x

Parade 4 Gol Terbaik Timnas Indonesia di Sejarah Piala AFF

Selasa, 6 November 2018 19:24 WIB
Penulis: Coro Mountana | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo

INDOSPORT.COM - Pesta sepak bola paling bergengsi di Asia Tenggara, Piala AFF telah menghasilkan banyak gol sejak edisi pertama di 1996.

Timnas Indonesia juga sudah menghasilkan banyak gol yang berkualitas dan layak disebut sebagai yang terbaik.

Timnas Indonesia juga sudah mengikuti Piala AFF sejak 1996 dengan prestasi terbaik hanya menjadi finalis sebanyak lima kali. Selain selalu gagal menjadi juara, Timnas Indonesia justru tecatat pernah gagal lolos grup sebanyak tiga kali.

Baca Juga

Meski rekor Timnas Indonesia di ajang Piala AFF buruk, nyatanya hampir di setiap turnamen Indonesia selalu masuk dalam bursa juara.

Salah satu alasannya adalah permainan menyerang Timnas Indonesia yang selalu menghasilkan banyak gol.

Bahkan salah satu kemenangan terbesar di Piala AFF dicatat atas nama Timnas Indonesia saat bertanding dengan Filipina.

Pertandingan itu dimenangkan oleh Timnas Indonesia dengan skor 13-1 dengan Bambang Pamungkas dan Zaenal Arif yang sukses masing-masing mencetak 4 gol.

Baca Juga

Akan tetapi di pertandingan yang terjadi 13 gol untuk Indonesia tersebut, tidak terdapat gol yang dapat dikategorikan gol indah.

Justru di edisi yang lainlah terdapat gol indah yang masuk dalam kategori gol terbaik Timnas Indonesia selama Piala AFF.

Berikut INDOSPORT rangkum dalam parade 4 gol terbaik Timnas Indonesia di Piala AFF


1. Atep, Indonesia vs Laos (Piala AFF 2007)

Atep dan Febri Hariyadi saat berkostum Timnas Indonesia.

Sebenarnya ini adalah salah satu penampilan teburuk Timnas Indonesia di Piala AFF karena di tahun 2007, untuk pertama kali Timnas Indonesia gagal lolos dari babak grup. Timnas Indonesia kalah selisih gol dari Vietnam dan Singapura.

Akan tetapi di edisi itu, terdapat satu gol kelas dunia saat Timnas Indonesia mengalahkan Laos dengan skor 3-1. Di pertandingan tersebut, Atep menjadi bintang lapangan dengan mengemas dua gol yang membawa Timnas Indonesia mengalahkan Laos.

Baca Juga

Salah satu gol Atep yang pernah bermain untuk Persija Jakarta dan kini membela Persib Bandung itu, tercipta dengan sangat indah lewat sebuah tendangan voli jarak jauh yang menyusur tanah tanpa bisa dihalau oleh penjaga gawang Laos. 


2. Andik Vermansah, Indonesia vs Singapura (Piala AFF 2016)

Andik Vermansah.

Gol indah selanjutnya terjadi pada edisi dua tahun lalu ketika di laga terakhir fase grup mempertemukan Timnas Indonesia vs Singapura.

Laga itu juga menjadi laga hidup mati bagi Timnas Indonesia karena kalau tidak menang akan membuat Indonesia gagal lolos grup.

Baca Juga

Langkah semakin berat dengan Singapura yang mencetak gol terlebih dahulu oleh Khairul Amri di babak pertama. Pada akhirnya Andik Vermansah muncul sebagai pahlawan yang tidak sekadar mencetak gol penyama kedudukan, tetapi gol itu dilakukan dengan teknik tinggi.

*langsung ke menit 1.05

Andik Vermansah yang melakukan pergerakan coming from behind menyambut umpan lambung di kotak penalti dengan satu sentuhan yang langsung menghujam deras gawang Singapura dengan deras. Tendangan voli yang membuat Timnas Indonesia memiliki peluang lolos dari babak grup Piala AFF.

Cristian Gonzales, Indonesia vs Filipina (Piala AFF 2010)

Cristian Gonzales pada saat latihan bersama timnas di lapangan Sekolah Pelita Harapan, Karawaci, Tangerang.

Di ajang ini, Timnas Indonesia tampil begitu superior dengan menyapu bersih semua pertandingan dengan angka penuh termasuk mengalahkan Thailand di laga terakhir. Timnas Indonesia pun melenggang ke semifinal untuk bertemu Filipina.

Tak disangka, Filipina yang dihuni oleh pemain naturalisasi mampu memberi perlawanan yang sengit untuk Timnas Indonesia. Apalagi penampilan kiper Filipina, Neil Etheridge yang di masa depan akan bermain di Liga Inggris, bermain sangat baik mematahkan sejumlah peluang emas dari Timnas Indonesia.

*langsung ke menit 1.22

Untunglah Timnas Indonesia memiliki pemain naturalisasi yang tak kalah hebat seperti Cristian Gonzales yang akhirnya mampu menjebol keperawanan Neil Etheridge. Gol tercipta sangat sepktakuler karena Gonzales menyambut umpan lambung di kotak penalti dengan sundulan dengan jarak yang sangat sempit.


3. Andik Vermansah, Indonesia vs Singapura (Piala AFF 2012)

Andik Vermansah saat membela Kedah FA

Kembali Andik Vermansah membuat gol indah nan spektakuler dengan korban yang sama yaitu Singapura. Kala itu Indonesia berhasil mengalahkan Singapura dengan skor 1-0 di fase grup Piala AFF 2012.

*langsung ke menit 1.01

Gol tersebut berasal dari tendangan bebas yang langsung ditembak oleh Andik Vermansah dengan sepakan keras yang menukik tajam melewati jangkauan dari penjaga gawang Singapura.

Gol dari Andik Vermansah itu bahkan sempat disandingkan dengan gol Ronaldinho ke gawang Inggris di Piala Dunia 2002.

Baca Juga

Piala AFF 2018 kali ini, Timnas Indonesia akan diperkuat oleh Andik Vermansah dan satu grup dengan Singapura. Bisa jadi jika Andik diturunkan, dia akan membuat gol yang cantik lagi dan itu akan sangat menentukan karena Singapura merupakan salah satu pesaing terkuat Indonesia di grup B.

Terus Ikuti Perkembangan Sepak Bola Seputar Piala AFF 2018 Hanya di INDOSPORT.COM