x

Meracik Dream Team Barito Putera di Liga 1 2019

Minggu, 27 Januari 2019 19:30 WIB
Penulis: Martini | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
Prediksi Starting line up Barito Putera

INDOSPORT.COM – Klub sepak bola Indonesia, Barito Putera menjadi salah satu kontestan Liga 1 yang paling ditakuti di musim 2019.

Bukan tanpa alasan, skuat yang ditukangi pelatih Jacksen F. Tiago ini berani mendaratkan beberapa pemain bintang seperti Evan Dimas, Bayu Pradana dan Friska Womwiwor untuk musim 2019.

Meski sempat kehilangan bek andalan, Hansamu Yama Pranata yang memutuskan hengkang ke Persebaya Surabaya, namun Barito bergerak cepat dengan mendatangkan dua bek asing asal Brasil, Lucas Silva dan Arthur Jesus Vieira yang sebelumnya membela klub kasta teratas Liga Brasil musim 2018, yakni Fluminense.

Baca Juga

Barito juga menjadi pelabuhan bagi sejumlah pemain muda yang akan memulai debut di Liga 1, misalnya top skorer Liga 3 Zona Papua, Yakob Sayuri yang masih berusia 21 tahun, dan tiga pemain jebolan Barito Putera U-19, yakni striker Kahar Musakkar, gelandang Ferdiansyah, dan bek Yuswanto Aditya.

Kehadiran sederet pemain muda akan menjadi tandem yang maksimal saat diduetkan dengan pemain-pemain berpengalaman seperti Samsul Arif dan Rizky Rizaldi Pora.

Baca Juga

Tak lupa, Barito juga seringkali mengorbitkan pemain muda untuk kemudian membela Timnas Indonesia, misalnya Gavin Kwan Adsit, Muhammad Riyandi, Rafi Syarahil, dan Dandi Maulana. Praktis, Barito Putera berani menargetkan papan atas klasemen akhir Liga 1 2019.

Baca Juga

Banjir pemain bintang membuat Barito Putera memiliki sejumlah opsi untuk menentukan formasi ideal di Liga 1 2019. Lantas seperti apa formasi impian yang dimiliki Barito Putera untuk musim depan? Berikut ulasannya.


1. Kiper dan Bek

Muhammad Riyandi saat mengikuti latihan bersama Timnas Indonesia U-19 di Stadion UNY.

Kiper: Muhammad Riyandi

Kiper muda Barito Putera ini menjadi langganan Timnas Indonesia U-19 dan kini tengah mengikuti seleksi Timnas Indonesia U-22 bersama pelatih Indra Sjafri.

Meski tergolong masih berusia sangat muda, namun Riyandi sudah menjadi kiper kepercayaan Jacksen F. Tiago di Liga 1 2018, saat usianya masih menginjak angka 18 tahun.

Baca Juga

Bek: Rony Beroperay, Artur Jesus, Lucas Silva, Gavin Kwan Adsit

Lini belakang Barito Putera menjadi sorotan di sepanjang musim 2018. Sempat berjaya di awal musim, namun perlahan Barito Putera menjadi langganan kebobolan dan masuk dalam deretan klub dengan kemasukan gol terbanyak di akhir musim.

Selain mempertahankan sejumlah bek seperti Rony Beroperay, Gavin Kwan Adsit, Dandi Maulana dan Nazar Nurzaidin, pelatih Jacksen F. Tiago kemudian mendatangkan beberapa nama baru untuk mengisi skuat di lini belakang, yakni Andri Ibo, Donni Monim dan Mahrus Bachtiar.

Baca Juga

Tak lupa, dua legiun asing asal Brasil akan mengisi posisi bek tengah di Barito Putera, yakni Lucas Silva dan Artur Jesus. Sisi kiri akan menjadi area andalan Rony Beroperay, sementara posisi bek kanan akan disematkan pada Gavin Kwan Adsit.


2. Gelandang

Situasi latihan Barito Putera bersama Evan Dimas

Posisi gelandang nampaknya bukan menjadi masalah bagi Barito Putera untuk musim 2019.

Bayu Pradana akan menjadi aktor gelandang bertahan yang ampuh, ditunjang dengan duet Evan Dimas dan Paulo Sitanggang sebagai gelandang serang tentu akan memporakporandakan pertahanan lawan.

Baca Juga

Sementara posisi sayap kiri tetap menjadi milik top assist Liga 1 2018, yakni Rizky Rizaldi Pora. Sedangkan di sayap kanan, nampaknya pemain anyar Friska Womsiwor diprediksi akan menjadi ancaman serius untuk tim lawan.


3. Penyerang

Penyerang Barito Putera, Samsul Arif

Tak ada yang meragukan kualitas pemain depan Barito Putera yang berstatus sebagai striker lokal paling subur di Liga 1 dua musim terakhir, yakni Samsul Arif Munip.

Samsul Arif membukukan 16 gol untuk Persela Lamongan di Liga 1 2017. Ia kemudian hijrah ke Barito Putera dan kembali menyumbangkan 14 gol untuk Laskar Antasari di sepanjang musim 2018, termasuk quattrick atau empat gol langsung dalam satu laga saat melawan Mitra Kukar di Stadion Aji Imbut, Tenggarong.

Baca Juga

Prestasi gemilang striker 34 tahun tersebut membuat Barito Putera memperpanjang kontrak sang pemain hingga akhir musim 2019 nanti.

Prediksi Starting line up Barito Putera

Ikuti Terus Update Informasi Seputar Liga 1 dan Liga Indonesia Lainnya Hanya di INDOSPORT.COM

Barito PuteraLiga IndonesiaLiga 1TRIVIA

Berita Terkini