x

Membayangkan Skuat Timnas Indonesia di Piala AFF 2020

Rabu, 28 November 2018 08:00 WIB
Penulis: Subhan Wirawan | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
Skuat Timnas Indonesia

INDOSPORT.COM - Timnas sepak bola Indonesia telah dipastikan tersingkir dari kompetisi sepak bola Piala AFF 2018, lantaran hanya mampu meraih satu kemenangan dan satu hasil imbang yang membuat skuat Bima Sakti finis di peringkat keempat klasemen akhir Grup B.

Hasil tersebut menjadi capaian terburuk keempat yang diraih Timnas Indonesia selama gelaran Piala AFF, di mana pada edisi 2007, 2012 dan 2014 skuat Garuda juga tak mampu lolos dari babak penyisihan grup.

Salah satu penyebab gagalnya Timnas sepak bola Indonesia dalam Piala AFF kali ini adalah tak mumpuninya skuat yang turun, serta pelatih yang dinilai kurang berpengalaman, sehingga membuat permainan Timnas tidak berpola.

Baca Juga

Pada Piala AFF 2020 mendatang, Timnas Indonesia diprediksi bakal tampil dengan skuat yang lebih kuat lantaran banyak bakat muda dari jebolan Timnas U-19.

Sebut saja Egy Maulana Vikri, Saddil Ramdani, dan Tod Rivaldo Ferre yang tampil gemilang di gelaran Piala Asia U-19 lalu.

Dengan gabungan para pemain senior, dipastikan skuat Timnas Indonesia dalam gelaran Piala AFF 2020 mendatang bakal lebih matang.

Baca Juga

Untuk itulah, tim INDOSPORT coba merangkum daftar para pemain Timnas Indonesia yang bakal tampil dalam gelaran Piala AFF 2020 mendatang.


1. Kiper dan Bek

Andritany melakukan pemanasan jelang laga Persija vs Selangor FA

1. Kiper - Andritany Ardhiyasa
Menjadi tembok pertahanan terakhir, Timnas Indonesia masih dapat menggunakan jasa kiper Persija Jakarta yang satu ini. Dengan usia yang bakal memasuki usia emas, yakni 28 tahun pada 2020, Andritany Ardhiyasa diprediksi dapat bermain lebih matang dalam menghalau serangan lawan.

Terlebih pemain jebolan Diklat Ragunan tersebut telah malah melintang di skuat Garuda, tercatat Andritany telah membela Timnas mulai dari usia U-14, U-15, U-17, U-18, U-23 dan Timnas Senior.

2. Bek - Rifad Marasabessy
Di sektor bek sayap, ada nama Rifad Marasabessy yang diprediksi mampu menjadi pengganti Ricardo Salampessy dan Zulkifli Syukur yang cukup bersinar di sektor ini.

Hal tersebut telah terbukti dalam karirnya bersama Timnas Indonesia U-19, dimana pemain Madura United tersebut mampu tampil maksimal dan membuat Timnas meraih peringkat ketiga Piala AFF u-19.

Baca Juga

3.Bek - Rachmat Irianto
Salah satu pemain bertahan potensial, bahkan telah menjadi skuat inti Persebaya saat umurnya masih 19 tahun. Meski dalam putaran kedua ini dirinya jarang dilirik pelatih Djajang Nurdjaman, namun dengan potensi yang ia miliki bukan tak mungkin dirinya akan menyamai pencapaian sang ayah, yang sukses meraih gelar bergengsi bersama Timnas.

4. Bek - Hansamu Yama
Memiliki fisik yang cukup mumpuni, ditambah kemampuan olah bola yang baik membuat sosok Hansamu sangat vital bagi lini pertahanan Indonesia.

Saling bahu membahu dan menjadi mentor bagi Rachmat Irianto, dipastikan Timnas Indonesia bakal kokoh di sektor belakang dan membuat barisan penyerangan dapat fokus mencetak gol. Pada tahun 2020, dirinya baru berusia 25 tahun.

5. Bek - Firza Andika
Kembali, jebolan Timnas Indonesia U-19 menjadi komponen utama dalam skuat Piala AFF 2020 mendatang, dan kali ini bek serba guna asal Medan yang kini tengah menimbah ilmu di Eropa, Firza Andika yang pantas mengisi slot bek sayap Garuda.

Bukan hal berlebihan untuk menunjuk pemain berusia 19 tahun tersebut, pasalnya Firza yang sering beroperasi di sektor kiri tersebut kerap melakukan counter attack yang dapat membantu penyerangan Timnas.

Tak hanya jago dalam melakukan tusukan, dirinya pun terkadang sering membuat intersep-intersep cantik dan menjadikan barisan pertahanan Indonesia semakin kokoh.


2. Gelandang

Selebrasi Evan Dimas usai menjebol gawang timor Leste di kualifikasi Piala Asia U-23 2016.

