga bisa membuka ruang bagi rekannya, serta memberikan umpan yang kemudian bisa dikonversi menjadi gol. Meski saat ini dia belum banyak bermain untuk tim senior Lechia Gdansk, lima tahun mendatang adalah cerita yang berbeda. 

Bagus Kahfi

Bisa ditempatkan sebagai striker utama, juga sama baiknya saat ditempatkan sebagai winger, membuat top skor Piala AFF U-16 2018 sangat pantas jika terus dipanggil di Timnas U-19, U-23, maupun Timnas Senior di masa mendatang. 

Naluri gol serta penempatan posisi yang apik, membuat Bagus sangat lengkap sebagai seorang striker. 

Baca Juga

Ezra Walian

Ezra memang baru tampil bersama Timnas U-23 pada ajang SEA Games 2017 lalu. Setelah itu ia urung dipanggil ke Timnas untuk Asian Games 2018. 

Belum kembali dipanggil ke Timnas, bukan berarti skill Ezra tak bagus. Ia hanya butuh kesempatan untuk membuktikan bahwa dirinya adalah seorang predator di lini depan. 

Berikut formasi Timnas Indonesia lima tahun ke depan versi INDOSPORT:

Formasi Timnas Indonesia.

Ikuti Terus Berita Timnas Indonesia dan Sepak Bola Indonesia Lainnya Hanya di INDOSPORT.COM

Evan DimasTimnas Indonesia U-16Hansamu Yama PranataTimnas IndonesiaAndritany ArdhiyasaLiga IndonesiaEgy Maulana VikriEzra WalianRachmat IriantoMuhamad Luthfi BaharsyahFirza AndikaTimnas Indonesia U-19Bagas KaffaBagus KahfiBrylian Negiehta

Berita Terkini