x

Media Amerika Serikat Rilis 5 Klub Terpopuler di Asia, 2 dari Indonesia!

Jumat, 26 Oktober 2018 09:14 WIB
Penulis: Putra Rusdi Kurniawan | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
5 Tim Terpopuler di Asia

INDOSPORT.COM - Klub-klub sepak bola Indonesia dikabarkan mendominasi daftar klub Asia paling populer di media sosial.

Di era sepak bola modern, media sosial memang memegang peranan penting untuk mendekatkan klub sepak bola dengan para penggemarnya.

Para penggemar hanya perlu memandang layar dari gawai mereka untuk mendapatkan info terbaru dari klub yang mereka gemari.

Baca Juga

Selain itu, media sosial juga menjadi tolak ukur mengukur popularitas klub sepak bola jika ditilik dari jumlah pengikut mereka di dunia maya.

Hal di atas tak hanya terjadi di klub-klub besar Eropa yang memiliki jangkauan pasar cukup luas yang hampir di seluruh dunia namun juga klub-klub dari benua Asia yang bisa dibilang lingkup pendukungnya lebih sempit.

Salah satu media berita olahraga ternama asal Amerika Serikat, FoxSport Asia, berikut ini adalah lima tim dari Asia yang paling populer di media sosial dihitung dari jumlah pengikut di Facebook, Twitter dan Instagram.


1. Kerala Blasters (3,6 juta pengikut, India)

Kerala Blasters.

Klub sepak bola yang berlaga di India Super League ini belum pernah meraih gelar bergengsi di India.

Lalu apa yang membuat tim ini bisa populer di media sosial? Jawabannya adalah tim ini beberapa kali mendatangkan mantan bintang sepak bola Eropa seperti Dimitar Berbatov dan David James.

Baca Juga

Selain itu Kerala Blasters berasal dari Kerala, daerah di India yang terkenal dengan fanatisme terhadap sepak bola.


2. Persija Jakarta (4,2 juta pengikut, Indonesia).

Suporter setia Persija Jakarta, Jakmania.

Sejarah panjang klub sepak bola Persija Jakarta di sepak bola Indonesia tentu membuat Macan Kemayoran memiliki pendukung dari banyak golongan umur.

Baca Juga

Persija merupakan klub yang berasal dari Jakarta dan merupakan Ibu Kota Indonesia serta kota yang memiliki populasi penduduk tertinggi di Indonesia. Maka tak heran pengikut mereka di media sosial hingga 4,2 juta.


3. Al Ittihad (4,6 juta pengikut, Arab Saudi)

Al-Ittihad FC.

Al Ittihad memiliki slogan lebih dari sekedar klub, julukan yang sama dengan Barcelona dalam merepresentasikan Catalunya, sementara Al Ittihad merepresantikan kota Jeddah di Arab Saudi.

Al Ittihad juga merupakan kekuatan tradisional di Arab Saudi dengan delapan gelar Liga Arab Saudi dan dua gelar Liga Champions Asia.

Baca Juga

Al Ittihad jadi klub Arab Saudi terpopuler kedua di media sosial dengan pengikut 4,6 juta.


4. Al Ahli (11,3 juta pengikut, Arab Saudi)

Tim Al Ahli saat merayakan kemenangan.

Klub sepak bola asal Arab Saudi yang paling populer di media sosial adalah Al Ahli. Klub sepak bola Al Ahli adalah rival utama Al Ittihad sepanjang perjalanan sejarah sepak bola Arab Saudi.

Tim asal Ibu Kota Arab Saudi, Riyadh ini bisa dibilang menjadi salah satu klub paling sukses di Asia dengan meraih dua gelar Liga Champions Asia, dua Piala Winners dan dua Piala Super.

Baca Juga

Dengan deretan prestasi ini maka sudah tentu hal ini berbanding juga dengan jumlah fans Al Ahli yang cukup besar.


5. Persib Bandung (15,4 pengikut, Indonesia)

Koreografi Bobotoh.

Klub sepak bola Asia yang paling populer di media sosial jatuh kepada Persib Bandung. Klub berjuluk Maung Bandung itu memiliki pengikut di media sosial sebanyak 15,4 juta.

Persib Bandung sendiri bukan hanya simbol kebanggaan Kota Bandung namun juga Jawa Barat. Hal inilah yang membuat Persib memiliki basis suporter yang cukup besar di Indonesia.

Baca Juga

Popularitas Persib semakin melambung ketika mereka mendatangkan dua pemain  jebolan klub Eropa, Michael Essien dan Carlton Cole yang semakin menambah penasaran pengguna media sosial untuk mengikuti klub peraih dua gelar Liga Indonesia ini. 

Uniknya, Persib Bandung juga merupakan salah rival terbesar Persija Jakarta, yang menjadi bagian dari lima klub terpopuler yang dirilis oleh Fox Sport.

Terus Ikuti Berita Sepak Bola Liga Indonesia Lainnya Hanya di INDOSPORT

Persib BandungPersija JakartaAl AhliBola InternasionalKerala BlastersAl IttihadTRIVIA

Berita Terkini