1. Evan Dimas
Tak perlu dipungkiri lagi, jika jendral lini tengah Timnas Indonesia masih akan di pegang Evan Dimas Darmono, dan dengan umpan-umpan matangnya diharapkan menjadi senjata mematikan Timnas dalam turnamen AFF mendatang.

Kariernya di level klub pun menjadi jaminan betapa ganasnya sang pengatur serangan asal Surabaya tersebut, di mana pemain yang kini berusia 23 tahun itu sukses membawa Bhayangkara FC yang notabene sebuah klub baru dan mampu langsung menjuarai Liga 1 musim 2017 lalu.

Lepas dari Bhayangkara, dirinya pun langsung di gaet klub Malaysia dan langsung menjadi pilihan utama Selangor FA di musim perdanananya.

Baca Juga

2. Muhammad Luthfi Kamal
Memiliki visi bermain yang hampir sama dengan Evan Dimas, kehadiran Luthfi Kamal di lapangan tengah diprediksi mampu memperkokoh lini tengah dan memperbesar peluang terciptanya gol dari umpan-umpan yang diberikan.

Pada tahun 2020 nanti, Luthfi akan berusia 21 tahun dengan segudang pengalaman yang telah ia miliki, Di umur yang belia serta kemampuan yang mumpuni, diyakini Luthfi akan menjadi tandem yang pas untuk Evan Dimas.

3. Syahrian Abimanyu
Pelengkap dari dua motor penggerak Timnas Indonesia, Syahrian Abimanyu akan menjalani tugas sedikit kotor dengan bertindak sebagai penyapu bola dari serangan-serangan tim lawan.

Bedanya, pemain yang kini berusia 19 tahun itu mampu melaksanakan tugas 'kotor' tersebut dengan bersih dan bahkan jarang mendapat pelanggaran keras.

Terbukti dirinya selalu menjadi pilihan utama di skuat U-19, dan menjadi penampil terbanyak di bawah Saddil Ramdani dalam gelaran Piala Asia U-19 lalu.


3. Penyerang

Pemain Lechia Gdansk Egy Maulana Vikri saat menjalani latihan di Polandia.

1. Egy Maulana Vikri
Begitu banyak pemain bertalenta dalam posisi ini, namun yang paling bersinar tentu Egy Maulana Vikri dan bahkan bakatnya telah tercium hingga Eropa.

Dengan waktu dua tahun mendatang di umurnya yang menginjak 21 tahun, Egy diprediksi bakal semakin matang dalam menjalankan visi permainan dan skill olah bolanya, bahkan bukan tak mungkin akan menjadi tulang punggung Timnas Indonesia dalam mencetak gol.

2. Saddil Ramdani
Meski gagal tampil pada Piala AFF 2018 lalu, namun kemampuan pemain Persela Lamongan ini sudah tak perlu diragukan, bahkan tiga Timnas berbagai umur pun sangat membutuhkan tenaganya yang saat ini berumur 19 tahun.

Sebut saja Timnas U-23 yang memanggilnya pada gelaran Asian Games 2018 lalu, di Timnas U-19 pun ia kembali dipanggil untuk memperkuat skuat Garuda di ajang Piala Asia U-19.

Kolaborasinya bersama Egy pun diprediksi bakal membuat barisan pertahanan tim lawan sedikit kesulitan, belum lagi tendangan akuratnya kerap membobol jala lawan yang dapat menjadi senjata rahasia.

3. Riko Simanjuntak
Penampilan di gelaran Piala AFF 2018 kali ini telah menjadi bukti betapa siapnya pemain Persija Jakarta tersebut, untuk kembali memperkuat Timnas Indonesia.

Baca Juga

Bakal berduet dengan pelari-pelari cepat lain di barisan penyerangan Timnas, Riko Simanjuntak yang pada tahun 2020 bnerusia 28 tahun, diprediksi mampu membuat perubahan dalam penampilan Garuda disetiap pertandingan.

Pemain Pengganti (umur di tahun 2020):
1. M.Ridho (29 tahun/Borneo FC).

2. Asnawi Mangkualam Bahar (21 tahun/PSM Makassar)

3. Nurhidayat Haji Haris (21 tahun/Bhayangkara FC)

4. Rezaldi Hehanusa (25 tahun/Persija Jakarta)

5. Alfath Fathier (24 tahun/Madura United)

6. Bayu Pradana (29 tahun/Mitra Kukar)

7. Septian David (24 tahun/Mitra Kukar)

8. Irfan Jaya (24 tahun/Persebaya)

9. Ezra Walian (23 tahun/RKC Waalwijk)

10. Todd Rivaldo Ferre (21 tahun/Persipura Jayapura)

Ikuti Terus Berita Timnas Indonesia dan Sepak Bola Indonesia Lainnya Hanya di INDOSPORT.COM