x

3 Pemain Timnas Indonesia yang Patut 'Diistirahatkan' Saat Jumpa Filipina

Minggu, 25 November 2018 14:51 WIB
Penulis: Dimas Ramadhan Wicaksana | Editor: Ivan Reinhard Manurung
3 Pemain Timnas Indonesia sebaiknya dicadangkan oleh Bima Sakti dalam laga melawan Filipina di Piala AFF 2018.

INDOSPORT.COMTimnas Indonesia mengalami kegagalan di ajang kompetisi sepak  Piala AFF 2018. Garuda sudah dipastikan gagal melangkah ke semifinal setelah hanya mampu meraih 1 kemenangan dan 2 kali menelan kekalahan.

1 kemenangan tersebut didapat saat menjamu Timor Leste di Stadion Utama Gelora Bung Karno Senayan, Jakarta. Stefano Lilipaly dan kolega menang dengan skor 3-1. Sementara 2 kekalahan saat bertandang ke negara lain, yakni Singapura dan Thailand.

Baca Juga

Hasil tersebut membuat Timnas Bola Indonesia hanya mengoleksi 3 poin saja dan berada di peringkat 4, di atas Timor Leste dan di bawah Thailand, Filipina, dan Singapura.

Kini, Timnas Indonesia bakal menjalani laga terakhir Piala AFF 2018 pada Minggu (25/11/18). Filipina menjadi lawan yang dihadapi Skuat Garuda di Stadion Gelora Bung Karno (GBK).

Meski sudah tidak menentukan kelolosan, namun laga ini tetap wajib dimenangi oleh Timnas Indonesia. Pasalnya, Garuda bakal bermain di hadapan pendukungnya sendiri di Stadion GBK. Tak hanya itu, selama berjumpa dengan Filipina, Timnas Indonesia hanya sekali kalah dari 7 pertemuan terakhir di Piala AFF.

Baca Juga

Dengan catatan buruk di Piala AFF 2018 serta rekor bagus saat melawan Filipina, tentu wajib hukumnya Bima Sakti menurunkan pemain terbaiknya di laga terakhir ini, dan ‘mengistirahatkan’ pemain-pemain sepak bola yang penampilannya tidak maksimal demi meraih 3 poin.

Lantas, siapa saja pemain yang sebaiknya ‘diistirahatkan’ alias tidak dimainkan oleh Bima Sakti? Berikut portal berita olahraga INDOSPORT merangkum 3 pemain sepak bola di Timnas Indonesia yang patut diistirahatkan.


1. Fachrudin Aryanto

Fachrudin Aryanto, Bek Timnas Indonesia.

Sosok Fachrudin Aryanto memang sukses menyumbangkan satu gol bagi Timnas Indonesia di laga sepak bola  melawan Thailand. Dia mencetaknya jelang babak kedua berakhir, tepatnya menit ke-92 melalui sundulan kepala.

Namun, satu gol tersebut tak mampu menyelamatkan Timnas Indonesia dari kekalahan. Bahkan, Fachrudin bisa dibilang menjadi salah satu biang kerok kekalahan Timnas Indonesia.

Baca Juga

Penampilan Fachrudin di laga melawan Thailand tidak begitu istimewa. Terlebih ia juga memiliki ‘peran’ dalam gol kedua Thailand. Bermaksud membuang bola dari freekick atau tendangan bebas lawan, justru membawa petaka.

Tendangan dari Fachrudin itu malah membentur tiang gawang dan hampir tercipta gol bunuh diri. Hasil tendangan kena tiang itu pun berubah jadi kemelut depan gawang Awan Setho hingga akhirnya Pansa Hamviboon membalikkan keunggulan menjadi 2-1.


2. Awan Setho

Awan Setho melempar bola ke tengah gawang melawan Thailand

Saat melawat ke Thailand pekan lalu, Awan Setho ditunjuk oleh Bima Sakti untuk menggantikan Andritany. Awan yang menjalani debutnya di Piala AFF 2018, harus rela gawangnya dibobol 4 gol oleh pemain sepak bola Negeri Gajah Putih itu.

Dalam laga tersebut, penampilan Awan memang terbilang cukup buruk dan mengecewakan. Ia melakukan beberapa blunder yang berujung gol untuk tim tamu. Mulai dari gol pertama Thailand, di mana Awan salah memperkirakan arah datangnya bola tendangan sepak pojok dan  gagal mengantisipasinya.

Baca Juga

Tidak hanya itu, gol ketiga Thailand juga tak lepas dari blundernya. Ya, gol ketiga Thailand terjadi ketika Awan salah mengoper bola. Kesalahannya pun dikonversikan menjadi gol oleh Adisak Kraisorn.

Dengan beberapa blunder tersebut, Bima Sakti sebaiknya memutuskan untuk tidak memainkan Awan. Masih ada kiper lain yang patut dicoba seperti Muhammad Ridho, atau kembali memberikan kesempatan untuk Andritany.


3. Febri Hariyadi

Febri Hariyadi saat berduel merebut bola dengan pemain Singapura.

Sosok terakhir adalah Febri Hariyadi. Pemain sayap milik Persib Bandung ini sejatinya sudah lama dibicarakan oleh banyak orang karena permainannya. Ia memang berhasil menjadi pilihan utama Timnas Bola Indonesia era Luis Milla, namun penampilannya terus menurun.

Khususnya, di Piala AFF 2018 ini. Febri kerap kali dimainkan oleh Bima Sakti namun gagal berkontribusi banyak. Termasuk saat pertandingan terakhir Timnas Indonesia ketika jumpa dengan Thailand.

Baca Juga

Febri yang memulai dari bangku cadangan, masuk menggantikan Andik Vermansyah di babak pertama karena cedera. Sayang, ia gagal menunjukkan performa yang apik. Pemain berusia 22 tahun itu tak mampu memanfaatkan kecepatannya yang dimiliki.

Ikuti Terus Update Piala AFF 2018 dan Berita Sepak Bola Indonesia Lainnya di INDOSPORT.COM

FilipinaTimnas IndonesiaBima SaktiFebri HariyadiPiala AFFBola InternasionalAwan Setho RaharjoFachrudin AryantoPiala AFF 2018TRIVIA

Berita Terkini